Apa Peran Siswa dalam Mempertahankan Kemerdekaan? Ini Penjelasannya

Sebagaimana yang diamanatkan melalui Undang-Undang Dasar 1945 (UUD’45), bahwa hak dan kewajiban warga negara salah satunya adalah mempertahankan kemerdekaan. Begitu juga dengan siswa sebagai bagian dari warga negara. Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan sebenarnya cukup mudah dilakukan di lingkungan sekolah.

Siswa tidak perlu mengangkat senjata untuk berperang melawan penjajah seperti yang dilakukan oleh para pejuang dan pemuda zaman dulu. Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang telah susah payah didapatkan oleh para pejuang tersebut, bukan berarti kamu harus berperang membawa senjata. Bisa dibilang semua hal positif yang kamu lakukan adalah upaya mengisi kemerdekaan.

Contoh Peranan Siswa untuk Mempertahankan Kemerdekaan 

Kamu mungkin masih sering kebingungan ketika guru memberikan soal tentang “jelaskan apa saja peranan siswa dalam mempertahankan kemerdekaan”. Padahal jawabannya adalah hal-hal yang sudah sering kamu lakukan di sekolah. 

Nah, bagaimanakah sebenarnya peranan siswa dalam rangka mempertahankan kemerdekaan tersebut? Kamu bisa melihat contohnya berikut ini sebagaimana yang dituliskan website resmi Kemendikbud: 

1. Disiplin Mengikuti Upacara 

Setiap hari Senin maupun hari-hari besar nasional lainnya siswa diwajibkan untuk mengikuti upacara yang diadakan di sekolah. Disiplin dan tertib mengikuti upacara merupakan salah satu hal yang dapat kamu lakukan dalam mempertahankan kemerdekaan. 

2. Mematuhi Tata Tertib Sekolah

Selain disiplin mengikuti upacara bendera, sebagai bentuk peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan adalah selalu patuh terhadap semua tata tertib dan peraturan sekolah. Mentaati peraturan dan tata tertib di sekolah merupakan bentuk kedisiplinan yang harus ditanamkan sejak dini. Perlu kamu ketahui bahwa rasa disiplin menjadi salah satu kunci dari kesuksesan di masa depan.

3. Menjaga Nama Baik Diri Sendiri dan Sekolah

Bentuk mempertahankan kemerdekaan lainnya adalah menjaga nama baik dari diri sendiri dan juga sekolah. Menjaga nama baik diri sendiri bukan hanya harus dilakukan ketika berada di lingkungan sekolah saja, tetapi juga di rumah dan lingkungan lainnya. Dengan menjaga nama baik diri sendiri kamu secara tidak langsung juga menjaga nama baik sekolah. Terlebih lagi kalau kamu mampu menjadi siswa yang berprestasi dalam berbagai perlombaan.

4. Giat Belajar

Apakah selama ini kamu selalu giat belajar? Kalau iya artinya kamu sudah melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan. Anak yang malas selain tidak produktif juga biasanya sulit untuk mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Kalau nilai kamu cenderung selalu kurang bagus maka nantinya akan lebih sulit untuk meraih masa depan. Jadi mulai sekarang kamu harus lebih giat belajar dan jangan menunda-nunda untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. 

5. Berlomba-Lomba Meraih Prestasi

Kemerdekaan yang telah didapatkan dengan perjuangan oleh leluhur dan para pahlawan akan sia-sia saja kalau tidak diisi dengan hal-hal positif. Kemerdekaan harus diisi dengan pembangunan di segala bidang agar Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan disegani di dunia.

Oleh sebab itu, kamu sebagai siswa dan akan menjadi generasi penerus serta pemimpin masa depan harus berusaha untuk meraih prestasi sebaik mungkin. Prestasi tersebut tidak hanya terbatas pada bidang akademik saja tetapi juga dapat kamu wujudkan melalui hal-hal diluar akademik seperti olahraga, kesenian dan sebagainya.

Setiap siswa harus berperan aktif dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. Peran siswa dalam mempertahankan kemerdekaan sebenarnya dapat kamu lakukan melalui hal-hal sederhana yang sudah tidak asing lagi dalam keseharian. Jadi, bukan berarti harus pergi berperang menjaga perbatasan negara. 

Kamu bisa memulai upaya dalam mengisi kemerdekaan tersebut dengan menuntut ilmu di sekolah unggulan seperti SMA Dwiwarna (Boarding School). Beragam fasilitas lengkap dan perolehan akreditasi A akan mendukung potensi siswa untuk meraih prestasi terbaiknya.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.