Tips Mempelajari Seni Fotografi Dasar Untuk Pemula

Apakah kamu ingin menjadi fotografer profesional? Jika iya tidak ada salahnya untuk mempelajari seni fotografi dasar. Menjadi seorang fotografer dituntut untuk bisa menghasilkan karya yang keren.

Dimana untuk mendapatkannya harus mengetahui teknik dasar seni fotografi. Teknik-teknik dasar fotografi bisa kamu pelajari sendiri, mengikuti kelas fotografi ataupun di sekolah.

Cara Mempelajari Seni Fotografi Dasar

Belajar seni fotografi dasar menjadi sebuah keharusan jika kamu ingin menjadi seorang fotografer.

Jika kamu tidak pernah belajar seni fotografi maka hasil foto atau karya yang dihasilkan kurang bagus. Berikut beberapa cara belajar seni fotografi.   

Belajar Seni Fotografi Dasar

1 – Mengenal Cara Kerja Kamera 

Kamera menjadi alat yang digunakan oleh fotografer untuk menghasilkan gambar. Baik fotografer profesional maupun pemula pasti menggunakan kamera untuk menghasilkan gambar.

Namun, sebelumnya kamu harus lebih dahulu mengetahui cara kerja kamera, baik kamera DSLR, Mirrorless, kamera saku maupun kamera VGA.

Jika kamu ingin mempelajari cara kerja kamera berarti harus tahu bagian-bagian kamera dan fungsinya. 

Beberapa bagian kamera yang harus kamu ketahui adalah lensa kamera, tombol shutter, tombol ISO, power switch, command dial, tombol aperture, mode dial, tombol menu, live view switch dan masih banyak lagi.

2 – Belajar Visualisasi

Setelah kamu mengetahui cara kerja kamera, selanjutnya harus belajar visualisasi.

Maksud visualisasi dalam hal ini yaitu merujuk pada kemampuan melihat subjek maupun objek secara imajiner supaya kedalaman bidang foto menjadi lebih bagus lagi.

Agar kamu menguasai ilmu fotografi berarti tidak boleh melewatkan tahap satu ini.

3 – Memahami Eksposur

Saat belajar seni fotografi kamu juga harus mempelajari dan memahami eksposur. Eksposure ini merupakan dasar bagi fotografer pemula untuk bisa menghasilkan foto yang menarik dan berkualitas.

Memahami eksposur berarti kamu bisa memastikan foto yang dihasilkan memiliki tingkat eksposur yang tepat.

Saat mempelajari eksposure, kamu juga akan mempelajari hubungan segitiga emas fotografi, yaitu shutter, aperture, speed dan ISO.

4 – Memahami Lensa dan Fungsinya

Cara mempelajari seni fotografi dasar selanjutnya yaitu harus memahami lensa dan fungsinya. Lensa itu sendiri merupakan pintu masuk cahaya menuju sensor.

Dalam dunia fotografi lensa memiliki peran yang cukup penting yaitu hasil foto yang bagus dipengaruhi oleh  kualitas lensa yang digunakan.

Lensa yang digunakan untuk mengambil foto jenisnya sangat banyak. Maka dari itu, jangan sampai kamu salah memilih lensa dan menggunakannya.

5 – Memahami Fokus, Bokeh dan Depth of Field

Ketika kamu menemukan objek foto yang menarik tetapi salah fokus dalam mengambil gambar maka itu merupakan kejadian yang sangat menjengkelkan.

Jika hal ini tidak ingin kamu alami sebaiknya harus mempelajari lebih dalam mengenai fokus. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya yaitu membekukan gerakan dengan shutter speed cepat. 

Selain fokus, kamu juga harus mempelajari bokeh dan depth of field. Bokeh merupakan area out of focus pada foto yang dihasilkan karena keterbatasan lensa.

Kondisi ini kemudian membuat cahaya yang masuk menjadi out of focus. Jika kamu pernah melihat foto dengan objek yang terlihat jelas tetapi area di sekitarnya kabur, itulah yang disebut foto dengan bokeh.

Sedangkan Dept of Field adalah rentang jarak yang dimiliki objek foto supaya menghasilkan variasi ketajaman ataupun fokus pada foto yang dihasilkan.

Dept of Field ini biasanya juga disebut dengan kedalaman ruang.

6 – Memahami Komposisi Foto

Untuk menghasilkan hasil foto yang baik kamu diharuskan untuk memahami komposisi foto.

Ketika kamu mempelajari komposisi foto maka akan bertemu dengan materi perspektif satu titik lenyap dalam fotografi, komposisi spiral, komposisi golden ratio atau fibonacci. Foto makro dan sebagainya. 

Nah itulah  6 tips mempelajari seni fotografi dasar.

Bagi kamu yang sejak duduk di bangku SMP sudah tertarik dengan seni fotografi berarti membutuhkan wadah untuk menyalurkan bakat tersebut.

Salah satu wadah yang direkomendasikan yaitu masuk ke SMA Dwiwarna (Boarding School). 

Salah satu SMA swasta di Bogor ini akan membantu kamu memaksimalkan bakat yang dimiliki dalam bidang fotografi.

Sebab, di SMA Dwiwarna (Boarding School) terdapat kelas seni fotografi yang bisa membantumu untuk mengembangkan skill di bidang fotografi.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *