Cara Melatih Kedisiplinan Siswa Dengan Mengikuti Kegiatan Paskibra

Salah satu kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul di sekolah yang sangat bagus untuk melatih kedisiplinan adalah Paskibra.

Pasukan pengibar bendera atau Paskibra tersebut juga baik untuk pembentukan mental dan jiwa kepemimpinan siswa. Kegiatan yang dilakukan saat kegiatan Paskibra merupakan cara melatih kedisiplinan siswa yang cukup efektif. 

Anda pun pasti sudah sering melihat bagaimana penampilan Paskibraka yang bertugas saat upacara Hari Kemerdekaan RI di Istana Negara setiap tanggal 17 Agustus.

Agar bisa tampil kompak dan memukau seperti itu mereka harus berlatih siang malam selama sebulan dengan penuh disiplin.

Siswa yang mengikuti Paskibra di sekolahnya juga bisa mendapatkan kesempatan berlatih dengan kedisiplinan.

Cara Melatih Kedisiplinan Siswa Melalui Kegiatan Paskibra

Beberapa Cara Melatih Kedisiplinan Siswa

Bagaimana bisa dikatakan bahwa kegiatan Paskibra sangat efektif untuk melatih kedisiplinan para siswa?

Semua itu tidak terlepas dari beberapa aktivitas di dalam Paskibra itu sendiri yang memang membutuhkan rasa disiplin yang tinggi. Aktivitas-aktivitas penuh kedisiplinan yang dimaksud antara lain yaitu sebagai berikut ini.

1) Latihan Rutin

Semua siswa yang mengikuti kegiatan Paskibra pastinya harus ikut pula setiap ada latihan rutin sesuai dengan yang dijadwalkan.

Biasanya latihan rutin ekskul Paskibra minimal akan dilakukan seminggu sekali bahkan tidak jarang bisa 2x per minggu. 

Latihan akan semakin intens ketika menjelang momen peringatan hari nasional tertentu seperti Upacara HUT RI, peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan lainnya.

Begitu juga saat akan ada lomba Paskibra baik tingkat kabupaten ataupun level yang lebih tinggi.

Latihan rutin diisi dengan kegiatan baris berbaris yang harus dilakukan siswa dengan benar menurut aba-aba. Dari hal tersebut saja sudah terlihat bagaimana Paskibra efektif untuk melatih kedisiplinan siswa.

2) Pelaksanaan Apel Pagi dan Siang

Melaksanakan apel pagi dan siang setiap hari bagi semua anggota juga menjadi contoh cara melatih kedisiplinan siswa melalui Paskibra.

Bersamaan dengan pelaksanaan apel pagi dan siang tersebut dijadwalkan juga bertugas untuk mengibarkan bendera setiap pagi dan menurunkannya saat jam sekolah selesai.

3) Pendidikan dan Latihan (Diklat)

Biasanya setiap tahun ajaran baru di sekolah otomatis kegiatan ekskul juga membuka pendaftaran anggota baru termasuk Paskibra.

Nah, para anggota baru tersebut biasanya harus mengikuti pendidikan dan latihan atau diklat yang dilaksanakan oleh sekolah. 

Diklat Paskibra ini merupakan salah satu cara melatih kedisiplinan siswa yang mungkin jarang didapatkan melalui kegiatan lainnya.

Selama diklat tentunya para siswa harus mengikuti semua kegiatan yang sudah direncanakan sesuai jadwal. Jika tidak patuh maka siswa tersebut akan mendapatkan hukuman.

4) Latihan Gabungan

Tidak jarang Paskibra di sekolah melakukan kegiatan latihan gabungan dengan sekolah yang lainnya.

Latihan gabungan yang paling sering dilakukan yaitu menjelang upacara 17 Agustus dimana biasanya Paskibra tingkat daerah akan diseleksi dari beberapa sekolah.

Latihan gabungan tersebut pada umumnya tidak hanya dilatih oleh guru atau pembimbing saja melainkan oleh anggota TNI.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya kalau siswa yang ikut dalam latihan gabungan tersebut tidak disiplin.

5) Lomba Paskibra

Lomba Paskibra merupakan momen yang tepat untuk melatih kedisiplinan siswa dan melihat seberapa efektif hasilnya.

Sebagai orang tua pastinya akan sangat bangga kalau anaknya ikut dalam lomba Paskibra tingkat sekolah apalagi tingkat daerah dan nasional. Di dalam lomba Paskibra tentu saja kedisiplinan menjadi salah satu faktor yang dinilai.

Penutup

Kedisiplinan menjadi kunci siswa untuk meraih prestasi terbaiknya di berbagai bidang.

Melatih kedisiplinan juga bisa didapatkan dari sekolah yang menerapkan sistem asrama dalam pendidikannya. Contohnya seperti sekolah islam terbaik SMA Dwiwarna (Boarding School).

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *