SMA Dwiwarna (Boarding School) sebagai Sekolah Penggerak

SMA Dwiwarna (Boarding School) di Tahun Ajaran 2021 – 2022 terpilih menjadi salah satu sekolah penggerak yang melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum paradigma baru. Program Sekolah Penggerak merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan apa yang menjadi visi dari Pendidikan Indonesia dalam langkah mewujudkan Indonesia yang maju, berdaulat, mandiri serta berkepribadian melalui terciptanya karakteristik Pelajar Pancasila.

Kurikulum dengan Paradigma Baru di SMA Dwiwarna (Boarding School)

kurikulum sekolah penggerak

Kurikulum dengan paradigma baru merupakan penyempurnaan dari program transformasi sekolah yang dilakukan sebelumnya. Kurikulum ini dikembangkan berdasarkan filosofi pendidikan dari Ki Hajar Dewantara “pendidikan merdeka itu, berdaya upaya dengan sengaja untuk memajukan hidup – tumbuhnya budi pekerti (rasa – fikiran, roh) dan badan anak dengan jalan pengajaran, teladan, dan pembiasaan jangan disertai perintah dan paksaan”.

Oleh karenanya, Kurikulum pada program sekolah penggerak lebih memfokuskan diri kepada pengembangan hasil belajar pada siswa secara menyeluruh atau holistik yang mencakup kompetensi atau kemampuan dalam hal literasi dan numerasi serta karakter yang mengacu pada penguatan Profil Pelajar Pancasila (beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong royong, berpikir kritis, dan kreatif). 

SMA Dwiwarna (Boarding School) sebagai salah satu sekolah berasrama terbaik di Indonesia, telah siap untuk menyukseskan Program Sekolah Penggerak. Program pelatihan yang disiapkan oleh pemerintah telah diikuti oleh 13 orang perwakilan guru kelas X, yang hasilnya telah diseminasikan kepada seluruh guru yang ada, agar seluruh guru dapat bekerja sama menyukseskan program ini.

SMA Dwiwarna (Boarding School) sebagai sekolah umum yang bernafaskan islam tetapi tetap menekankan pada pentingnya rasa kebangsaan, sejatinya telah memiliki berbagai program yang selaras dengan harapan pemerintah untuk menguatkan profil pelajar Pancasila pada diri siswa.

Dimulai dari pengalaman bertemu teman sesama siswa yang berasal dari seluruh penjuru Indonesia dengan latar belakang budaya yang berbeda, siswa di SMA Dwiwarna (Boarding School) telah belajar bagaimana beradaptasi, mengembangkan kemandirian, gotong royong, kebersamaan, dan empati antar sesama dalam kehidupan sehari-hari. 

Karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila juga semakin terasah melalui berbagai kegiatan yang ada di SMA Dwiwarna (Boarding School) baik kegiatan yang terintegrasi dengan mata pelajaran, maupun kegiatan lain yang dilaksanakan di luar kelas, seperti:

  1. Sepekan Bersama Masyarakat
  2. Dwiwarna Mengajar
  3. Market Day
  4. Bulan Bahasa
  5. Festival Dwiwarna
  6. Program Homestay di Morioka Chuo High School, Jepang
  7. Program Homestay di Huntingtower High School, Australia
  8. Program SMA Dwiwarna goes to Humboldt Institute and West Europe

dan masih banyak program rutin lainnya, yang tentunya akan mengembangkan karakter siswa agar siap menghadapi tantangan di masa depan. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *