Bagaimana Cara Menghargai Keragaman di Kelas? Ikuti Tips Ini

Dimanapun kamu berada pasti akan bertemu dengan yang namanya perbedaan termasuk di sekolah. Setiap sekolah pasti memiliki banyak siswa dengan latar belakang yang berbeda. Perbedaan ini justru bisa menjadi sarana untuk membentuk persatuan yang kuat dan bukan malah menjadi kelemahan. Untuk itulah kamu harus belajar menghargai keragaman di kelas. .

7 Cara Menghargai Keragaman di Kelas

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghargai keberagaman di kelas:

1. Saling Menghormati 

Tuhan menciptakan manusia berbeda-beda sehingga kamu harus belajar menghormati atau menghargai perbedaan tersebut. Dalam satu kelas terdiri dari beberapa siswa yang satu sama lain memiliki perbedaan, baik itu perbedaan suku, agama, ras, maupun fisik.

Supaya bisa hidup berdampingan dengan teman satu kelas maka harus saling menghormati perbedaan-perbedaan tersebut. Contoh sikap saling menghormati adalah tidak mencela warna kulit ataupun bentuk tubuh orang lain, tidak menjelekkan agama tertentu dan masih banyak lagi.

2. Mau Berteman dengan Siapa Saja 

Meskipun memiliki banyak perbedaan dengan teman satu kelas, kamu harus tetap menjalin relasi dengan siapa saja. Dalam menjalin pertemanan tidak perlu membeda-bedakan. kamu tidak boleh hanya berteman dengan mereka yang memiliki agama sama, suku yang sama atau memiliki status sosial yang sama. Supaya memiliki banyak teman maka kamu harus berteman dengan siapa saja. 

3. Saling Tolong Menolong

Sebagai makhluk sosial, manusia pasti membutuhkan orang lain. oleh karena itu, sesama manusia harus saling tolong menolong. Pada saat tertimpa musibah atau terkena masalah, kamu bisa meminta bantuan siapa saja, begitupun sebaliknya. Jika ingin menolong orang lain. kamu tidak boleh memilih-milih. Kapan saja harus siap menolong teman sekelas jika dimintai pertolongan.

4. Mendengar Orang Lain Ketika Berbicara

Cara menghargai keberagaman di kelas adalah selalu mendengar orang lain ketika berbicara tanpa memotong pembicaraan. Siapapun teman di kelas yang sedang berbicara sebaiknya harus didengarkan, meski teman yang berbicara berbeda dengan kamu. Jika tidak didengarkan, teman yang berbicara bisa berkecil hati dan kecewa.

5. Tidak Mengganggu Orang Lain yang Sedang Beribadah

Ada 6 agama yang diakui di Indonesia. Dimana masing-masing agama tersebut memiliki cara beribadah yang berbeda. Dimana semua orang memiliki hak untuk beribadah dengan aman dan nyaman. Oleh karena itu, meskipun berbeda tetapi kamu harus membebaskan umat agama lain untuk melakukan ibadah. 

Jangan sekali-kali mengganggu orang lain yang sedang beribadah. Perilaku ini tidak hanya tercela tetapi juga menunjukkan jika kamu tidak menghormati umat agama lainnya.  

 6. Selalu Berbicara dengan Sopan dan Santun 

Berbicara dengan sopan dan santun tidak hanya dilakukan ketika berkomunikasi dengan guru saja. Tetapi hal ini juga dilakukan ketika berbicara dengan orang lain. Jangan karena berbeda kamu bisa berbicara tidak sopan dengan orang lain. Setiap kalimat yang diucapkan harus dipikirkan supaya tidak menyakiti orang lain. 

7. Mengutamakan Kepentingan Umum daripada Kelompok atau Pribadi

Cara menghargai keberagaman yang bisa kamu lakukan yaitu dengan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan kelompok maupun pribadi. Jika mengutamakan kepentingan pribadi maka kamu terlihat sangat egois.

Hal ini berarti dalam memecahkan suatu masalah atau membuat keputusan sebaiknya berdasarkan hasil musyawarah. Musyawarah yang dilakukan harus menjunjung tinggi kebutuhan banyak orang sehingga keputusan yang diambil merupakan kepentingan umum.

Nah itulah 7 cara menghargai keragaman di kelas. Keberagaman yang ada di kelas harus bisa menciptakan persatuan dan kesatuan supaya menjadi lebih kompak. Jika tidak bisa menghargai perbedaan maka tidak akan bisa hidup rukun. Salah satu sekolah yang juga menjalankan praktek hidup rukun di tengah keragaman yang ada adalah SMA Dwiwarna (boarding school). 

Dengan bersekolah disini kamu akan bertemu banyak sekali siswa siswi dari latar belakang dan asal daerah yang berbeda. SMA Dwiwarna (boarding school) juga memiliki kualitas pendidikan dan fasilitas yang baik sehingga semua siswa siswi bisa meraih prestasi terbaiknya dengan maksimal.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *