Tips Untuk Berkonsentrasi Belajar Dan Tetap Fokus

Belajar membutuhkan konsentrasi supaya kamu bisa mudah memahami materi pelajaran. Meski begitu, masih banyak yang susah fokus dalam belajar.

Setiap kali belajar ada saja hal dalam pikiran yang merusak konsentrasimu. Akibatnya materi tidak dipahami dan saat ujian mendapatkan nilai yang jelek.

Kamu tidak perlu sedih, karena ada beberapa tips untuk berkonsentrasi belajar yang bisa kamu lakukan. 

Yuk, Pelajari Tips Untuk Berkonsentrasi Belajar Berikut Ini

1 – Rapikan Meja Belajar atau Area Belajarmu

Cara meningkatkan konsentrasi belajar yang pertama yaitu sebelum mulai belajar sebaiknya rapikan meja belajar atau area belajar.

Tempat belajar yang sumpek dan berantakan menjadi salah satu faktor yang bisa merusak konsentrasi dan menghancurkan mood belajar sehingga menjadi malas belajar.

Maka dari itu, saat akan belajar pastikan tempat belajar sudah dalam keadaan bersih dan rapi.

Untuk sementara waktu pindahkan barang-barang yang tidak dibutuhkan supaya kamu memiliki ruang yang cukup untuk belajar.

Jangan lupa untuk memastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk belajar sudah tersedia.

2 – Pilih Waktu dan Metode Belajar yang Tepat 

Ketika belajar setiap orang pasti memiliki metode belajar masing-masing. Berarti sebelum mulai belajar kamu harus mencari dahulu metode belajar seperti apa yang paling tepat untuk digunakan.

Misalnya, kamu sulit mengingat poin-poin penting atau istilah sulit maka kamu bisa mencatatnya di sticky notes seperti post it supaya bisa ditempelkan dan dibaca berulang kali.

Menentukan metode belajar yang pas kamu menjadi lebih mudah dalam memahami materi pelajaran. Ini berarti belajar yang dilakukan menjadi lebih fokus dan efektif.

Selain metode belajar yang tepat, waktu belajar juga memberikan banyak pengaruh. Oleh karena itu, pilihlah waktu belajar yang bisa membuat kamu bisa berkonsentrasi penuh.

3 – Membuat Daftar Target Belajar  

Salah satu cara agar fokus belajar adalah dengan membuat target belajar. Daftar target belajar ini berisi target-target yang ingin dicapai saat belajar.

Misalnya hari belajar mata pelajaran matematika, berarti kamu bisa membuat target materi matematika di Bab 2 tentang Logaritma.

Dengan membuat daftar target belajar maka kamu akan lebih berkonsentrasi dalam belajar.

Usahakan untuk membuat daftar target belajar sesuai dengan kapasitas belajarmu. Intinya jangan terlalu dipaksakan karena bisa membuatmu mengalami kesulitan dalam memahami materi.

4 – Tentukan Batas Waktu Belajar  

Tips untuk berkonsentrasi belajar dan tetap fokus selanjutnya adalah tentukan batas waktu belajar.

Perlu diketahui jika belajar itu juga ada batasnya. Meski kamu adalah orang yang memiliki ambisi mendapatkan nilai sempurna, bukan berarti memforsir diri untuk terus belajar.

Jika ini dilakukan maka bukan nilai sempurna yang diperoleh tetapi malah jatuh sakit dan tidak bisa ikut ujian. Tentu ini akan merugikan kamu.

Supaya hal tersebut tidak terjadi maka kamu harus menentukan batas waktu belajar. Jangan kelamaan maupun terlalu sebentar.

Misalnya, ada waktu 2 jam yang dalam jangka waktu tersebut tidak harus fokus belajar saja tetapi juga beri waktu sekitar 5-10 menit untuk istirahat.

Waktu untuk istirahat ini bisa membuat otak menjadi rileks dan bisa fokus kembali,

5 – Tidak Membuka Sosial Media atau Game Saat Belajar

Salah satu hal yang bisa merusak konsentrasi belajar adalah dengan membuka sosial media atau bermain game.

Sebaiknya saat sedang belajar hindari untuk membuka sosial media atau game. Jika nekat membukanya, ujung-ujungnya pasti bakal keasyikan main HP daripada fokus belajar. 

Sangat disarankan saat sedang belajar untuk mematikan atau menonaktifkan notif sosial media. Hal ini harus dilakukan supaya kamu bisa lebih fokus belajar. Jadi, sebaiknya dihindari ya.

Kesimpulan

Pelajari Tips Untuk Berkonsentrasi Belajar

Selain 5 tips untuk berkonsentrasi belajar dan tetap fokus di atas. Kefokusan kamu dalam belajar dan memahami pelajaran memang sangat berperan penting dalam keberhasilan sekolahmu.

Apalagi jika kamu adalah siswa dari sekolah unggulan yang tentunya memiliki persaingan prestasi yang besar di antara siswa lainnya.

Maka dari itu, kamu bisa menerapkan beberapa tips di atas agar bisa belajar dengan lebih baik dan penuh konsentrasi ya! 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *