Program Sekolah Unggulan yang Membantu Siswa Berprestasi

Beberapa Program Sekolah Unggulan

Beberapa Program Sekolah Unggulan

Setiap sekolah selalu memiliki program unggulan masing-masing. Dimana program unggulan yang dimiliki untuk mewadahi seluruh siswanya yang ingin mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga bisa berprestasi.

Keberadaan program sekolah unggulan menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki oleh suatu sekolah. 

Ada nilai plus dari orang tua siswa jika sekolah memiliki program unggulan. Tidak jarang program unggulan yang dimiliki suatu sekolah dijadikan orang tua sebagai indikator sekolah terbaik.

Sebenarnya apa saja contoh dari program unggulan tersebut?

Beberapa Contoh Program Sekolah Unggulan

Inilah Program Sekolah Unggulan

Jika Anda masih bingung memilih sekolah terbaik untuk sang buah hati, sebaiknya memilih sekolah yang memiliki banyak program unggulan. Inilah beberapa program unggulan tersebut.

  1. Kepemimpinan

Kepemimpinan merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain supaya melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan bersama.

Untuk melatih siswanya supaya memiliki jiwa pemimpin maka sekolah memiliki program kepemimpinan. 

Program yang satu ini pasti ada di semua sekolah tingkat SMA dan derajat.

Program unggulan dalam bidang kepemimpinan ini bertujuan sangat berguna untuk siswa, terutama yang memiliki cita-cita menjadi pemimpin negara.

Contoh program kepemimpinan yang dimiliki sekolah yaitu MPK, OSIS dan Rohis.

  1. Keagamaan

Seperti yang diketahui jika saat ini banyak anak muda yang krisis akhlak. Kondisi ini disebabkan oleh nilai-nilai agama yang mulai ditinggalkan karena dianggap tidak penting.

Tentu kondisi ini cukup memprihatinkan sehingga tidak boleh dibiarkan terlalu lama berlarut-larut.

Salah satu upaya yang dilakukan sekolah adalah dengan memiliki program keagamaan. Program ini didesain khusus supaya siswa bisa memperdalam dan mengembangkan bidang agama dan spiritual.

Program keagamaan memiliki peran dalam mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan akhlak sehingga menciptakan generasi yang berakhlak karimah.

Beberapa contoh program keagamaan seperti sholat lima waktu berjamaah, sholat Duha berjamaah, Tahfiz, Tahsin dan juga peringatan hari besar Islam.

  1. Pengabdian Kepada Masyarakat

Contoh program sekolah unggulan selanjutnya yaitu program pengabdian kepada masyarakat.

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan.

Program pengabdian kepada masyarakat dirancang khusus untuk melatih siswa supaya lebih peduli dengan masyarakat sekitar.

Mengikut program unggulan ini berarti siswa telah memberikan kontribusi nyata kepada bangsa Indonesia, terutama dalam hal mengembangkan kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.

Contoh dari program pengabdian kepada masyarakat, seperti pengobatan gratis, donor darah, pemberian santunan dan banyak lainnya.

  1. Kegiatan Ekstrakurikuler Kebangsaan dan Literasi  

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan pengetahuan, bakat dan minat yang dimiliki oleh siswa.

Artinya ekstrakurikuler membantu siswa untuk mengembangkan potensi sesuai dengan bakat dan minat masing-masing. Berikut beberapa contohnya:

1 – Ekstrakurikuler Kebangsaan 

Ekstrakurikuler pertama yaitu ekstrakurikuler kebangsaan. Ekstrakurikuler ini merupakan salah satu bentuk kecintaan siswa kepada bangsa dan negara. Meliputi paskibra, PMR, pramuka, dan pecinta alam

2 – Ekstrakurikuler Kebangsaan dan Literasi 

Bagi siswa yang menyukai  bahasa asing maupun dunia literasi disarankan untuk mengikuti ekstrakurikuler kebangsaan dan literasi. Ekstrakurikuler ini meliputi kartu tulis ilmiah remaja, English Club, Jepang Club dan Jerman Klub

3 – Ekstrakurikuler Kesenian 

Untuk mengasah keterampilan dan juga kreativitas siswa, biasanya sekolah membuka ekstrakurikuler kesenian untuk mewadahinya. Contohnya seperti paduan suara, seni tari, seni kriya, seni lukis, fotografi dan band.

4 – Ekstrakurikuler Olahraga 

Tidak kalah pentingnya, sekolah juga harus membuka ekstrakurikuler olahraga. Ekstrakurikuler ini ditujukan kepada siswa yang menyukai aktivitas fisik dan bercita-cita ingin menjadi atlet. Contohnya olahraga bulu tangkis, futsal, basket, renang, kempo dan wall climbing.

5 – Ekstrakurikuler Science dan Technology

Tidak hanya cukup dengan empat ekstrakurikuler yang disebutkan diatas.

Sekolah juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang bertujuan untuk melatih keterampilan siswa dalam bidang teknologi. Contohnya seperti programming, robotic dan science club. 

Nah itulah 4 contoh program sekolah unggulan yang membantu siswa berprestasi.

Diharapkan pembahasan diatas bisa membantu orang tua yang sedang bingung membantu anaknya mendapatkan sekolah yang memiliki banyak pilihan program unggulan.

Sekolah terbaik yang direkomendasikan adalah SMA Dwiwarna (Boarding School).

SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan salah satu sekolah islam terbaik yang bisa dipilih.

Sekolah ini tidak hanya menyediakan fasilitas memadai tetapi juga memiliki program unggulan yang membantu siswanya mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga bisa berprestasi.  

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *