6 Manfaat Pendidikan Karakter untuk Siswa di Sekolah

SMA Dwiwarna Islamic Boarding School – Manfaat pendidikan karakter sangat penting generasi mudah saat ini. Pendidikan karakter menjadi salah satu fokus pemerintah di dunia pendidikan untuk menciptakan generasi yang berkarakter dan berkualitas. Bagaimana tidak, dengan pendidikan karakter ini diharapkan bisa membuat anak-anak memiliki pola pikir serta sikap yang baik dalam menghadapi berbagai situasi. Pendidikan karakter ini dimulai sejak anak-anak masih usia dini. Dimana pendidikan seperti ini bisa dilakukan atas bantuan guru di sekolah.

Pendidikan karakter menjadi pilihan tepat untuk didapatkan oleh siswa di sekolah. Ini bukan tanpa alasan karena arus globalisasi dan juga hadirnya teknologi yang semakin canggih akan memberikan dampak yang signifikan untuk generasi mendatang. Maka dari itu, penting untuk mempersiapkan segala kemungkinannya sejak jauh hari. Lantas, apa saja manfaat dari pendidikan karakter untuk siswa di sekolah?

Manfaat Pendidikan Karakter untuk Pelajar

1. Membentuk Karakter Siswa

Pendidikan karakter yang diberikan oleh sekolah-sekolah di Indonesia telah memberikan banyak manfaat untuk para siswanya. Salah satu manfaat yang dirasakan yaitu membentuk karakter siswa. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan karakter bisa menjadikan siswa menjadi lebih mandiri, maju dan bertanggung jawab. Selain itu, juga menciptakan siswa dengan kepribadian yang tangguh sesuai dengan identitas bangsa Indonesia itu sendiri.

2. Melatih Mental dan Moral

Masalah mental siswa juga menjadi alasan kenapa pendidikan karakter harus diberikan. Kondisi ini didasari oleh banyak siswa yang memiliki mental yang lemah sehingga akan menciptakan munculnya masalah mental. Tentu ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena akan mempengaruhi masa depan bangsa.

Manfaat lain dari pendidikan karakter adalah untuk mencegah siswa memiliki moral yang tidak baik. Jika siswa memiliki mental dan moral yang baik maka akan tercipta suasana yang kondusif dan akan mencegah terjadi perpecahan. Tidak hanya itu saja, pendidikan karakter juga menghasilkan siswa yang tangguh dalam menghadapi masalah dan situasi serta menjadi sosok yang bijaksana.

3. Memerangi Berbagai Perilaku Tidak Terpuji

Pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan sejak usia dini. Pernyataan seperti ini bukanlah tanpa alasan karena pendidikan karakter yang didapatkan bisa menjadi benteng untuk siswa dalam memerangi berbagai perilaku yang tidak terpuji. Jika siswa tidak memiliki benteng yang kuat maka akan mengikuti arus.

Pendidikan karakter ini juga memberikan banyak pengetahuan yang dibutuhkan oleh siswa. Pengetahuan yang didapatkan bisa dimanfaatkan untuk mengetahui apa saja bahaya yang ada di masyarakat serta cara untuk menanganinya dengan tepat dan benar.

4. Menciptakan Generasi yang Berintegritas

Manfaat pendidikan karakter untuk siswa di sekolah selanjutnya adalah menciptakan generasi yang berintegritas. Memiliki karakter yang kuat maka akan membuat siswa menjadi lebih tangguh dan kokoh dalam menjalani kehidupannya. Tangguh dan kokoh ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Siswa dengan integritas yang tinggi pastinya akan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai integritas bangsa dan juga negara.

5. Disiplin

Dimanapun berada siswa harus selalu disiplin, terutama saat berada di lingkungan sekolah. Siswa yang selalu disiplin ternyata juga mempengaruhi kinerja akademiknya menjadi lebih baik lagi. Dengan pendidikan karakter kehadiran siswa di sekolah menjadi lebih baik, tepat waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan, lebih sedikit vandalism, pengurangan kekerasan dan masih banyak lagi.

6. Siswa Menjadi Lebih Bertanggung Jawab

Kemampuan pola pikir dan moral yang lebih baik maka akan mempengaruhi kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir seperti ini akan memberikan banyak keuntungan bagi siswa. Salah satunya bisa mengambil keputusan dengan cepat dan tepat serta tercipta siswa yang bertanggung jawab.

Nah, itulah 6 manfaat pendidikan karakter untuk siswa di sekolah. Apabila semua siswa menyerap pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan karakter yang didapatkan dari sekolah lalu mengaplikasikan dalam kehidupannya, bukan tidak mungkin bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan berkarakter. 

Salah satu sekolah yang juga memberikan pembelajaran pendidikan karakter untuk siswanya yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School) yang merupakan salah satu SMA Swasta Terbaik di Indonesia. Berkat pendidikan karakter ini, siswa sekolah tersebut menjadi lebih berkualitas dan berprestasi.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *