Jangan Takut, Ini 6 Tips Menghadapi Ujian Sekolah

Beberapa saat menjelang ujian sekolah banyak siswa yang mengalami stres, cemas dan takut. Kondisi seperti ini sangat sering terjadi karena siswa merasa takut akan hasilnya yang kurang memuaskan. Saking stresnya ada juga siswa yang mengeluh hingga memiliki berbagai alasan untuk tidak masuk sekolah. Daripada melakukan hal-hal seperti itu sebaiknya menggunakan waktu yang dimiliki untuk belajar materi pelajaran yang diujikan. Selain itu, ada beberapa tips menghadapi ujian sekolah yang bisa kamu terapkan. 

Inilah 6 Tips Menghadapi Ujian Sekolah 

1. Belajar dari Jauh-jauh Hari

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh siswa adalah belajar dengan menggunakan sistem kebut semalam (SKS). Sistem belajar seperti ini kurang efektif karena hanya akan membuat kamu menjadi kekurangan waktu untuk istirahat. Waktu istirahat yang kurang tentu bisa berakibat buruk karena menjadi mengantuk dan kurang fokus ketika mengerjakan soal-soal ujian.

Kekurangan waktu istirahat juga akan membuat otak tidak bekerja dengan maksimal dan otak menjadi lebih sering blank. Kondisi ini mengakibatkan kamu kesulitan mengerjakan soal yang diberikan dan kehilangan konsentrasi. Supaya kejadian ini tidak menimpa kamu sebaiknya belajar dari jauh-jauh hari karena cara ini sangat efektif dan hasilnya juga lebih optimal.

2. Ciptakan Suasana Belajar yang Nyaman 

Belajar menjadi kunci keberhasilan kamu saat mengerjakan soal-soal ujian. Namun, tidak jarang siswa beralasan malas belajar karena belajar itu merupakan aktivitas yang membosankan. Padahal ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya belajar menjadi menyenangkan. 

Agar mood belajar kamu lebih baik disarankan untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan. Pastikan suasana yang tercipta sesuai dengan kepribadianmu. Misalnya belajar di kamar yang bersih dan senyap, belajar di taman belakang rumah, dan sebagainya. Dengan menciptakan suasana yang nyaman tentu akan membuat kamu menjadi lebih betah belajar dalam jangka waktu yang lama. 

3. Sering Mengikuti Belajar Kelompok 

Jika kamu bosan belajar sendirian di rumah, tidak ada salahnya untuk mengikuti belajar kelompok. Kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk belajar bareng supaya tercipta suasana belajar yang santai dan nyaman. Jumlah teman yang diajak tidak perlu terlalu banyak. Dua atau tiga orang saja sudah cukup untuk meminimalisir terlalu banyak mengobrol dan bercanda sehingga menjadi tidak fokus belajar. 

4. Pelajari Kisi-kisi Ujian 

Sebelum ujian sekolah berlangsung biasanya guru akan memberitahu kisi-kisi soal yang sering muncul di ujian. Soal-soal yang muncul di ujian tidak akan jauh-jauh dari kisi-kisi tersebut. Maka dari itu, kamu harus mempelajari kisi-kisi tersebut dengan sangat baik. Perlu diketahui jika kisi-kisi ini akan memudahkan kamu belajar dikarenakan materi pelajaran yang perlu dipelajari sudah tercantum dalam kisi-kisi tersebut. Jadi, kamu tidak perlu takut dan cemas lagi. 

5. Berlatih Mengerjakan Soal-soal 

Tips menghadapi ujian sekolah selanjutnya yaitu dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal-soal. Setelah kamu mempelajari dan memperdalam materi pelajaran, agar lebih menguasainya sebaiknya mengerjakan latihan soal. Dengan memperbanyak berlatih mengerjakan soal maka kamu akan terbiasa untuk mengerjakan berbagai tipe soal dan cara penyelesaiannya. 

6. Jagalah Kesehatan  

Segala persiapan menjelang ujian yang sudah dilakukan akan sia-sia jika kondisi tubuhmu drop sehingga jatuh sakit. Ketika tubuh dalam kondisi tidak fit tentu akan menurunkan semangat belajar. Jika tidak menginginkan kondisi ini menimpa kamu berarti harus menjaga kesehatan dengan baik. Caranya yaitu dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat. 

Itulah informasi tentang 6 tips menghadapi ujian sekolah. Pada intinya sebelum ujian sekolah diadakan kamu harus mempersiapkannya dengan baik, salah satunya dengan belajar. Selain itu, kamu bisa menerapkan tips-tips yang disampaikan diatas. Dengan persiapan yang matang, ujian sekolah tidak lagi menjadi momok yang menakutkan untuk kamu lewati!

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *