Apa Itu MPLS di Sekolah? Ini Kepanjangan dan Tujuannya

Masa Orientasi Sekolah atau MOS merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah dan peraturan-peraturannya kepada siswa baru. Namun sejak tahun ajaran 2018/ 2019  MOS sudah diganti dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau disebut MPLS. Apa itu MPLS? MPLS adalah sebuah kegiatan yang dilakukan pada hari pertama masuk sekolah dan wajib diikuti oleh semua siswa baru.

Kegiatan tersebut berupa pengenalan lingkungan sekolah dan program-program, metode belajar, sarana prasarana, konsep pengenalan diri serta pembinaan awal terhadap kultur sekolah. Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah disesuaikan dengan  Permendikbud nomor 18 tahun 2016. 

Pengertian Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

apa itu mpls

Secara sederhana dalam pengertian yang mudah MPLS adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah dalam rangka memperkenalkan para siswa baru pada semua hal yang berhubungan dengan sekolah. Perkenalan tersebut bukan hanya sebatas antar murid baru saja atau dengan kakak kelas serta guru namun juga pada komponen lainnya.

Perkenalan sekolah melalui MPLS meliputi pengenalan semua kegiatan rutin, norma, budaya, sistem dan tata tertib yang berlaku. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dilaksanakan oleh sekolah selama 3 hari dan kalau lebih dari itu orang tua memiliki hak untuk menanyakannya kepada pihak sekolah. Pada masa pandemi Covid-19 ini MPLS bisa saja dilakukan secara online demi keamanan dan mencegah penularan Corona. 

Sedangkan untuk sekolah dengan sistem sekolah berasrama atau boarding school, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang merupakan pengenalan pada lingkungan sekolah dan budaya sekolah dengan beberapa komponen. Melalui MPLS siswa baru diberikan melalui pemberian materi dan juga games dengan agenda  pengenalan almamater meliputi :

  • Pengenalan lingkungan dan budaya yang berhubungan dengan penanaman kehidupan di asrama.
  • Penegakan atas semua peraturan kedisiplinan sekolah. 
  • Penyuluhan mengenai bahaya narkoba.
  • Orientasi kegiatan organisasi siswa.

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tersebut sesuai dengan peraturan yang ada dilaksanakan selama 3 hari dengan bertempat di dalam lingkungan sekolah.

Maksud dan Tujuan dari MPLS

Mengacu pada pengertian tentang apa itu Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah maka tentu saja kegiatan bagi semua siswa baru jenjang SMP dan SMA tersebut mempunyai maksud dan tujuan, yaitu antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Memperkenalkan lingkungan sekolah
  2. Menggali potensi yang terdapat di dalam diri siswa baru.
  3. Membantu agar para siswa baru dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya yang meliputi sarana prasarana, aspek keamanan serta fasilitas umum.
  4. Menumbuhkan semangat, motivasi serta cara belajar yang lebih efektif sebagai siswa baru.
  5. Mengembangkan sebuah interaksi yang positif antara siswa dan juga warga sekolah lainnya seperti guru dan karyawan sekolah.
  6. Menumbuhkan sikap dan perilaku yang positif yaitu kemandirian, kejujuran, saling menghargai, menghormati persatuan dan keanekaragaman, kedisiplinan, hidup yang bersih dan sehat agar terwujud siswa yang mempunyai integritas, etos kerja serta semangat gotong royong.

Manfaat dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah

Mengapa wajib dilakukan MPLS bagi semua siswa baru? Tentu saja tidak terlepas dari manfaat yang didapatkan dari kegiatan MPLS itu sendiri. Apa sajakah manfaatnya? Secara umum sebenarnya manfaat MPLS tidak berbeda dengan apa yang menjadi maksud serta tujuan dari kegiatan tersebut yaitu seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di atas yang terdiri dari 5 poin. 

Intinya MPLS bermanfaat untuk membantu siswa baru untuk mengenal semua hal yang terkait dengan sekolah termasuk nilai, sistem, budaya, tata tertib dan sebagainya.  Pada sekolah dengan sistem boarding school manfaat dari MPLS salah satunya adalah untuk membuat siswa mengenal bagaimana kehidupan di asrama. Dari semua pemaparan diatas jelas sudah apa itu MPLS beserta tujuan dan juga manfaatnya. 

MPLS juga dilaksanakan oleh SMA swasta di Bogor sesuai dengan apa yang diatur melalui Permendikbud. Sebagai sebuah SMA unggulan di Jawa Barat,  SMA Dwiwarna (Boarding School) melaksanakan MPLS kepada semua siswa baru agar mereka bisa lebih siap mengikuti semua proses pendidikan di sekolah.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *