SMA Swasta Terbaik dan Unggulan di Bogor, Jawa Barat

Menjelang tahun ajaran baru orang tua akan disibukkan untuk mencari sekolah terbaik untuk anaknya. Dimana ada orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di SMA Negeri terbaik, ada juga yang ingin di SMA Swasta terbaik. Baik SMA Negeri maupun SMA Swasta sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, sebaiknya orang tua harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kedua jenis sekolah tersebut.

Perbedaan paling mendasar dari kedua jenis SMA tersebut adalah terletak pada biayanya. Biaya sekolah di SMA Swasta jauh lebih mahal dibandingkan SMA Negeri. Meski biayanya mahal tetapi itu sebanding dengan kualitasnya. Di SMA Swasta tersedia fasilitas yang lengkap dan memiliki tenaga pengajar yang berkualitas serta berkompeten di bidangnya. 

Jika Anda sedang mencari SMA Swasta terbaik, SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan pilihan yang tepat. Sekolah ini menjadi sekolah terbaik dan unggulan di Bogor, Jawa Barat. Supaya lebih mengenal sekolah ini, sebaiknya simak pembahasan lengkapnya dibawah ini. 

Profil Sekolah SMA Dwiwarna (Boarding School)

SMA Dwiwarna (Boarding School) berdiri karena peran pengajian keluarga yang dipimpin oleh Ibu Ratjih Natawidjaja. Ibu Ratih beserta anggota lainnya kemudian membentuk Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna  pada tanggal 3 April 1992.

Pembentukan SMA Dwiwarna (Boarding School) atas dasar 3 pertimbangan, yaitu menyediakan lembaga pendidikan Islam dengan kualitas baik, ikut andil dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan SDM yang bisa sejajar dengan negara maju. SMA Dwiwarna (Boarding School) resmi berdiri pada tahun 1998. 

Pada tahun itu juga, sekolah ini mulai merekrut siswa baru. Pada tanggal 20 Juli 1998, SMA Dwiwarna (Boarding School) menerima siswa sebanyak 81. Setelah menerima siswa, kegiatan belajar resmi dimulai dengan menggunakan sistem pendidikan terpadu.

Saat ini kurikulum yang digunakan SMA Dwiwarna (Boarding School) mengadaptasi Kurikulum Paradigma Baru pada Program Sekolah Penggerak yang dipadukan dengan program keagamaan. Sekarang SMA Dwiwarna (Boarding School) sudah menjadi sekolah terbaik dan unggulan di Jawa Barat. Hal ini dibuktikan dengan akreditasi yang dimiliki sekolah ini dengan akreditasi A (98). 

Prestasi SMA Dwiwarna (Boarding School)

Sebagai salah satu SMA terbaik, SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki banyak prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Beberapa prestasi yang diterima adalah sebagai berikut:

  1. Juara 1 Kompetisi Desain Souvenir Sekolah Mitra menuju Masa Depan PASCH Goethe-Institut Indonesia 2020
  2. Juara 1 Olimpiade Bahasa Jerman secara online yang diselenggarakan oleh IGBJI (Ikatan Guru Bahasa Jerman Indonesia) dan MGMP.
  3. Juara 1 Lomba Apresiasi Bahasa dan Budaya Jepang (BUNKASAI) Virtual (Zoom)
  4. Juara 2 Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN2)
  5. Medali emas pada National English Series Olympic tingkat SMA/SMK/MA se-Indonesia
  6. Dan masih banyak lagi

Fasilitas SMA Dwiwarna (Boarding School)

Sebanding dengan biaya pendidikannya, SMA Dwiwarna (Boarding School) dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan modern. Berikut adalah beberapa fasilitas yang disediakan.

1. Ruang Kelas yang Nyaman

Di SMA Dwiwarna (Boarding School) disediakan ruang kelas yang nyaman dan bersih. Ruang kelas ini dilengkapi dengan AC, projector, Wi-Fi dan sebagainya. 

2. Laboratorium

Untuk membantu siswanya mengembangkan potensi yang dimiliki maka disediakan laboratorium yang sangat lengkap. Beberapa laboratorium yang disediakan seperti Laboratorium Biologi, Fisika, Kimia, Bahasa dan sebagainya.

