Apa Saja Fungsi Pameran bagi Siswa di Sekolah? Ini Penjelasannya!

Ada banyak mata pelajaran yang akan didapatkan oleh siswa di sekolah, salah satunya yaitu mata pelajaran seni. Dalam mata pelajaran seni biasanya tidak hanya belajar teori saja tetapi guru juga akan meminta siswa untuk membuat karya seni. Karya seni yang dibuat biasanya seni lukis, fotografi dan sebagainya. 

Karya seni yang dibuat oleh siswa nantinya akan dipamerkan. Pameran biasanya akan diadakan pada akhir semester ataupun akhir tahun ajaran. Dalam hal ini semua orang bisa melihat karya tersebut sehingga siswa akan mendapatkan apresiasi dari banyak orang. Dari diadakan pameran ini ada banyak manfaat yang didapatkan siswa. Lalu, apa fungsi pameran bagi siswa di sekolah?

Fungsi Pameran bagi Siswa di Sekolah

Kerjasama Internasional SMA Dwiwarna (Boarding School) dengan Morioka Chuo High School, Jepang

1. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Karya Seni 

Pameran yang diadakan di sekolah memiliki banyak fungsi dan manfaat. Dimana salah satu fungsinya adalah sebagai sarana untuk memupuk, membina dan juga mengembangkan bakat atau kemampuan siswa. Hal ini dikarenakan karya seni yang dipamerkan akan mendapatkan  apresiasi dari banyak orang. Dari apresiasi itu nantinya siswa akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari karya tersebut. 

Selain itu, melalui kegiatan pameran ini siswa juga dilatih untuk memberikan penilaian dan juga tanggapan terhadap karya seni. Penilaian yang diberikan bisa dilakukan secara tertulis, lisan maupun melalui sikap dan perbuatan. 

2. Sebagai Sarana Apresiasi 

Fungsi diadakan pameran selanjutnya yaitu sebagai sarana apresiasi. Dikatakan sebagai sarana apresiasi karena pada acara ini siswa akan mengeluarkan ide gagasan pencipta dalam wujud karya seni. Setelah itu, para pengunjung yang melihatnya akan memberikan apresiasi serta penilaian terhadap karya seni tersebut. Proses apresiasi ini dibedakan menjadi dua yaitu apresiasi aktif serta pasif.

3. Melatih Siswa untuk Bermasyarakat 

Salah satu fungsi pameran bagi siswa di sekolah adalah melatih siswa untuk bermasyarakat. Pameran berhasil diselenggarakan tentu butuh persiapan dan kerja kelompok yang melibatkan banyak orang, baik siswa, guru atau orang lain. Ini berarti siswa sedang belajar untuk belajar bekerja sama dengan orang lain serta belajar bermasyarakat. Tentu ini sangat berguna jika nantinya benar-benar hidup bermasyarakat.

4. Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Membuat Karya Seni 

Dari pameran yang diadakan, karya seni yang dibuat oleh siswa akan dilihat oleh banyak orang sehingga akan mendapatkan kritik dan saran. Kritik dan saran yang diberikan pengunjung tersebut akan dijadikan motivasi oleh siswa sehingga bisa menghasilkan karya seni yang lebih baik lagi.

Pameran karya seni ini juga akan menciptakan persaingan yang sehat antar siswa  dan dapat dijadikan pendorong oleh siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam membuat suatu karya seni. 

5. Sebagai Sarana Rekreasi 

Pameran menjadi salah satu kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh siswa. Alasannya karena pameran juga berfungsi sebagai sarana rekreasi. Bagaimana tidak, pameran ini menjadi tempat untuk merilekskan pikiran. Selain itu, juga bisa berguna untuk menghilangkan kejenuhan atas kegiatan belajar mengajar di kelas dan mengerjakan tugas dari guru yang menguras pikiran dan banyak energi..

6. Sebagai Sarana Edukasi 

Fungsi pameran yang terakhir yaitu sebagai sarana edukasi. Perlu diketahui jika pameran ini juga berfungsi untuk mendidik siswa. Ini supaya siswa bisa mengetahui pentingnya pengalaman batin. Pengalaman batin tersebut bermanfaat dalam menyeimbangkan akal serta pikiran. Melihat fungsi satu ini tidak mengherankan jika pameran rutin diadakan oleh sekolah.

Itulah 6 fungsi pameran bagi siswa di sekolah. Tidak bisa di pungkiri hanya melalui pameran karya seni, ada banyak manfaat yang didapatkan oleh siswa. Dimana manfaat tersebut tidak hanya dirasakan saat itu saja melainkan juga untuk kehidupan di masa mendatang.

SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan salah satu sekolah swasta terbaik yang ada di Indonesia. Dimana sekolah ini sudah memiliki Akreditasi A (98). Selain itu, sekolah ini memiliki banyak fasilitas yang menunjang pendidikan serta memiliki banyak ekstrakurikuler, salah satunya di bidang seni.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *