Apa Saja Kegiatan MPLS SMA di Sekolah? Ini 7 Inspirasinya

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan awal sekolah sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS). MPLS dilaksanakan untuk semua siswa baru tingkat SMP dan SMA. Kegiatan tersebut merupakan pengganti MOS khususnya kegiatan MPLS SMA tidak lagi menggunakan metode “gojlokan” yang tidak ada fungsinya bagi siswa baru itu sendiri.

Tema dari kegiatan MPLS bagi siswa SMA lebih menekankan pada pembentukan karakter dan pengenalan lingkungan sekolah beserta tata tertib, peraturan, budaya, sistem dan sebagainya. MPLS diadakan berdasarkan pada peraturan yang tertuang pada Permendikbud nomor 82/ 2015. 

Di dalam MPLS dilarang penggunaan beberapa atribut tertentu yang biasa dipakai pada MOS dulu. Contoh atribut tersebut seperti beragam aksesoris tidak berguna misalnya kalung dengan tulisan nama memakai kardus, kaos kaki yang warnanya berbeda kanan kiri dan sebagainya.

Macam-macam Inspirasi Kegiatan MPLS SMA

kegiatan mpls sma

Kamu yang baru akan masuk ke SMA mungkin ingin tahu apa saja kegiatan ataupun tema MPLS yang diadakan oleh sekolah. Sekolah baru kamu bisa saja mengambil salah satu dari beberapa tema inspirasi MPLS berikut ini.

  1. Penekanan pada semua siswa baru untuk mengikuti peraturan sekolah seperti cara berpakaian seragam yang rapi, kedisiplinan di lingkungan sekolah dan kehidupan berasrama bagi sekolah boarding school, sikap sopan pada teman, kakak kelas dan guru serta tata tertib sekolah lainnya.
  2. Pengenalan kepada lingkungan sekolah meliputi fasilitas yang ada, sarana prasarana, pengenalan kepada seluruh jajaran guru dan karyawan sekolah serta lainnya.
  3. Kegiatan sosial bersama dengan berkunjung ke panti asuhan, panti jompo, kerja bakti di kampung sekitar, pembagian sembako bagi penduduk di sekitar sekolah dan sebagainya.
  4. Kegiatan pelestarian alam dengan penanaman pohon di lingkungan sekolah dan sekitarnya, pemberian bibit pohon dan bunga pada penduduk pemukiman sekitar agar udara kembali sejuk karena banyaknya tumbuhan.
  5. Materi kegiatan MPLS SMA berupa penanaman sikap disiplin pada siswa baru dengan memberikan reward serta punishment. Kegiatan ini bisa berupa pengenalan tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan sekolah, menjaga dan membawa nama baik dari sekolah, kerukunan antar siswa dan sebagainya.
  6. Pengenalan pada dunia kerja yang akan dijalani para siswa setelah lulus SMA nanti agar bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya pada apa yang dicita-citakan. 
  7. Pengenalan pada program ekstrakurikuler yang ada di sekolah melalui parade unit kegiatan. Contoh kegiatan ekstrakurikuler sekolah misalnya pramuka, marching band, pecinta alam, mading, beragam jenis olahraga seperti basket dan bela diri, kelompok karya ilmiah serta banyak lagi ekskul lainnya.

Persiapan Mengikuti Kegiatan MPLS

Sebagai siswa baru SMA kamu bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar saat mengikuti kegiatan MPLS nantinya tidak canggung dan lebih nyaman. Kamu bisa mempersiapkan diri melalui beberapa cara berikut ini.

  • Cari teman sesama siswa baru di sekolah yang sama agar bisa bertukar informasi dan saling mengenal sebelumnya.
  • Mempersiapkan semua peralatan dan perlengkapan yang harus dibawa untuk kegiatan MPLS. Peralatan yang dimaksud misalnya alat tulis, seragam sekolah, buku catatan dan sebagainya.
  • Bawa bekal makan dan minum 
  • Tidur tepat waktu agar mengantuk saat jam diadakannya kegiatan MPLS.
  • Melihat kembali jadwal kegiatan MPLS dan buat checklist untuk apa yang harus dilakukan.

Melalui kegiatan MPLS SMA yang diadakan oleh sekolah untuk mengenalkan lingkungan sekolah pada siswa baru kamu bisa lebih mempersiapkan diri lebih baik untuk mengikuti semua kegiatan belajar mengajar. Kegiatan MPLS diadakan juga di sekolah unggulan seperti SMA Dwiwarna (Boarding School) untuk para siswa baru. Namun sebelumnya, untuk dapat masuk di sekolah ini, tentu kamu harus mengikuti PPDB Boarding School di SMA Dwiwarna (Boarding School) untuk menjadi siswa di sekolah ini.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *