Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa di Sekolah

Keberhasilan meraih nilai akademis terbaik ditentukan juga oleh faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa saat di sekolah. Artinya untuk bisa mendapatkan prestasi akademis dan bidang lainnya siswa membutuhkan dukungan secara internal maupun eksternal termasuk adanya fasilitas pendukung kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan intelegensi yang bagus saja tanpa dukungan berbagai faktor tersebut hasilnya tidak akan maksimal. Contohnya, siswa yang memiliki kecerdasaan cukup baik namun belajar di sekolah yang fasilitasnya kurang lengkap kemungkinan besar akan kalah dengan mereka yang menuntut ilmu di sekolah dengan fasilitas dan lingkungan bagus meskipun kecerdasannya biasa saja.

Faktor yang Berpengaruh pada Prestasi Belajar Siswa

Membahas tentang prestasi akademis yang diperoleh dari proses belajar siswa terutama ketika berada di sekolah memang bukanlah hal yang sederhana. Maksudnya dalam hal ini adalah terdapat beberapa faktor yang sangat berpengaruh pada prestasi belajar siswa itu sendiri. Faktor-faktor yang dimaksud antara lain yaitu sebagai berikut :

1. Faktor Internal

Faktor pertama yang mempengaruhi bagaimana prestasi belajar siswa adalah faktor internal. Faktor yang sudah ada pada diri siswa itu sendiri merupakan faktor internal. Jenis faktor internal yang bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut terdiri dari :

  • Kondisi fisiologis atau fisik pada siswa. Misalnya mata minus sehingga membuatnya sulit untuk membaca dari jarak jauh.
  • Minat untuk belajar. Siswa yang minat belajarnya tinggi pastinya bisa meraih prestasi belajar yang lebih baik.
  • Tingkat intelegensi atau kecerdasan. Siswa dengan tingkat kecerdasan tinggi lebih mudah mengikuti pelajaran di sekolah.
  • Motivasi untuk belajar. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih mudah mudah meraih prestasi karena dia akan lebih bersemangat untuk mempelajari semua materi yang diberikan guru.
  • Bakat dan minat siswa. Seorang siswa akan lebih bersemangat untuk mempelajari materi yang disukainya. Misalnya siswa yang suka berhitung maka dia akan bersemangat mengikuti pelajaran matematika sehingga kemungkinan besar nilainya lebih bagus dibandingkan mata pelajaran lainnya yang kurang diminati.

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang berasal dari luar diri siswa tersebut. Beberapa faktor eksternal yang dimaksud antara lain yaitu :

Faktor yang terkait pengaturan pembelajaran di sekolah:

  • Kurikulum yang digunakan oleh sekolah
  • Metode pengajaran yang dilakukan oleh guru di sekolah.
  • Kedisiplinan yang diterapkan di sekolah.
  • Fasilitas dan sarana belajar mengajar
  • Sistem pengelompokan siswa.

Faktor yang terkait masalah sosial di sekolah:

  • Sistem sosial yang berlaku di lingkungan sekolah.
  • Interaksi yang terjalin antara guru, staf dan siswa.

Faktor yang sifatnya situasional::

  • Kondisi politik dan perekonomian dalam negeri.
  • Keadaan dan kondisi iklim maupun tempat 

Baik faktor internal maupun eksternal sifatnya saling melengkapi dalam mendukung prestasi belajar dari siswa. Supaya pengaruh negatif berbagai faktor tersebut bisa dikendalikan dan diminimalisir maka guru melakukan evaluasi belajar secara berkala bentuknya bisa berupa pemberian tugas, mengadakan ulangan dan juga ujian.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan juga bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah kondisi lingkungan, sarana dan fasilitas pembelajaran di sekolah. Untuk mendapatkan lingkungan sekolah serta sarana dan fasilitas belajar terbaik maka SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor. Islamic Boarding School unggulan dengan kurikulum nasional dan akreditasi A.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp