Waktu Efektif Untuk Belajar: Ketahui Hal Ini Agar Kamu Bisa Fokus

Untuk mendapatkan nilai ujian yang bagus tentu harus belajar. Namun, belajar harus dilakukan dari jauh-jauh hari. Jangan sampai baru belajar ketika besok akan ujian saja. Cara belajar seperti ini dikenal dengan nama sistem kebut semalam (SKS). Belajar dengan cara tersebut hasilnya tidak akan maksimal. Ada beberapa waktu efektif untuk belajar yang bisa meningkatkan tingkat fokus. 

Inilah Waktu Efektif Untuk Belajar Agar Bisa Fokus 

waktu efektif untuk belajar

Setiap orang pasti memiliki cara sendiri saat belajar. Ada yang belajar dengan suasana hening, ada juga yang belajar dengan cara berkelompok dan lain sebagainya. Namun, perlu kamu ketahui ternyata ada waktu belajar yang efektif yang bisa membuat materi yang dipelajari mudah dipahami. 

Selain itu, pemilihan waktu yang tepat juga akan membuatmu menjadi lebih fokus saat belajar. Berikut ini adalah beberapa waktu paling efektif untuk belajar.

1. Pukul 05.00-06.00

Sudah bukan rahasia lagi jika waktu yang paling efektif untuk belajar adalah pagi hari. Hal ini dikarenakan otak masih fresh sehingga materi pelajaran yang dipelajari menjadi lebih mudah dipahami. Selain itu, belajar pada pukul 05.00-06.00 hormon dopamin dari dalam tubuh muncul sehingga akan membuat kamu menjadi lebih bahagia saat melakukan aktivitas yang disukai, termasuk belajar. 

Munculnya hormon tersebut juga akan mendorong kamu untuk lebih semangat belajar dan senang belajar. Untuk hasilnya lebih efektif, disarankan untuk belajar di pagi hari lebih dari satu jam. Alasannya karena jika lebih dari satu jam bisa membuat pikiran menjadi pusing dan bisa berdampak malas untuk belajar.

2. Pukul 09.00-11.00

Waktu terbaik untuk belajar selanjutnya untuk belajar adalah pagi menjelang siang tepatnya pukul 09.00-11.00. Pada jam-jam tersebut pikiran dan otak masih segar sehingga bisa menerima berbagai wawasan dan pengetahuan. Akan tetapi, pada pukul 09.00-11.00 biasanya rasa malas mulai muncul sehingga melakukan aktivitas belajar menjadi cara paling tepat untuk menghilangkan malas berkepanjangan. Supaya tidak ngantuk dan meningkatkan suasana sebaiknya belajar sambil memutar lagu. 

3. Pukul 15.00-18.00

Waktu efektif untuk belajar selanjutnya yaitu pukul 15.00-18.00. Pada jam-jam tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk belajar tetapi lebih cocok mengerjakan tugas. Hal ini dikarenakan pada jam-jam ini pikiran membutuhkan konsentrasi dan juga energi tinggi. 

Alasan lainnya yaitu waktu tersebut suhu tubuh mengalami peningkatan alami dan organ-organ tubuh seperti jantung maupun paru-paru bekerja lebih sempurna. Tentu ini akan memungkinkan kamu dalam memahami materi pelajaran yang cukup berat dan digunakan untuk menyelesaikan tugas. 

4. Pukul 19.00-20.00

Waktu belajar pada malam hari sebenarnya cocok jika digunakan hanya untuk kembali mengulang pelajaran yang sudah dipelajari pada pagi harinya. Namun, tidak jarang ada yang lebih nyaman dan mudah memahami materi pelajaran baru saat belajar pada malam hari. Belajar pada waktu tersebut memiliki keefektifan yang tidak kalah bagus dengan waktu yang lainya karena bisa lebih mendalami materi pelajaran yang masih belum dipahami. 

Biasanya banyak siswa yang belajar pada waktu ini ketika besoknya akan menghadapi ujian. Terlebih jika materi pelajaran sudah dipelajari di pagi atau siang hari lalu dipelajari ulang saat malam hari. 

Itulah 4 waktu efektif untuk belajar agar bisa lebih fokus. Pemilihan waktu yang tepat untuk belajar tentu akan sangat mempengaruhi hasilnya. Maka dari itu, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal berarti harus memilih waktu yang tepat. Dengan waktu belajar yang tepat, kamu bisa berprestasi dan masuk ke sekolah terbaik. Seperti SMA Dwiwarna (Boarding School).

Sekolah merupakan salah satu SMA Swasta di Bogor dengan kualitas unggulan. Dimana sekolah ini menjadi salah satu yang terbaik karena siswanya banyak yang berprestasi. Selain itu, untuk menunjang proses pembelajaran maka disediakan fasilitas yang sangat lengkap serta memiliki tenaga pendidik yang berkualitas. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *