Apa Saja Tanggung Jawab Siswa di Sekolah? Ini Penjelasan Lengkapnya

Setiap anak didik hendaknya paham apa yang menjadi hak, kewajiban dan tanggung jawab siswa di sekolah supaya kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik. Jika tanggung jawab sebagai seorang pelajar sudah bisa berjalan dengan baik didukung oleh guru dan staf di sekolah maka lingkungan akan menjadi kondusif untuk belajar sehingga anak didik akan mampu berprestasi secara maksimal.

Bicara tentang apa saja yang menjadi tanggung jawab siswa saat berada di lingkungan sekolah bukan hanya hal-hal yang terkait langsung dengan pelajaran saja. Tanggung jawab seorang pelajar di sekolah dimulai dari hal yang paling kecil hingga ke masalah yang besar. Jadi memang hendaknya rasa tanggung jawab tersebut ditanamkan dan dipupuk sejak awal masuk sekolah.

Bentuk Tanggung Jawab Siswa Saat di Sekolah

Supaya siswa bisa terlatih dan terbiasa maka mereka harus lebih dulu mengetahui apa saja hal-hal yang menjadi tanggung jawabnya tersebut. Inilah beberapa contoh dari tanggung jawab siswa saat di sekolah.

1. Datang ke Sekolah Tepat Waktu

Rasa tanggung jawab sebagai seorang siswa bisa ditunjukkan dengan cara yang sangat sederhana yaitu selalu datang tepat waktu ke sekolah. Siswa yang tidak pernah datang terlambat sudah menunjukkan kalau dirinya memiliki rasa tanggung jawab yang besar pada kewajiban dan tugas untuk menuntut ilmu demi masa depannya.

2. Mengerjakan Semua Tugas yang Diberikan

Seorang siswa yang selalu mengerjakan tugas yang diberikan guru sesuai jadwal yang ditetapkan juga menunjukkan rasa tanggung jawab yang besar. Siswa seperti ini menyadari sepenuhnya bahwa semua tugas-tugas yang diberikan tersebut adalah bagian dari masa depan mereka nantinya.

Mengerjakan semua tugas dengan tekun merupakan jalan awal untuk meraih prestasi akademis yang terbaik. Siswa yang berhasil mendapatkan prestasi akademik yang bagus tentunya akan lebih mudah mewujudkan cita-citanya.

3. Memakai Baju Seragam Sesuai Peraturan

Setiap sekolah memiliki peraturan tersendiri mengenai pakaian seragam yang dikenakan siswa lengkap dengan atributnya. Nah, memakai baju seragam yang sesuai dengan peraturan dan jadwal yang ditetapkan oleh sekolah juga menjadi bagian dari tanggung jawab siswa di sekolah. 

Contohnya jika seragam pada hari Jumat adalah Pramuka dengan sepatu dan kaos kaki berwarna hitam maka sebagai bentuk tanggung jawab siswa harus mematuhinya. Begitu juga dengan ketentuan pakaian seragam di hari-hari yang lainnya.

4. Tidak Meninggalkan Kelas Saat Pelajaran

Di berita sering kita dengar ada tawuran pelajar yang terjadi pada saat jam pelajaran. Ini menunjukkan bahwa pelajar-pelajar tersebut belumlah memiliki rasa tanggung jawab sebagai seorang siswa. Dan hal seperti itu tentunya bukanlah sesuatu yang baik.

Siswa yang memiliki rasa tanggung jawab dalam menuntut ilmu tidak akan meninggalkan kelas pada saat jam pelajaran kecuali ada alasan yang sangat penting seperti sakit misalnya. Mengikuti jam pelajaran di dalam kelas sesuai dengan jadwal merupakan tanggung jawab siswa dalam meraih masa depan yang baik.

5. Tidak Melakukan Kecurangan

Meskipun terdengar sepele dan sering dilakukan oleh para pelajar namun kecurangan seperti mencontek saat ulangan merupakan kebiasaan yang tidak baik. Kebiasaan mencontek ketika guru memberikan soal ujian atau ulangan merupakan bentuk kurangnya tanggung jawab siswa untuk belajar. Bagaimana seorang siswa bisa meraih prestasi terbaiknya kalau belajar saja malas.

Walaupun terlihat sepele dan mudah namun jika rasa tanggung jawab siswa di sekolah tersebut tidak dilatih serta ditanamkan sejak awal akan sulit untuk melakukannya. Jika sudah menjadi kebiasaan maka tanggung jawab tersebut bukanlah sesuatu yang sulit dan berat.

Siswa bisa melatih rasa tanggung jawabnya untuk meraih prestasi akademis terbaik dengan menempuh pendidikan di Dwiwarna (Boarding School), SMA unggulan yang berada di Parung, Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *