5 Tips Masuk SMA Favorit dan Unggulan di Kotamu

Sekolah di SMA favorit dan unggulan merupakan keinginan banyak siswa dan orang tua. Apakah kamu salah satu diantaranya? Namun, perlu diketahui untuk bisa masuk di sekolah favorit bukan suatu yang mudah. Tidak heran jika banyak orang yang mencari bagaimana tips masuk SMA favorit. 

Alasannya, karena persaingannya sangat banyak dan pastinya yang mendaftar adalah siswa yang pintar dan memiliki nilai yang bagus. Jika kamu ingin memasuki sekolah favorit yang diinginkan maka kamu perlu mempersiapkannya dengan baik.

Cara dan Tips Masuk SMA Favorit dan Unggulan 

Untuk bisa diterima di SMA favorit ada banyak syarat yang harus dipenuhi, seperti memiliki nilai ujian yang bagus, lulus tes seleksi masuk dan masih banyak lagi. Supaya kamu bisa diterima di SMA favorit pilihanmu, sebaiknya ketahui beberapa tips dibawah ini.

1. Menguatkan Niat dan Tekad 

Jika kamu ingin sekolah di SMA favorit maka hal utama yang harus dimiliki adalah niat dan tekad. Niat yang dimaksud disini adalah kamu harus memiliki kemauan yang kuat, tekad, kerja keras dan pantang menyerah sampai keinginan untuk masuk di SMA favorit bisa diraih. 

Kalau kamu benar-benar niat untuk masuk di SMA favorit maka harus dibuktikan dengan selalu rajin belajar dan pantang menyerah. Selain itu, katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa meraih cita-cita dan juga kemauan yang diinginkan. 

2. Mengikuti Bimbingan Belajar 

Jika dirasa perlu, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar. Mengikuti bimbel tidak hanya mengajar materi saja tetapi juga akan menerima pertanyaan serta memperdalam materi yang belum dikuasai. 

Salah satu kelebihan mengikuti bimbel adalah memungkinkan kamu untuk bertemu dengan banyak teman baru sehingga belajar menjadi lebih menyenangkan. Teman baru tersebut jika bisa menjadi teman diskusi mengenai materi yang dipelajari. Jika ada materi yang belum dikuasai bisa bertanya kepada tentor atau teman di tempat bimbel.

3. Jangan Belajar dengan Sistem Kebut Semalam

Kebiasaan belajar dengan cara sistem kebut semalam (SKS) ternyata masih sering dilakukan. Padahal cara ini sangat tidak efektif karena hasilnya tidak maksimal. Apabila kamu masih menggunakan sistem kebut semalam sebaiknya segera rubah kebiasaan ini.

Daripada menggunakan sistem kebut semalam sebaiknya belajar perlahan-lahan namun rutin dilakukan. Pelajari sedikit demi sedikit materi yang diberikan lalu pahami materi tersebut. Cara belajar ini bisa dilakukan setiap hari minimal 1 jam. Cara belajar ini sangat efektif dan materi yang dipelajari menjadi mudah masuk dari pada belajar dalam waktu semalam.

4. Kurangi Waktu Bermain 

Tips masuk SMA favorit dan unggulan selanjutnya yaitu kurangi waktu bermain. Dalam hal ini bukan berarti kamu dilarang sepenuhnya untuk bermain, tetapi harus dikurangi. Cara ini merupakan salah satu perwujudan niat masuk ke SMA favorit. Waktu yang biasanya digunakan untuk bermain bisa digunakan untuk menambah waktu belajar. 

5. Rajin Ikut Try Out 

Rajin mengikuti try out menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan supaya diterima di SMA favorit. Biasanya try out tersebut diadakan oleh lembaga bimbingan belajar ataupun instansi resmi lainnya. Sering mengikuti tryout maka latihan soal yang dipahami akan semakin banyak dan beragam sehingga saat mengikuti tes seleksi masuk penerimaan peserta didik baru sudah siap. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan bisa dengan mudah dijawab dan hasilnya sangat memuaskan.

Itulah 5 tips masuk SMA favorit dan unggulan di kotamu. Jika kamu ingin masuk di sekolah yang diinginkan, sebaiknya terapkan tips-tips diatas. Memang akan ada kebanggaan sendiri apabila sekolah di SMA favorit dan unggulan.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekolah unggulan yang bisa kamu pilih, salah satunya SMA Dwiwarna (Boarding School). SMA ini menjadi satu di antara SMA Swasta Terbaik di Bogor karena dikenal sudah memiliki Akreditasi A (98) dan menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.