3. Sarana Olahraga

SMA Dwiwarna (Boarding School) selalu mendukung siswanya untuk mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki, terutama dalam bidang olahraga. Oleh karena itu, tersedia sarana olahraga seperti lapangan basket, lapangan sepak bola, jogging track dan masih banyak lagi.

4. Asrama yang Nyaman

Siswa yang sekolah di SMA Dwiwarna (Boarding School) harus jauh orang tua karena tinggal di asrama. Supaya siswa betah tinggal di asrama maka asrama tersebut didesain senyaman mungkin dan dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap, seperti Wifi, tempat tidur, lemari dan meja belajar, dan lainnya

Fasilitas lain yang disediakan oleh SMA Dwiwarna (Boarding School)  adalah keamanan 24 jam, ruang makan, ruang kesehatan, laundry, kamar mandi yang bersih dan sebagainya. 

Tata Cara Pendaftaran SMA Dwiwarna (Boarding School)

Sebelum mengikuti PPDB SMA Dwiwarna (Boarding School) pada tahun ajaran 2022/2023, calon peserta didik harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Selain itu juga harus mengetahui tata cara pendaftarannya. Berikut penjelasan mengenai syarat dan tata cara pendaftaran dari SMA swasta terbaik ini: 

A. Syarat-syarat Peserta Didik Baru

  1. Beragama Islam
  2. Berijazah SMP/MTS
  3. Usia Maksimal 17 tahun
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Bebas narkoba
  6. Tidak merokok

B. Materi Seleksi

  1. Tes Akademik (Matematika dan Bahasa Inggris)
  2. Tes Psikologi
  3. Tes Kesehatan
  4. Tes Wawancara

C. Prosedur Pendaftaran

  1. Calon peserta didik baru bisa mengisi pendaftaran online di https://www.smadwiwarna.sch.id/form-registration/
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2.500.000
  3. Pembayaran biaya pendaftaran bisa dilakukan dengan cara di transfer ke rekening sekolah.

 4. Syarat-Syarat Administrasi bisa diserahkan saat peserta didik dinyatakan lulus dan dikirim ke email humas@smadwiwarna.sch.id. Berikut beberapa syarat-syarat administrasinya:

  • Fotokopi Ijazah SD
  • Fotokopi Ijazah SMP
  • Fotokopi Rapor SMP/MTS kelas 7 sampai kelas 9
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP Orang Tua
  • Fotokopi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)
  • Pas foto terakhir berwarna ukuran 4×6 (memakai seragam sekolah asal)

D. Jadwal Tes Online 

  1. Tanggal 13 dan 27 November 2021
  2. Tanggal 11 dan 25 Desember 2021
  3. Tanggal 15 dan 29 Januari 2022

Tes seleksi bisa dilaksanakan diluar jadwal tersebut dengan konfirmasi selambat-lambatnya 3 hari sebelumnya. 

E. Biaya Pendidikan Setelah Dinyatakan Lulus Tes

1. Uang Gedung atau Uang Pangkal

Uang gedung atau uang pangkal ini dibayarkan dalam tiga tahap, antara lain:

  • Tahap 1 dibayarkan saat dinyatakan lulus dan melakukan daftar uang dengan nominal sebesar Rp 20.000.000
  • Tahap II dibayarkan pada bulan Desember 2022 dengan nominal sebesar Rp 20.000.000
  • Tahap III dibayarkan pada bulan Maret  2023 dengan nominal sebesar Rp 20.000.000

Sebagai catatan jika uang gedung atau uang pangkal yang sudah dibayar tidak bisa ditarik kembali.

2. Uang Seragam dan Buku Paket 

Untuk biaya uang seragam dan buku paket dibayarkan satu kali untuk tiga tahun dengan nominal sebesar Rp 4.500.000.

3. Biaya SPP 

Untuk peserta didik yang diterima di SMA ini harus membayar SPP  bulan Juli 2022 sebesar Rp 6.500.000 per bulan. Peserta didik harus membayar biaya SPP paling lambat tanggal 10 setiap bulannya.

Itulah informasi lengkap tentang SMA swasta terbaik dan unggulan di Bogor, Jawa Barat. Kualitas SMA Dwiwarna (Boarding School) tidak perlu diragukan lagi karena sudah banyak prestasi yang didapatkan. Selain itu, juga sudah memiliki akreditasi A (98).

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *