Cara Mudah Memahami Pelajaran Dengan Konsisten

Ada dua jenis siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru. Pertama, mudah memahami pelajaran yang diberikan. Kedua, sulit memahami pelajaran yang diberikan guru.

Jadi, kamu jenis siswa yang mana nih? Jika jenis yang sulit memahami pelajaran, tidak perlu berkecil hati karena ada beberapa cara mudah memahami pelajaran.  

Cara-cara tersebut sangat mudah untuk kamu terapkan.

Lantas, apa saja cara mudah dalam memahami pelajaran dengan konsisten? Yuk, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini. 

5 Cara Mudah Memahami Pelajaran

Pelajari Cara Mudah Memahami Pelajaran

Inilah beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar mudah memahami pelajaran:

1 – Fokus Saat Sedang Belajar 

Cara belajar agar cepat paham dan ingat yaitu dengan memfokuskan pikiran.

Jika pikiran kamu sudah fokus pada pelajaran yang dipelajari maka pelajaran tersebut maka otak akan mampu menangkap poin-poin yang disampaikan melalui proses belajar.

Ini berarti tingkat fokus dalam belajar memberikan efek terhadap tingkat pemahamannya. 

Oleh karena itu, lebih baik sebelum atau saat belajar akan dimulai, kamu menyingkirkan semua benda yang bisa mengganggu konsentrasi, misalnya handphone.

Selain itu, kamu juga harus meninggalkan atau melupakan hal-hal lain yang ada dalam pikiran selain materi pelajaran. Pusatkan dan konsentrasikan pikiran hanya pada materi yang disampaikan oleh guru.

2 – Membuat Catatan Kecil 

Salah satu kesalahan dalam belajar yang sering dilakukan yaitu cenderung menghafal materi pelajaran yang disampaikan.

Apakah kamu salah satu di antaranya?

Jika iya segera hilangkan kebiasaan ini. Daripada kamu sibuk menghafal sebaiknya fokus ke poin-poin penting dalam materi pelajaran yang diberikan,

Supaya kamu semangat untuk membacanya sebaiknya ketika guru menyampaikan materi, catatlah poin-poin penting di catatan.

Dengan menulis catatan, kamu sambil mengingat kembali pelajaran yang diberikan.

Setelah itu, tempelkan catatan tersebut di tempat yang sering kamu lihat, seperti dinding kamar, buku atau cermin.

3 – Membuat Mind Mapping Tentang Materi Pelajaran

Setelah kamu membuat catatan kecil, cara mudah memahami pelajaran selanjutnya yaitu dengan membuat mind mapping atau peta pikiran.

Membuat mind mapping tidak hanya membuat materi pelajaran mudah dipahami tetapi materi tersebut menjadi mudah tersimpan dalam pikiran. 

Mind mapping itu sendiri merupakan penjabaran dari materi pelajaran yang dipelajari ke dalam bagian-bagian yang lebih spesifik lagi.

Maka dari itu, supaya kamu tahu arah dan tujuan materi pelajaran maka kamu harus membuat peta konsep.

4 – Mencatat Kata yang Sulit  

Cara agar pelajaran mudah diingat yaitu dengan mencatat kata atau bagian yang sulit.

Catatan kata sulit ini berbeda dengan merangkum materi. Catatan kata sulit perlu dibuat ketika kamu menemukan suatu kata yang sulit dalam pelajaran tetapi kata tersebut merupakan kata penting yang harus dipahami.

Cara membuat catatan ini sangat mudah sehingga kamu pasti bisa. Namun, sebelum membuatnya harus membeli kertas kecil di toko ATK.

Kertas kecil ini memiliki banyak lembaran dan bisa ditempelkan.

Setelah membeli kertas tersebut langsung saja tulis kata atau istilah yang kamu anggap susah tetapi penting untuk dipahami. Tempelkan catatan tersebut di tempat tidur supaya kamu bisa melihatnya setiap saat.

5 – Belajar di Waktu yang Tepat 

Cara atau tips terakhir supaya bisa dengan mudah memahami pelajaran yaitu belajar di waktu yang tepat.

Waktu yang tepat bisa membantu kamu mudah mengingat apa yang sedang dipelajari. Dimana waktu yang tepat untuk belajar yaitu saat subuh, sore hari dan juga malam hari dalam keheningan. 

Namun, perlu diingat jika setiap orang memiliki waktu yang baik sendiri. Misalnya belajar habis subuh, belajar malam hari sambil mendengarkan musik dan lain sebagainya.

Jadi, belajarlah sesuai dengan waktu terbaik menurut versimu. 

Nah itulah 5 cara mudah memahami pelajaran dengan konsisten.

SMA Dwiwarna adalah salah satu boarding school berkualitas yang bisa membantumu dalam memahami pelajaran dengan lebih mudah.

SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki tenaga pengajar yang berkualitas sehingga proses belajar mengajar bisa membuatmu menyerap pelajaran dengan baik.

Selain itu, ada banyak sekali fasilitas boarding school dari SMA Dwiwarna yang bisa membantumu dalam proses belajar mengajar dengan lebih mudah. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *