Tips Belajar Menjelang Akhir Semester Agar Mendapat Hasil Memuaskan

Apakah kamu merupakan siswa yang menerapkan belajar sistem kebut semalam? Apabila kamu salah satu diantaranya sebaiknya segera hilangkan kebiasaan seperti ini.

Hal ini dikarenakan cara belajar seperti itu tidak efektif dan hasilnya juga tidak akan optimal. Seharusnya belajar dimulai sejak awal semester bukan saat menjelang ujian akhir semester.

Inilah beberapa tips belajar menjelang akhir semester yang bisa kamu terapkan agar hasil memuaskan. 

4 Tips Belajar Menjelang Akhir Semester Untuk Hasil Yang Optimal

Beberapa Tips Belajar Menjelang Akhir Semester

1 – Ambil Waktu yang Tepat

Beberapa teori menyebutkan bahwa belajar di waktu yang tepat yakni menjelang subuh akan memperoleh hasil yang lebih efektif.

Namun terlepas dari waktu tersebut, kamu bisa menggunakan waktu yang lain sesuai dengan kondisi dan konsentrasi.

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi tubuh, seperti seseorang yang terbiasa belajar pada waktu menjelang tidur dan waktu itu dianggapnya sebagai waktu yang tepat.

Kamu bisa memperhatikan kondisi diri sendiri, apakah lebih mudah menangkap materi ketika belajar di waktu malam atau pagi hari.

Ketika sudah mengetahuinya, gunakan waktu tersebut sebaik mungkin. Jangan samakan waktu belajar dengan teman atau orang lain, karena setiap orang bisa berbeda.

2 – Latihan Soal

Menjelang akhir semester berarti tidak banyak cukup waktu untuk mempelajari materi dari awal sampai akhir.

Selain itu, kamu tidak boleh menyepelekan materi karena sudah rutin belajar ketika waktu senggang. Jangan sekali-kali menganggap bahwa kamu sudah menguasai sepenuhnya tanpa perlu melakukan hal lain.

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan ketika menjelang akhir semester adalah belajar menjawab latihan soal.

Kamu bisa menggunakan buku kumpulan latihan soal-soal yang berkaitan dengan materi tersebut, atau menggunakan buku ajar yang biasanya terdapat soal latihan di setiap akhir bab.

Cobalah untuk menjawab beberapa soal latihan dalam waktu tertentu, seperti 10 soal dalam waktu setengah jam.

Kamu juga bisa membagi waktu untuk menjawab soal latihan mata pelajaran yang berbeda.

3 – Belajar Kelompok

Tips belajar menjelang akhir semester selanjutnya yaitu mengadakan belajar kelompok. Pada saat Ujian Akhir Semester (UAS) kamu tidak diperkenankan untuk bekerja sama dengan teman-teman.

Namun, bukan berarti kamu tidak boleh mempersiapkan UAS bersama teman-teman. Bentuklah kelompok untuk belajar bersama, mengulas materi dan belajar menjawab soal latihan.

Kamu bisa menentukan tempat dan waktu dengan teman kelompokmu.

Belajar kelompok memiliki manfaat yang luar biasa, kamu bisa saling bertukar pikiran dan saling tanya jawab ketika terdapat materi atau soal yang sulit dikerjakan.

Selain itu, belajar kelompok akan melatih keberanian mengungkapkan pendapat sampai melatih kecerdasan emosional ketika menerima pendapat dari orang lain.

4 – Suasana Belajar

Tips lainnya yang perlu diperhatikan ketika belajar menjelang akhir semester adalah memilih suasana belajar yang kondusif dan nyaman.

Perlu diperhatikan bahwa setiap orang bisa menyukai suasana yang berbeda.

Ada yang lebih suka belajar di rumah sambil mendengarkan musik, di perpustakaan karena banyak koleksi buku penunjang atau tempat favorit lainnya.

Kamu juga bisa memilih tempat publik seperti kafe. Tentu sangat menyenangkan ketika belajar ditemani minuman dan makanan favorit.

Apalagi sambil mendengarkan lagu yang bisa menambah konsentrasimu. Namun, kamu tetap harus menetapkan target seperti harus mengerjakan latihan soal sebanyak 20 soal atau mengulang materi tertentu.

Kesimpulan

4 tips belajar menjelang akhir semester yang disebutkan diatas bisa diterapkan jika kamu ingin mendapatkan hasil yang optimal.

Perlu diperhatikan jangan sampai memforsir tubuh secara berlebihan menjelang ujian.

Luangkan juga sedikit waktu untuk beristirahat dan refreshing. Hal ini perlu dilakukan supaya tubuh tidak drop sehingga tidak bisa mengikuti ujian.

Artikel ini didukung oleh SMA Dwiwarna Islamic Boarding School. Sekolah swasta unggulan dengan konsep berasrama modern.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *