Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa, Apa Saja?

Penggunaan gadget terus mengalami peningkatan, baik anak-anak, remaja dan orang dewasa banyak yang menggunakannya. Terlepas dari berbagai kemudahan yang ditawarkan, penggunaan gadget juga memberikan dampak negatif. Anak-anak yang masih sekolah dan sudah menggunakan gadget pasti akan merasakan dampaknya. Untuk itulah setiap orang tua harus menyadari bahwa ada pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa

6 Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa 

Biasanya gadget digunakan oleh anak-anak untuk bermain game. Perlu diketahui jika bermain game di gadget bisa membuat kecanduan sehingga cenderung melakukannya terus menerus. Akibatnya kewajiban sebagai siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas menjadi terbengkalai, bahkan tidak dikerjakan. Kondisi seperti ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan mempengaruhi prestasi. Inilah beberapa pengaruh dari penggunaan gadget: 

1. Proses Belajar akan Lebih Lambat  

Penggunaan gadget yang berlebihan akan memberikan dampak negatif, seperti proses belajar tidak berjalan dengan sempurna. Kondisi ini disebabkan teknologi pada gadget tersebut bisa digunakan oleh siswa untuk mengakses berbagai informasi, terutama informasi yang berkaitan dengan mata pelajaran. Dengan begini, otak siswa  tidak dapat terasah dengan baik sehingga menjadi malas untuk belajar. Akibatnya prestasi belajar siswa menjadi menurun. 

2. Tingkat Konsentrasi Mengalami Penurunan

Salah satu pengaruh penggunaan gadget yang akan dirasakan oleh siswa adalah tingkat konsentrasinya akan mengalami penurunan. Dimana konsentrasinya menjadi lebih pendek dan menjadi anti-sosial karena sudah tidak peduli lagi dengan lingkungan sekitar.  Penurunan konsentrasi akan sangat terlihat apabila sedang belajar. 

Anak yang terlalu sering menggunakan gadget akan anti sosial sehingga lebih senang untuk berimajinasi tentang video yang pernah dilihat atau tokoh dalam game yang pernah dimainkannya. 

3. Mempengaruhi Kemampuan Menganalisa Permasalahan 

Pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa selanjutnya yaitu akan mempengaruhi kemampuan menganalisa permasalahan. Kemampuan menganalisa menjadi menurun karena saat belajar siswa tidak mau mencari data yang baik dan tidak mau melakukan analisis sendiri. 

Siswa cenderung ingin mendapatkan informasi atau menginginkan sesuatu dengan cepat dan hasilnya langsung terlihat. Melalui pencarian Google, informasi apa yang dicari bisa diperoleh dengan mudah. Dalam kondisi ini berarti siswa tidak melewati proses untuk mencapai hasil akhirnya. 

4. Kesehatan Fisik Menjadi Terganggu

Bagi anak-anak atau siswa bermain gadget merupakan aktivitas yang menyenangkan. Hal ini dikarenakan dengan menggunakannya maka akan mendapatkan berbagai informasi dan hiburan. Mereka bisa membuka Youtube untuk melihat video, bermain game, dan sebagainya.

Tidak mengherankan jika kemudian siswa menjadi betah berlama-lama menatap layar gadget. Terlalu lama menatap gadget sangat tidak baik untuk kesehatan, terutama untuk kesehatan mata. Dimana ini bisa mengakibatkan mata menjadi rabun dan mudah lelah serta mengakibatkan insomnia. Mata yang sudah lelah berarti harus istirahat sehingga melewatkan waktu belajar.

5. Kemampuan Bersosialisasi akan Menurun 

Dampak negatif penggunaan gadget sangat banyak, salah satunya mengakibatkan kemampuan bersosialisasi menjadi menurun. Anak-anak menjadi sibuk dan fokus dengan layar gadget sehingga tidak lagi peduli dengan lingkungan sekitarnya dan tidak lagi memahami etika bersosialisasi.

Anak-anak yang kecanduan gadget memiliki pemahaman bahwasanya apa yang diinginkan harus segera terwujud tanpa mau melalui proses. Pemahaman seperti ini diperoleh dari game atau tontonan di gadget.

6. Menjadi Malas Menulis dan Membaca  

Keberadaan gadget membuat siswa menjadi malas untuk menulis karena sudah terbiasa menulis di perangkat tersebut. Menulis langsung di buku cukup melelahkan berbeda dengan menulis di gadget yang sangat mudah.

Tidak hanya malas menulis, siswa juga akan malas membaca. Siswa lebih tertarik melihat layar gadget yang isinya sangat menarik dan menggoda serta tontonannya sesuai kenyataan. Berbeda jauh dari membaca yang mengajak siswa untuk mengembangkan imajinasi dan kesimpulan dari apa yang dibaca. 

Itulah 6 pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa. Disadari atau tidak penggunaan gadget yang berlebihan akan memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, para orang tua harus membatasi dan mengawasi anaknya untuk bermain gadget. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *