Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi: 5 Hal Yang Harus Diketahui

Bagi kamu yang saat ini sudah duduk di bangku SMA, maka persiapan untuk masuk ke perguruan tinggi sudah menjadi hal yang harus kamu lakukan.

Sebab, ada banyak sekali persyaratan masuk perguruan tinggi yang harus kamu pahami dan siapkan nantinya.

Lalu, apa saja persyaratan yang harus disiapkan jauh-jauh hari untuk mendaftarkan diri ke perguruan tinggi? 

Ini Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Yang Harus Kamu Ketahui

Inilah Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi

Mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk masuk ke perguruan tinggi sejak lama berarti kamu bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari sebaiknya.

Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu ketahui:

1) Lulus Serta Memiliki Ijazah SMA Dan Sederajat

Persyaratan masuk perguruan tinggi yang pertama yaitu kamu harus sudah lulusan dari jenjang SMA dan sederajat. Sudah lulus SMA berarti kamu sudah memiliki ijazah.

Apabila kamu sempat putus sekolah sehingga tidak memiliki ijazah sebaiknya tidak perlu khawatir karena saat ini bisa menempuh pendidikan penyetaraan atau kejar paket. 

Untuk jenjang SMA berarti harus kejar paket C.

Setelah lulus dan memiliki ijazah berarti kamu bisa mendaftarkan di perguruan tinggi.

2) Lolos Seleksi Masuk 

Syarat untuk bisa menempuh pendidikan di perguruan tinggi tidak hanya memiliki ijazah SMA sederajat, tetapi juga harus lolos seleksi masuk.

Jika kamu ingin masuk di perguruan tinggi ada tiga jenis jalur masuk yang harus diketahui, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan seleksi mandiri.

Dimana jalur seleksi pertama yang bisa diikuti adalah SNMPTN. Apabila tidak lolos bisa ikut ke jalur SBMPTN. 

Biasanya SNMPTN diadakan bulan Januari-Februari. Seleksi melalui jalur ini dilakukan dari nilai rapor semester 1 hingga 5, prestasi non akademis, prestasi akademis, nilai UN, tingkat akreditasi sekolah dan jejak alumni.

Sedangkan jalur SBMPTN diadakan pada bulan Mei-Juni dan seleksinya dari hasil ujian tulis berbasis komputer. Sementara, jalur mandiri biasanya diadakan oleh lembaga pendidikan itu sendiri, pemerintah tidak campur tangan.

3) Batas Usia

Persyaratan masuk perguruan tinggi selanjutnya yaitu usia. Supaya bisa mendaftarkan diri di perguruan tinggi negeri maka usia ijazah kamu harus kurang dari 3 tahun saat ikut seleksi.

Apabila kamu mengikuti jalur mandiri beberapa PTN mensyaratkan usia ijazah 5 tahun. Namun, untuk perguruan tinggi swasta meniadakan batasan usia.

4) Memenuhi Kelengkapan Berkas Dan Membayar Biaya Masuk

Untuk daftar di perguruan tinggi, kamu juga harus memenuhi kelengkapan berkas.

Berkas-berkas yang diperlukan untuk mendaftar tidaklah ribet, seperti ijazah terakhir, Surat Keterangan Lulus (SKL), legalisir ijazah, KTP, akta kelahiran, KK, pas foto dan sebagainya. 

Syarat lainnya yaitu  harus membayar biaya masuk.

Biaya yang dikeluarkan untuk masuk kuliah ialah biaya pendaftaran, uang pangkal/dana pengembang/ uang gedung/sumbangan pendidikan. UKT semester 1 (untuk PTN) dan biaya sks semester 1 (untuk PTS).

5) Persyaratan Khusus

Persiapan masuk perguruan tinggi yang harus disiapkan salah satunya yaitu persyaratan khusus. Persiapan khusus tersebut, seperti:

  • Harus fasih berbahasa inggris untuk program internasional
  • Tidak boleh buta warna untuk jurusan film dan televisi, DKV, teknik, seni rupa, kedokteran, keperawatan dan sebagainya
  • Melampirkan portofolio untuk jurusan seni, olahraga dan lain-lain
  • Lancar membaca Al-Qur’an bagi yang beragama muslim
  • Dll

Penutup

Itulah persyaratan masuk perguruan tinggi yang harus diketahui. Setelah kamu mengetahui persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan bisa segera mempersiapkannya dengan baik supaya bisa diterima di perguruan tinggi impian.

Persiapan masuk ke perguruan tinggi memang sangat penting, sehingga membuat banyak sekolah juga memberikan persiapan matang kepada para siswa-siswinya, seperti SMA Dwiwarna (Boarding School). 

Salah satu SMA swasta terbaik di Indonesia ini akan membantu kamu masuk ke perguruan tinggi yang diimpikan.

Sebab, dalam kurikulumnya, ada berbagai persiapan untuk memasuki jenjang perguruan tinggi yang diberikan saat siswa siswi masuk ke kelas XII.

Jadi, tunggu apalagi?

Segera daftarkan diri kamu ke SMA Dwiwarna (Boarding School) sekarang juga! 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *