Bagaimana Cara Belajar Kinestetik? Ini Tips yang Efektif 

Salah satu gaya belajar yang bisa digunakan oleh siswa dalam membantu mereka memahami pelajaran adalah cara belajar kinestetik. Ketika menggunakan gaya belajar ini, maka kamu akan lebih banyak menggunakan gerakan. Lalu, seperti apa cara belajar yang satu ini? 

Pengertian Gaya Belajar Kinestetik dan Cirinya 

Gaya atau cara belajar kinestetik adalah salah satu metode belajar yang banyak melibatkan gerakan. Tipe pembelajaran ini akan membuat kamu yang menggunakannya menjadi lebih mudah mengingat informasi dengan langsung mempraktekannya, dibandingkan hanya dengan mendengarkan ataupun membaca teori. Dalam artian, penerapan cara belajar ini mengharuskan kamu untuk langsung menyentuh objek yang dipelajari. 

Cara belajar kinestetik ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lebih suka dengan kegiatan yang membuatnya terus bergerak dan juga bekerja
  • Rentang fokus pendek
  • Suka menyentuh, merasakan serta memegang sesuatu
  • Lebih memilih untuk menunjukkan daripada menjelaskan
  • Bisa mempelajari sesuatu dengan lebih baik

5 Tips Menerapkan Cara Belajar Kinestetik

Agar bisa mempraktekkan gaya belajar ini dengan baik, berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan: 

1. Rajin Melakukan Praktik dan Juga Eksperimen 

Metode pembelajaran yang menggunakan tipe kinestetik cenderung aktif dan juga suka mengamati langsung apa yang dilihatnya. Jika akan menerima materi biasanya guru akan membuat simulasi sederhana maupun praktik informasi sehingga menjadi lebih mudah dipahami dan diingat. 

Siswa yang menyukai tipe pembelajaran ini biasanya akan menjadi sosok yang tidak mudah menyerah. Semakin sulit tingkat praktiknya maka akan lebih kuat keinginannya untuk mengetahui isinya seperti apa. Supaya hasilnya lebih maksimal disarankan untuk menciptakan proses belajar yang menyenangkan.

2. Jangan Memaksa Siswa untuk Melahap Teori di Buku Catatan 

Tidak bisa di pungkiri jika masih banyak guru yang meminta siswa untuk mencatat semua teori yang disampaikan di buku catatan. Metode seperti ini sebenarnya sudah tidak cukup efektif lagi tetapi ternyata masih banyak yang menerapkannya.

Supaya teori yang diajarkan mudah dipahami sebaiknya jangan memaksa siswa untuk melahap teori di buku catatan, terlebih jika menggunakan gaya belajar kinestetik. Ini dikarenakan gaya pembelajaran ini lebih menyukai praktik langsung dibandingkan materi dan mencatatnya di buku.

3. Mengunjungi Tempat Edukasi

Cara belajar kinestetik tidak hanya bisa dilakukan di dalam kelas atau di dalam rumah saja tetapi juga bisa dilakukan di berbagai tempat. kamu bisa mengunjungi tempat edukasi sebagai sarana belajar sehingga proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Tips ini sangat cocok dilakukan jika kamu sedang mempelajari materi sejarah. Alasannya karena materi sejarah sangat mustahil untuk dipraktekkan ulang. Solusi dari permasalahan ini adalah dengan mengunjungi tempat edukasi yang masih berkaitan dengan materi pelajaran tersebut. 

4. Memanfaatkan Gerakan Tubuh 

Dalam penerapan metode belajar ini, tidak hanya dengan cara praktek dan simulasi sederhana melainkan juga bisa memanfaatkan gerakan tubuh. Contohnya yaitu menghafal sesuatu yang berhubungan dengan bagian tubuh dan membuat singkatan sesuai dengan benda yang ada di sekitarnya. Salah satu ciri khas cara belajar ini adalah membiarkan siswa menghafal dengan berjalan ataupun menjentikkan jari. 

5. Belajar Bersama Teman 

Perlu kamu ketahui bahwasanya cara belajar ini sedikit sulit diterapkan jika belajar sendirian. Kondisi ini disebabkan karena dalam penerapannya membuatkan banyak interaksi seperti halnya interaksi saat belajar kelompok. Sesi tanya jawab menjadi sesi yang cukup efektif dalam membantu proses belajar. 

Itulah informasi tentang beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menerapkan cara belajar kinestetik. Dari penjelasan diatas bisa diketahui jika cara belajar ini sangat seru dan menyenangkan. Hasilnya juga optimal karena siswa menjadi lebih mudah mengerti dan memahami suatu materi pelajaran.

Untuk pendidikan yang berkualitas dan fasilitas yang lengkap, SMA Dwiwarna (Boarding School) tentu menjadi pilihan terbaik. Sekolah ini sudah berpengalaman dan senior di bidangnya, karena sudah berdiri sejak tahun 1998. Tidak salah jika kemudian alumninya sangat berkualitas dan memiliki akreditasi A (98).

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.