Mengenal Sistem Pembelajaran Efektif Saat Pandemi

Saat ini, para orang tua mau tak mau harus berusaha mengenal sistem pembelajaran efektif saat pandemi.

Pasalnya, pandemi Covid-19 telah memberikan pengaruh negatif ke berbagai sektor di kehidupan kita. Salah satunya adalah sektor pendidikan.

Seperti yang diketahui, kegiatan belajar mengajar menjadi terhambat karena pembelajaran dilakukan secara online.

Dimana metode pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan keberadaan teknologi yang semakin canggih, namun tidak semua orang bisa langsung beradaptasi dengan hal ini.

Meski begitu, orang tua diminta lebih berperan mengajari anaknya selama di rumah. Ada banyak sistem pembelajaran yang digunakan saat pandemi, berikut beberapa diantaranya. 

Inilah 5 Sistem Pembelajaran Efektif Saat Pandemi

Ini Sistem Pembelajaran Efektif Saat Pandemi

1 – Daring Method atau Metode Jarak Jauh 

Saat ini berbagai lembaga belajar atau sekolah banyak yang sudah menerapkan Daring Method. Hal ini dilakukan untuk menyiasati kondisi yang serba tidak pasti ini.

Metode pembelajaran ini cukup efektif. Hal ini sesuai dengan pernyataan Kemendikbud bahwa daring method bisa mengatasi berbagai masalah yang ada selama masa pandemi, terutama siswa di kawasan zona merah.

Anda sebagai orang tua tidak perlu khawatir, karena metode ini bisa membuat anak atau siswa lebih aman dan kreatif.

Siswa bisa memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di rumah. Salah satu contoh adalah membuat konten dengan barang-barang yang ada di rumah sampai melakukan kegiatan pembelajaran dengan sistem online. 

SMA Dwiwarna selaku sekolah boarding school berkualitas di Indonesia juga mengupayakan yang terbaik untuk pembelajaran selama pandemi.

Ini dibuktikan dengan adanya sistem double track untuk para siswa-siswi.

Dengan adanya sistem double track ini, siswa di SMA Dwiwarna berpotensi mendapatkan pembelajaran gabungan dari kelas online dan offline. 

Sistem double track membagi persentase belajar di kelas sebesar 25% dan belajar dengan sistem online atau jarak jauh sebesar 75%.

Dengan menerapkan sistem ini diharapkan siswa siswi bisa mendapatkan pemahaman yang lebih baik lagi terhadap materi pembelajaran yang diajarkan meskipun harus belajar di rumah akibat pandemi.

Dengan begitu, output yang tercipta adalah prestasi yang tidak menurun akibat adanya perubahan sistem belajar selama pandemi. 

2 – Home Visit Method

Metode pembelajaran di masa pandemi selanjutnya yang sering digunakan adalah Home Visit Method. Metode pembelajaran ini mirip dengan pembelajaran model home schooling.

Guru atau tenaga pengajar akan datang ke rumah siswa pada waktu yang telah ditentukan.

Home visit method sangat cocok bagi siswa yang memiliki keterbatasan akses teknologi yang memadai. Guru akan datang dan menyampaikan materi pelajaran dengan tatap muka.

Komunikasi yang terjalin antara guru dan siswa bisa lebih konsentrasi dua arah, yakni guru menyampaikan materi dan siswa bisa menanyakannya apabila dirasa kurang jelas. 

3 – Blended Learning

Sistem pembelajaran efektif saat pandemi adalah blended learning. Metode pembelajaran Blended Learning menggunakan dua pendekatan sekaligus.

Adapun metode yang digunakan yaitu daring method dan tatap muka melalui video Conference. Meskipun menggunakan pembelajaran jarak jauh, namun guru dan siswa bisa melakukan interaksi satu sama lain. 

Menurut Kemendikbud, Blended Learning menjadi salah satu sistem pembelajaran yang cukup efektif apabila diterapkan saat pandemi.

Anda sebagai orang tua akan memiliki keuntungan tersendiri ketika sekolah menerapkan sistem ini.

Selain secara nyata meningkatkan kemampuan kognitif, siswa juga akan lebih semangat belajar karena adanya komunikasi dua arah antara guru dan siswa. 

4 – Project Based Learning

Seperti halnya sistem pembelajaran lain, Project Based Learning bisa menjadi pilihan di saat masa pandemi ini.

Sistem ini bertujuan memberi pelatihan kepada siswa untuk bisa bekerja sama, berkolaborasi, gotong royong dan memiliki empati satu sama lain.

Project based learning menjadi model pembelajaran daring yang efektif digunakan saat ini.

Sistem pembelajaran ini dapat diterapkan dengan membentuk kelompok kecil. Kelompok inilah yang nanti diberi tugas untuk mengerjakan project, eksperimen sampai inovasi.

Project Based Learning sangat cocok diterapkan di zona kuning atau hijau, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

5 – Luring Method

Sama halnya dengan sistem pembelajaran Project Based Learning, Luring Method juga dilakukan secara tatap muka. Sistem ini dapat diterapkan dengan memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan yang ketat.

Sistem ini cocok untuk wilayah zona kuning atau hijau dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yakni 3M.

Luring Method menerapkan pembelajaran secara bergilir atau shift model yang bertujuan untuk menghindari kerumunan.

Sistem ini diterapkan untuk menyiasati kurikulum pendidikan yang berbelit dan materi dapat disampaikan kepada siswa dengan baik.

Sistem ini juga direkomendasikan bagi siswa dengan sarana dan prasarana kurang memadai untuk sistem pembelajaran daring.

Penutup

Kegiatan belajar mengajar tidak berjalan secara efektif akibat masa pandemi Covid-19. Pada akhirnya pemerintah memutuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online.

Namun, untuk menjalankannya perlu menggunakan sistem pembelajaran yang tepat dan efektif.

Diharapkan dengan berbagai metode tersebut, siswa bisa tetap mendapatkan proses belajar mengajar yang baik dan optimal meski di tengah pandemi.

Sekedar informasi, SMA Dwiwarna telah membuka Tes Online Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan akan dilaksanakan pada tanggal 6 & 20 Februari 2021.

Anda bisa mendaftarkan putra – putri Anda di halaman ini.

SMA Dwiwarna juga akan mengadakan edufair untuk siswa / siswi kelas 12 yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri.

Edufair ini merupakan acara tahunan yang dikhususkan untuk internal dwiwarna saja. Yakni siswa / siswi dan para orangtua.

Tapi tahun ini, edufair ini akan dibuka untuk umum dan akan membahas tema “Mengenal Tipe Kepribadian & Pemilihan Jurusan di Perguruan Tinggi.”

Edufair ini dibagi ke menjadi 2 tahap. Dan tanggal 13 februari 2020 ini adalah edufair tahap akhir.

Informasi selengkapnya bisa dilihat di sini:

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *