Jurusan IPS SMA: Kelebihan dan Kekurangannya

Walaupun sering dipandang setengah mata namun siswa dari jurusan IPS SMA memiliki peluang sukses yang sama besarnya dengan anak IPA. Jurusan ilmu sosial juga bisa menjadi langkah awal mencapai kesuksesan karir dan pekerjaan nantinya. Jurusan Ekonomi Akuntansi, Manajemen, Desain Grafis, Komunikasi dan Filsafat menjadi contoh program studi IPS.

Kamu yang merasa kurang senang dengan jurusan IPA tidak perlu merasa minder kalau ingin memilih menjadi anak IPS. Dengan ketekunan dan selalu rajin untuk belajar siswa dari jurusan IPS di SMA bisa memiliki profesi dan pekerjaan yang bagus di masa depan. Yang perlu kamu ketahui sejak awal adalah apa saja kelebihan dan kekurangan jika masuk jurusan IPS di SMA.

Kelebihan Jurusan IPS di SMA

Meskipun anak-anak IPS terkadang dianggap kurang pintar dibandingkan siswa IPA namun tentunya hal itu tidak benar dan kamu tidak boleh menyerah dan putus asa. Justru kamu harus termotivasi untuk membuktikan bahwa anak IPS juga bisa sukses. Supaya kamu tidak kaget saat sudah sekolah ketahui dulu kelebihan jurusan IPS berikut ini.

1. Peluang Karir di Pemerintahan

Pertama, kamu harus tahu mempelajari tentang apa saja jurusan IPS tersebut. Sesuai dengan namanya tentu saja jurusan IPS lebih banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial seperti ekonomi, sosiologi, sejarah, geografi dan sebagainya.

Kalau diamati mayoritas mata pelajaran anak IPS adalah bidang-bidang yang ada di instansi pemerintah. Apa artinya? Bisa jadi apa setelah lulus nanti?  Sebagai anak IPS memiliki kesempatan yang luas untuk bekerja di instansi pemerintah setelah lulus kuliah nanti sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

2. Kesempatan Berprestasi Lebih Besar

Meskipun tidak setenar lomba bidang studi pada jurusan IPA tapi sebenarnya pada ilmu sosial juga sering diadakan perlombaan dan olimpiade. Kamu bisa meraih prestasi melalui olimpiade ekonomi, sosiologi, geografi dan lainnya. Bahkan anak IPS mempunyai peluang menorehkan prestasi di luar bidang akademik misalnya lomba pidato, pertandingan olahraga, kesenian dan sebagainya. Perlombaan-perlombaan semacam itu lebih sering diikuti anak-anak IPS daripada anak IPA yang sangat sibuk dengan tugas-tugasnya.

3. Mengasah Kemampuan Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa dilepaskan dari pergaulan satu sama lain. Kelebihan anak-anak IPS adalah memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan kemampuan untuk bersosialisasi tersebut akan sangat membantu kamu ketika sudah lulus kuliah dan bekerja nanti.

4. Memiliki Pertemanan yang Solid

Jika dilihat anak IPS cenderung kompak dengan teman-teman sekelasnya. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya materi ilmu sosial pada pelajaran IPS yang langsung berkaitan dengan realita masyarakat. 

Kekurangan Jurusan IPS di SMA

Tidak berbeda dengan jurusan IPA pada jurusan IPS juga terdapat beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kekurangan yaitu :

1. Banyak Pelajaran Hafalan

Pada jurusan IPS kamu akan belajar mata pelajaran yang mayoritas membutuhkan kemampuan menghafal contohnya seperti sejarah, ekonomi, geografi dan lain sebagainya. Kamu pastinya harus belajar lebih giat untuk menghafal materi terutama kalau ada ujian. 

2. Pilihan Jurusan Kuliah Terbatas

Satu hal yang harus kamu ketahui bahwa pilihan program studi di perguruan tinggi untuk anak IPS tidaklah seluas anak IPA. Kalau anak IPA bisa memilih jurusan ilmu sosial namun sangat sulit bagi siswa jurusan IPS menjalani kuliah jurusan sains.  Selain harus bersaing dengan sesama anak IPS kamu juga harus berkompetisi melawan anak IPA untuk memperebutkan satu bangku di perguruan tinggi. 

Meskipun begitu sebagai anak jurusan IPS SMA kamu tidak perlu berkecil hati karena dengan kerja keras dan rajin belajar kesuksesan ada di depan mata. Kamu bisa memulai langkah kesuksesan dan mencetak prestasi dengan memilih SMA Dwiwarna (Boarding School) sebagai tempat menuntut ilmu.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *