4 Faktor yang Mempengaruhi Konsentrasi Belajar Siswa

Mengapa siswa masih kesulitan untuk benar-benar konsentrasi belajar meskipun telah disediakan fasilitas penunjang yang lengkap dan modern. Kita memang tidak bisa hanya melihat dari satu sisi saja karena cukup banyak faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Faktor tersebut bisa berasal dari diri siswa sendiri atau internal maupun di luar dirinya atau eksternal.

Untuk bisa memberikan treatment yang benar kepada siswa yang kesulitan berkonsentrasi saat belajar sebaiknya ketahui dulu apa faktor penyebabnya. Tujuannya adalah agar perlakuan yang diberikan kepada siswa tersebut lebih tepat dan akhirnya bisa meningkatkan konsentrasi belajarnya. Ketika konsentrasi belajar sudah semakin bagus maka akan berpengaruh juga pada nilai akademiknya.

Faktor yang Berpengaruh pada Konsentrasi Belajar Siswa

Lantas sebenarnya faktor apakah yang bisa mempengaruhi tingkat dan kemampuan konsentrasi pada siswa saat belajar? Inilah beberapa faktor yang dimaksud.

1. Lingkungan

Lingkungan memberikan pengaruh yang cukup besar pada tingkat konsentrasi seseorang. Lingkungan yang nyaman dan kondusif mampu mendukung konsentrasi sehingga menjadi lebih tinggi. Pada umumnya orang akan merasa kesulitan untuk berkonsentrasi di tempat yang ramai walaupun ada juga tipe orang yang justru lebih fokus ketika mendengarkan suara musik. Nah, faktor lingkungan tersebut bisa dijelaskan sebagai berikut :

a. Suara

Seperti sedikit digambarkan tadi bahwa memang ada orang yang justru merasa lebih mudah konsentrasi ketika mendengarkan suara tertentu seperti musik misalnya. Namun sebaliknya tidak sedikit orang yang membutuhkan tempat sepi dan hening supaya bisa berkonsentrasi.  Selain dua tipe orang di atas ada juga orang yang terkesan cuek jadi bisa berkonsentrasi dalam suasana sepi maupun ramai. 

b. Pencahayaan

Faktor lingkungan yang lain adalah pencahayaan. Meskipun efeknya tidak sebesar pengaruh suara namun efek pencahayaan bisa meningkatkan ataupun mengurangi konsentrasi. Secara umum tempat ideal untuk belajar adalah yang memiliki pencahayaan cukup terang namun ada juga tipe orang yang merasa lebih konsentrasi di ruangan yang gelap.

c. Temperatur atau Suhu

Siswa bisa saja jadi kehilangan konsentrasi karena merasakan AC yang terlalu dingin. Atau sebaliknya karena udara di dalam kelas sangat panas. Ini membuktikan bahwa temperatur atau suhu di tempat belajar menjadi faktor yang penting dalam mempengaruhi konsentrasi belajar.

d. Desain Belajar

Faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa yang selanjutnya adalah desain belajar. Desain yang dimaksud yaitu berbagai media dan sarana penunjang pembelajaran. Termasuk di dalamnya ruangan kelas dan tempat duduk yang nyaman.

2. Modalitas untuk Belajar

Yang dimaksud dengan modalitas belajar adalah kemampuan untuk memproses setiap informasi yang disampaikan oleh guru. Dalam hal ini yang sangat berpengaruh antara lain kreativitas guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa. Jika informasi yang diterima lebih banyak lalu diserap oleh siswa maka akan lebih bagus juga tingkat konsentrasinya.

3. Kondisi Psikologis

Siswa yang sedang memiliki beban masalah cenderung lebih sulit untuk berkonsentrasi. Masalah keluarga, masalah dengan teman dan lain-lainnya bisa menjadi kondisi psikologis yang menurunkan konsentrasi belajar. Untuk itulah harus dilakukan penyelesaian masalah psikologis tersebut supaya konsentrasi bisa kembali menjadi bagus.

4. Pergaulan

Faktor pergaulan siswa juga berpengaruh pada konsentrasi belajarnya. Siswa yang bergaul dengan anak-anak yang malas belajar biasanya juga sulit untuk berkonsentrasi. 

Berbagai faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar siswa sebaiknya diketahui dan dipahami oleh guru sehingga bisa memberikan penanganan yang tepat. Lingkungan sekolah yang kondusif dan mendukung konsentrasi siswa ada di SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor. Sekolah unggulan untuk menciptakan generasi berprestasi dan berakhlak mulia.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *