Inilah Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah

Praja Muda Karana atau disingkat Pramuka adalah kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah.

Sebenarnya apa manfaat mengikuti kegiatan Pramuka hingga seringkali diwajibkan bagi kamu yang masih berstatus siswa kelas 1 SMA tersebut.

Kegiatan Pramuka sendiri sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan menjadi salah satu kegiatan positif bagi siswa di sekolah.

Bahkan hari lahirnya Pramuka selalu diperingati setiap tahun yaitu pada tanggal 14 Agustus.

Hal itu menandakan bahwa kegiatan kepanduan tersebut memang menjadi wadah untuk mengembangkan diri yang diakui oleh pemerintah.

Jadi tidak heran jika pemerintah menjadikan Pramuka sebagai satu-satunya kegiatan ekstrakurikuler yang wajib ada di setiap sekolah.

5 Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka di Sekolah

Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka

Dalam Pramuka kamu akan diajarkan tentang banyak hal yang berkaitan dengan pengembangan diri dan juga kehidupan.

Kamu juga akan dilatih melakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan namun berguna di dalam kehidupan sehari-hari misalnya memecahkan sandi dengan morse atau semaphore, mendirikan tenda, membuat api unggun dan semacamnya.

Lebih dari itu tujuan kegiatan Pramuka adalah untuk membentuk dan melatih kamu menjadi pribadi berkarakter kuat sehingga bisa mendapatkan manfaat seperti berikut ini.

1. Menjadi Lebih Mandiri

Kalau kamu rutin mengikuti kegiatan Pramuka melalui ekskul secara tidak langsung kamu sedang dilatih menjadi orang yang lebih mandiri.

Semua aktivitas dan kegiatan yang ada di dalam Pramuka mengharuskan kamu untuk melakukannya sendiri atau bersama teman dalam kelompok tanpa dibantu orang tua

Contohnya saat kamu sedang berkemah maka kamu harus mendirikan tenda, memasak, membersihkan tempat sekitar dan aktivitas lainnya yang harus dikerjakan sendiri tanpa minta bantuan orang tua atau saudara seperti saat di rumah.

2. Melatih dan Memupuk Rasa Disiplin

Manfaat mengikuti kegiatan Pramuka yang lainnya yaitu melatih dan memupuk kedisiplinan.

Kalau di rumah kamu bisa bangun seenaknya, belajar semaunya dan sebagainya maka hal seperti ini tidak bisa dilakukan di Pramuka.

Kamu harus melakukan semua kegiatan sesuai dengan jam dan jadwal yang sudah ditetapkan kalau tidak mau mendapatkan hukuman dari kakak pembina. 

Selain itu kamu juga harus patuh pada aturan pemakaian seragam mulai dari baju, sepatu hingga kaos kaki. Jika kedisiplinan seperti ini sudah biasa kamu lakukan maka ketika di rumah lebih mudah melakukannya.

3. Menumbuhkan Semangat Kerjasama dan Gotong-royong

Di dalam Pramuka biasanya kegiatan dilakukan secara berkelompok dimana satu regu beranggotakan 10 orang.

Kamu harus melakukan semua kegiatan dengan anggota kelompok misalnya menyelesaikan tugas dan sandi saat mencari jejak.

Kerjasama yang kamu lakukan bersama teman-teman melalui kegiatan Pramuka secara perlahan akan membentuk karakter kamu, seperti kebiasaan untuk kerjasama dan gotong royong dengan orang lain.

4. Memupuk Kepedulian pada Sesama

Keuntungan mengikuti kegiatan Pramuka bagi kamu yang selanjutnya adalah untuk memupuk rasa kepedulian pada sesama.

Anak-anak Pramuka sering melakukan kegiatan bakti sosial atau amal saat bencana atau untuk menolong orang yang membutuhkan.

Nah, dengan begitu maka lama kelamaan rasa peduli pada orang lain akan muncul di dalam diri kamu. Karakter seperti ini akan terbentuk semakin kuat dan terbawa hingga dewasa.

5. Belajar dan Melatih Kemampuan Organisasi

Banyak orang yang pandai secara akademis tapi kurang mampu dalam berorganisasi sehingga sulit meraih prestasi. Melatih kemampuan berorganisasi kamu dengan aktif mengikuti kegiatan Pramuka.

Kemampuan organisasi membantu kamu lebih mudah bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain.

Memiliki kemampuan sosialisasi yang baik membantu kamu lebih mudah mengekspresikan diri dan menunjukkan kemampuan terbaik.

Kesimpulan

Ternyata manfaat mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah tidak bisa kamu sepelekan begitu saja. Bahkan banyak orang sukses yang dulunya aktif mengikuti kegiatan Pramuka di sekolah mereka.

Sebagai salah satu sekolah unggulan di Jawa Barat, SMA Dwiwarna (Boarding School) juga memiliki kegiatan Pramuka yang bisa meningkatkan pengembangan karakter para siswanya. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *