Cara Menumbuhkan Semangat Kerjasama di Lingkungan Sekolah

Bangsa Indonesia dikenal memiliki sifat dan sikap gotong royong, sehingga semangat kerjasama harus selalu dibina termasuk di dalam lingkungan sekolah. Apalagi mengingat peran sekolah adalah rumah kedua bagi para siswa dimana teman, guru dan staf ibarat keluarga. Kerjasama yang baik akan menumbuhkan rasa persatuan pada siswa dan membuat sekolah menjadi lingkungan yang nyaman.

Apakah yang dimaksud dengan kerjasama itu? Kerjasama merupakan suatu usaha yang didalamnya melibatkan dua orang atau lebih untuk melakukan kegiatan bersama-sama supaya apa yang menjadi tujuan bersama bisa dicapai. Di sekolah banyak sekali kegiatan siswa yang sangat berguna untuk memupuk semangat kerjasama tersebut.

Cara untuk Menumbuhkan Semangat Kerjasama di Sekolah

Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah? Cara yang paling mudah dan cukup efektif adalah melalui beberapa kegiatan berikut ini.

1. Memberikan Tugas Kelompok

Guru bisa lebih sering memberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan secara berkelompok baik di dalam atau di luar kelas. Siswa akan dibentuk berkelompok dimana setiap kelompok tersebut harus mengerjakan tugas yang diberikan guru dan dinilai. 

Saat mengerjakan tugas tersebut agar nilainya bagus maka siswa di dalam satu kelompok harus bekerjasama dan diskusi. Semakin sering diberikan tugas kelompok maka siswa akan makin terbiasa untuk bekerjasama.

2. Membuat Jadwal Piket per Kelas

Membuat jadwal piket per kelas juga merupakan salah satu cara untuk memupuk semangat kerjasama pada siswa. Setiap hari mulai dari Senin hingga Sabtu kelompok siswa yang mendapatkan jatah piket sesuai jadwal harus menyapu ruang kelas, membersihkan meja kursi dan sebagainya sebelum pelajaran dimulai.

3. Melakukan Olahraga Bersama

Umumnya di sekolah pada setiap hari Jumat dilakukan kegiatan senam pagi bersama. Selain membuat tubuh lebih sehat dan bugar kegiatan senam pagi tersebut merupakan sebuah cara untuk memupuk rasa kebersamaan. Jenis olahraga berkelompok lainnya seperti basket, kasti dan sepak bola juga bermanfaat untuk melatih kerjasama dalam diri siswa di sekolah.

4. Kegiatan Ekstrakurikuler

Siswa bisa melatih dan mengembangkan semangat kebersamaan dengan teman lainnya melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti kelompok ilmiah, Pramuka, kelompok bahasa, kesenian dan sebagainya. Siswa wajib memilih jenis kegiatan ekstrakurikuler yang disukainya. Selain menjadi media penyaluran minat dan bakat kegiatan ekstrakurikuler juga bermanfaat untuk melatih kerjasama.

5. Kegiatan Organisasi Sekolah

Melibatkan siswa dalam kegiatan organisasi seperti OSIS misalnya menjadi metode yang tepat bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah. Sebagai pengurus OSIS siswa harus bekerjasama dan melakukan diskusi setiap ada kegiatan sekolah contohnya ketika ada acara bakti sosial. Tanpa kerjasama antara pengurus OSIS maka acara yang dilakukan sekolah tidak akan berjalan sukses dan lancar.

6. Lomba Antar Kelas

Mengadakan perlombaan antar kelas yang dilakukan setiap awal tahun pelajaran baru juga bermanfaat untuk melatih kerjasama pada setiap siswa. Agar bisa menang lomba kelas maka siswa-siswa pada setiap kelas harus bekerjasama melakukan yang terbaik.

Contoh lomba antar kelas tersebut misalnya lomba kebersihan kelas, menghias kelas, pertandingan olahraga, seni, mading dan lain-lain. Perlombaan antar kelas biasanya dilakukan juga menjelang akhir semester setelah selesainya ujian yang dikenal sebagai class meeting. Jika kelas menjadi juara tentu akan membuat bangga seluruh anggota di kelas tersebut.

Semangat kerjasama tersebut terutama sangat penting dipupuk di dalam sekolah berkonsep asrama atau boarding school. Para siswa boarding school setiap hari selalu berinteraksi dengan teman, guru dan juga staf sekolah sehingga tanpa adanya kerjasama tentu akan membuat kehidupan di lingkungan tidak nyaman.

Kerjasama yang baik juga membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan dan prestasi terbaiknya seperti yang dilakukan oleh SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor, Jawa Barat.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *