Macam-Macam Kedisiplinan Siswa di Sekolah

Kedisiplinan siswa di Sekolah jadi hal penting yang wajib diterapkan. Ada beberapa ciri-ciri siswa dikatakan sebagai orang yang disiplin. Seperti selalu tepat waktu, selalu mentaati peraturan, selalu mengerjakan tugas dengan baik, mengumpulkan tugas tepat waktu dan sebagainya.

Saat berada di sekolah siswa harus selalu disiplin. Ini dikarenakan disiplin yang berlaku di sekolah disertai dengan hukuman atau sanksi apabila ada yang melanggarnya. Hukuman atau sanksi yang diberikan tergantung dengan jenis dan juga bobot pelanggaran yang pelajar lakukan.

Bagaimana Kedisiplinan Siswa di Sekolah yang Baik?

Supaya kamu menjadi salah satu siswa yang disiplin sebaiknya mengetahui macam-macam kedisiplinan untuk siswa di sekolah. Berikut pembahasan lengkapnya.

1. Disiplin Waktu

Time is money, istilah satu ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, tak terkecuali siswa. Dari istilah tersebut diketahui jika waktu itu sangatlah berharga sehingga harus digunakan sebaik mungkin. Selain itu, waktu yang sudah terlewatkan tidak akan bisa dikembalikan lagi. Maka dari itu, gunakan waktu yang tersisa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dan positif.

Contohnya kegiatan tersebut adalah belajar, mengerjakan tugas, mengikuti ekstrakurikuler, ikut les dan masih banyak lagi. Kamu dikatakan disiplin waktu apabila datang ke sekolah atau masuk ke kelas tepat waktu (tidak terlambat), tidak pernah terlambat dalam mengumpulkan tugas dan presensinya sangat baik.

2. Disiplin Belajar

Supaya hasilnya bisa maksimal maka kamu harus belajar dengan disiplin yang tinggi. Dengan selalu disiplin dalam belajar maka kamu akan menemukan metode belajar yang baik dan benar. Metode belajar yang baik akan memungkinkan kamu untuk belajar dengan menyenangkan dan hasilnya juga akan lebih optimal. Memiliki sikap disiplin yang tinggi juga akan mencegah kamu untuk malas belajar. Maka dari itu, tanamkan sikap disiplin sejak dini.

3. Disiplin Berpakaian

Seperti yang diketahui jika saat sekolah siswa diharuskan untuk memakai seragam. Pada umumnya setiap sekolah memiliki aturan berpakaian yang tidak jauh berbeda dengan sekolah lainnya. Misalnya untuk anak SMA menggunakan seragam wajib berupa baju putih dan rok/celana abu-abu, ada seragam identitas sekolah dan seragam pramuka serta saat olahraga harus menggunakan seragam olahraga. Masing-masing pakaian tersebut digunakan sesuai jadwal yang ditentukan sekolah.

Biasanya pada hari-hari tertentu, siswa juga diharuskan untuk menggunakan seragam khusus, menggunakan pakaian muslim saat memperingati hari besar Islam, mengenakan pakaian seragam batik dan masih banyak lagi.

4. Disiplin dalam Bersikap

Macam-macam kedisiplinan siswa di sekolah selanjutnya yaitu disiplin dalam bersikap. Disiplin dalam bersikap tidak akan muncul begitu saja melainkan butuh latihan dan perjuangan yang cukup lama. Terlebih di sekolah akan bertemu banyak teman dengan karakter dan sifat yang berbeda-beda.

Dari teman sekolah tersebut biasanya akan menggodamu untuk melanggar peraturan yang ada di sekolah. Apabila tidak disiplin dalam memegang prinsip dan juga perilaku maka kamu akan tergoda untuk melanggarnya. Adapun contoh disiplin dalam bersikap adalah tidak mudah marah, tidak gegabah, tidak tergesa-gesa dan masih banyak lagi.

5. Disiplin Beribadah

Setiap umat beragama diharuskan untuk selalu menjalankan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya, tanpa terkecuali siswa yang beragama Islam. Pendidikan agama menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Dimana mata pelajaran ini tidak hanya belajar teori melainkan juga prakteknya. Siswa harus menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam mengamalkan ajaran agamanya, seperti menjalankan shalat lima waktu di masjid, shalat di awal waktu, melaksanakan puasa wajib, menunaikan zakat dan sebagainya.

Itulah 5 macam kedisiplinan siswa di sekolah yang wajib diketahui. Apabila sudah mengetahui dan memahami macam-macam kedisiplinan tersebut, jangan lupa untuk selalu menjalankannya. 

Kedisiplinan siswa ini juga berlaku di SMA Dwiwarna (Boarding School) yang sudah terkenal sebagai sekolah unggulan yang berjiwa dan bernafaskan islam. Segera daftar di SMA Dwiwarna (Boarding School) sekarang juga dan jadilah siswa berprestasi berbudi pekerti luhur.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *