Tips Lulus Ujian TOEFL Khusus Untuk Level Pemula

Pasti kamu sudah sangat familiar dengan istilah TOEFL, terutama bagi yang sudah duduk di bangku SMA.

TOEFL atau Test of English as Foreign Language dijadikan standar ukur kemampuan bahasa inggris. Ada beberapa tips lulus ujian TOEFL yang patut kamu simak karena memang ujian TOEFL memanglah bukan hal yang mudah. 

TOEFL terdiri dari 2 jenis, yaitu ITP yang dilakukan secara tertulis dan IBT yang dilakukan secara online.

Tes TOEFL ini mencakup Listening, Structure and written expression, Reading, Speaking (untuk IBT) dan writing.

Jika kamu ingin lulus ujian TOEFL maka harus mencapai skor tinggi. Berapa nilai TOEFL tertinggi? 

Untuk tes ITP berkisar 310-677 dan untuk IBT berkisar 0-120. Namun, seringkali skor 500 dijadikan sebagai skor minimal TOEFL.

Mendapatkan skor 500 menandakan kamu memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik. Bagi kamu yang ingin mendapatkan skor TOEFL tinggi berarti harus mempersiapkannya dengan baik.

7 Tips Lulus Ujian TOEFL

Beberapa Tips Lulus Ujian TOEFL

Bagi sebagian orang mendapatkan nilai TOEFL tinggi bukan sesuatu yang mudah.

Banyak diantaranya yang mempersiapkannya jauh-jauh hari, misalnya dengan mengikuti kursus TOEFL, ikut simulasi tes TOEFL dan sebagainya.

Supaya kamu bisa dengan mudah mendapatkan nila yang tinggi, sebaiknya simak beberapa tips lulus ujian TOEFL di bawah ini.

1) Mengenali Tes TOEFL

Sebelum kamu mengikuti ujian TOEFL harus mengetahui tentang TOEFL itu sendiri beserta soal-soal yang akan diujikan, jumlah soal, bagaimana penilaiannya, berapa skor yang harus diraih dan sebagainya.

Mengetahui hal-hal tersebut akan membuat kamu menjadi lebih siap dalam menghadapi ujian TOEFL.

2) Memiliki Manajemen Waktu Belajar yang Baik

Jika kamu ingin mengikuti ujian TOEFL maka harus mempersiapkannya dengan baik. Sangat disarankan untuk mempersiapkan ujian ini jauh-jauh hari supaya hasilnya lebih maksimal.

Semakin lama waktu untuk belajar dan mengerjakan latihan soal, maka kemampuan bahasa inggris yang dimiliki akan semakin bagus. Manfaatkan waktu yang kamu miliki sebaik mungkin untuk belajar mempersiapkan ujian ini.

3) Saat Sesi Listening Baca Pertanyaan dan Pilihan Terlebih Dahulu

Tips lulus ujian TOEFL selanjutnya yaitu saat sesi listening kamu diharuskan untuk memanfaatkan waktu yang diberikan dengan sangat baik.

Supaya waktu yang dimiliki tidak terbuang maka ketika perintah tes dibacakan oleh narator, kamu bisa langsung membaca pertanyaan dan juga pilihan yang sudah dituliskan.

Menerapkan cara ini tidak hanya untuk menggunakan waktu sebaik mungkin, melainkan kamu akan menjadi lebih fokus membaca dan juga mendengarkan saat pertanyaan dimulai.

Perlu diketahui bahwasanya perintah yang dibacakan oleh narator sudah tertulis pada tes sehingga tidak perlu didengarkan dengan serius.

4) Kenali Struktur Kalimat yang Ditanyakan

Untuk tes TOEFL ITP bagian yang paling sulit adalah bagian structure and written expression.

Bagian ini dianggap sulit karena menyangkut grammar atau kaidah kebahasaan dalam bahasa inggris.

Supaya bisa menaklukan bagian ini kamu harus mengidentifikasi subject maupun verb pada soal yang diberikan. Kalimat bahasa inggris selalu memiliki subjek maupun predikat (verb).

5) Pelajari Expression Bahasa Inggris yang Sering Digunakan Sehari-hari

Apabila kamu ingin lulus tes TOEFL dengan nilai yang tinggi maka harus mempelajari dan menguasai expression atau idioms.

Expression  merupakan frasa atau kalimat sehari-hari yang sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari.

Frasa ini perlu dipelajari karena banyak frasa bahasa inggris yang ternyata mempunyai arti berbeda dengan terjemahan langsungnya.

6) Memperbanyak Kosakata Bahasa Inggris

Cara meraih skor TOEFL tinggi selanjutnya yaitu kamu harus memiliki banyak kosakata bahasa inggris, terutama dalam bidang akademis.

Hal ini dikarenakan pada bagian listening dan reading sering menggunakan kata-kata atau kosakata yang sering digunakan dalam bidang akademis.

Menerapkan tips satu ini akan mempermudah kamu dalam mengidentifikasi dan juga mengartikan kata-kata yang diberikan atau disebutkan. Kamu juga disarankan untuk mencari tahu sinonim dari kata-kata yang akan dipelajari.

7) Memperbanyak Latihan Soal TOEFL

Setelah kamu mengetahui lebih dalam mengenai tes TOEFL dan soal yang diujikan, selanjutnya untuk berlatih mengerjakan soal-soal TOEFL.

Semakin rutin kamu latihan mengerjakan soal, maka menjadi lebih paham dan menguasainya. Kamu bisa mendapatkan latihan soal TOEFL di internet atau dengan mengikuti kursus.

Penutup

Mempersiapkan ujian TOEFL dengan baik maka peluang untuk mendapatkan nilai tinggi sangat terbuka lebar.

Bahkan ada beberapa sekolah yang memang sudah memasukkan persiapan tes TOEFL ke dalam kurikulum pengajaran mereka.

Contohnya adalah SMA Dwiwarna (Boarding School). Boarding School terbaik di Jawa Barat ini akan membantu semaksimal mungkin untuk para siswanya yang akan mengikuti ujian TOEFL supaya bisa mendapatkan nilai tinggi.

Persiapan ini akan tercakup pada kurikulum yang dimiliki oleh SMA Dwiwarna (Boarding School). Dengan persiapan yang matang, maka nilai TOEFL yang didapatkan juga jauh lebih optimal.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *