Tips Menulis Puisi Yang Baik Dan Benar Lagi Praktis

Apakah kamu suka menulis puisi? Sudah tahukah kamu tips menulis puisi yang baik untuk menghasilkan karya yang bagus? Sebagai bagian dari sebuah karya seni tentu saja puisi harus dibuat menggunakan kaidah yang baik dan benar.

Kamu juga bisa membuatnya asalkan mau belajar dengan tekun dan rajin berlatih. Tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti kamu bisa menjadi penyair ternama.

Puisi adalah rangkaian kata-kata yang memiliki makna dan dibuat dengan irama tertentu sehingga menghasilkan kalimat yang indah.

Kalau kamu ingin bisa membuat dan menulis puisi yang bagus cobalah untuk mengikuti beberapa tips berikut ini.

Pelajari Tips Menulis Puisi Yang Baik Dan Benar

Inilah Tips Menulis Puisi

Cara membuat puisi yang benar itu pada dasarnya tidak sulit hanya perlu mengetahui bagaimana rumusnya saja. Kamu bisa menyimaknya dalam penjelasan di bawah ini.

1) Buatlah Tema Dan Judul Puisi

Langkah-langkah membuat puisi yang baik dimulai dari penentuan tema dan judulnya.

Kamu tidak mungkin bisa menulis puisi yang bagus kalau belum menemukan tema dan judul yang akan dibuat.

Banyak hal yang bisa kamu jadikan sebagai tema ataupun judul puisi misalnya keindahan alam, kasih sayang sesama manusia dan sebagainya.

Carilah tema puisi yang menarik dan indah lalu buatlah sebuah judul yang berhubungan dengan tema tersebut.

Tips menulis puisi yang pertama ini sangat krusial. Jadi kamu harus serius menerapkannya.

2) Tentukan Kata Kuncinya

Langkah selanjutnya adalah menentukan kata kunci di dalam puisi yang kamu tulis. Kata kunci tersebut akan membantu kamu untuk membuat dan mengembangkan kalimat di dalam puisi.

Contohnya kalau kamu menulis puisi dengan tema kasih sayang maka bisa menggunakan ketulusan sebagai kata kuncinya.

3) Gunakan Diksi Atau Gaya Bahasa Yang Tepat

Menggunakan diksi atau gaya bahasa yang tepat dan sesuai menjadi tips menulis puisi yang selanjutnya. Kamu tidak harus memakai diksi yang penuh dengan majas dan kata-kata indah dalam puisi tersebut.

Cukup banyak puisi yang bagus dan unik justru memakai diksi dan gaya bahasa yang sederhana saja yang penting tidak keluar dari tema dan judulnya.

4) Pakai Rima Dan Bait

Apalagi yang harus kamu perhatikan di dalam menulis puisi yang baik itu? Jawabannya adalah rima dan bait.

Apakah yang dimaksud dengan rima dan bait?

Rima adalah persamaan atau perulangan bunyi di dalam puisi sehingga bisa menghasilkan kalimat yang indah. Misalnya pada puisi kamu kalimat dalam setiap baris diakhiri dengan persamaan bunyi “an” itulah yang disebut rima.

Sedangkan bait adalah jumlah baris dalam setiap paragraf pada puisi kamu. Bait yang bisa kamu gunakan ada beberapa macam, yaitu :

  • Distikon : dua baris dalam satu bait/ paragraf
  • Terzina : tiga baris setiap bait
  • Kuatren : empat baris di dalam tiap bait
  • Kuint : lima baris pada tiap bait
  • Sonata : empat baris pada 2 bait pertama dan tiga baris di 2 bait yang terakhir.

5) Kembangkan Puisi Sebagus Mungkin

Ini adalah tips menulis puisi yang terakhir. Dimana kamu harus mengembangkan tema, judul, diksi, rima maupun bait yang telah ditentukan menjadi sebuah puisi yang bagus.

Kembangkan semua ide yang ada di dalam pikiran kamu menjadi sebuah karya puisi yang indah. Jangan pernah takut untuk menuliskan apa yang kamu rasakan dan pikirkan.

Kamu bisa terus berlatih dengan menggunakan tips menulis puisi seperti di atas untuk menghasilkan karya yang bagus suatu saat nanti.

Siapa tahu kamu bisa menjadi seorang seniman puisi yang terkenal di masa depan. Menulis puisi merupakan contoh kegiatan positif yang membantu pengembangkan potensi diri kamu.

Penutup

Itulah beberapa tips menulis puisi yang bisa kamu terapkan.

Sekedar informasii, selain menulis puisi, kamu juga bisa mengembangkan potensi terbaikmu dengan belajar di sekolah unggulan. Salah satunya di SMA Dwiwarna (Boarding School) yang telah terakreditasi A.

Ada banyak sekali program kesiswaan dan kurikulum pendidikan berkualitas di SMA Dwiwarna (Boarding School) yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan minat, bakat, dan potensi diri dengan optimal. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *