Cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah beserta Contohnya

Sejak awal pandemi proses pembelajaran tatap muka (PTM) ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di sekolah. Setelah kasus Covid-19 menurun, pemerintah mengizinkan pembelajaran tatap muka (PTM) kembali dilakukan. Namun, setiap sekolah harus tetap menerapkan protokol kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah (PHBS). Lalu, apa saja cara PHBS dan contohnya? Simak ulasannya berikut ini. 

Cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah 

Protokol kesehatan tidak hanya diberlakukan kepada siswa tetapi juga guru dan staf lainnya. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam pembelajaran tatap muka adalah penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan juga keselamatan seluruh siswa, guru dan warga sekolah lainnya. Inilah beberapa contoh dari PHBS: 

1. Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air yang Mengalir 

Tangan menjadi salah satu bagian tubuh yang bisa menyebarkan virus penyebab berbagai penyakit. Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut maka harus rutin mencuci tangan dengan air yang mengalir. Saat mencuci tangan jangan lupa untuk memakai sabun. Cuci tangan dengan benar dengan memastikan seluruh bagian tangan dicuci hingga bersih.

Kamu harus mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah batuk atau bersih, setelah menggunakan toilet, membuang sampah atau setelah menyentuh hewan dan sarana umum. Untuk mendukung perilaku ini, maka sediakan tempat cuci tangan dan sabun di gerbang sekolah, kantin, toilet, kelas dan tempat strategis lainnya. 

2. Mengkonsumsi Jajanan Sehat di Kantin Sekolah

Supaya kekebalan tubuh tetap terjaga dengan baik maka Kamu harus rutin mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Makanan atau minuman bergizi yang dikonsumsi juga berguna sebagai sumber energi, menjaga kesehatan tubuh, pertumbuhan serta mengganti sel-sel yang rusak. Salah satu upaya yang bisa dilakukan sekolah untuk membantu menjaga kesehatan siswa yaitu kantin sekolah menjual jajanan sehat dan bergizi. 

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah selanjutnya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Setiap sekolah harus menyediakan tempat sampah tertutup yang diletakkan di ruang kelas, kantin, halaman sekolah, selasar jamban dan tempat strategis lainnya. 

Keberadaan tempat sampah di berbagai tempat tersebut sebagai upaya untuk mendukung siswa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Pastikan tempat sampah tersebut selalu dikosongkan setiap hari agar tidak menjadi sarang penyakit. Bangun kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan kategorinya. 

4. Olahraga yang Teratur dan Terukur 

Olahraga yang teratur dan terukur penting untuk dilakukan setiap hari. Hal ini dikarenakan olahraga atau aktivitas fisik yang dilakukan sangat bermanfaat untuk kesehatan, seperti bisa meningkatkan kebugaran, mengendalikan tekanan darah, meningkatkan daya tahan tubuh dan masih banyak lagi. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan rutin jalan santai kurang lebih 15 menit setiap hari. 

5. Menggunakan Jamban yang Bersih dan Sehat

Setiap sekolah diharuskan untuk memiliki jamban yang bersih dan sehat. Alasannya karena jamban yang bersih dan sehat bisa mencegah terjadinya berbagai penyakit berbahaya. Supaya jamban tersebut tetap bersih berarti setiap hari harus selalu dibersihkan. Untuk siswa yang menggunakannya juga harus ikut menjaga kebersihan jamban, Jangan lupa menyiram jamban setelah menggunakannya.

Contoh Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Inilah beberapa contoh PHBS di sekolah, antara lain:

  • Memberantas jentik nyamuk
  • Tidak merokok di sekolah
  • Menimbang berat badan dan mengukur badan setiap bulan
  • Rajin olahraga
  • Pakai masker
  • Jaga jarak
  • Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi
  • Dan sebagainya

Nah, itulah informasi tentang cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah beserta contohnya. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat berarti PHBS tidak hanya diterapkan di sekolah saja tetapi juga di rumah atau tempat lainnya. SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan salah satu sekolah swasta terbaik di Indonesia. 

Dikatakan terbaik karena sekolah ini memiliki tenaga pendidik berkualitas yang selalu mendorong siswa untuk bisa mengembangkan potensi yang dimiliki. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu tersedianya fasilitas yang lengkap. Disini juga sudah dilakukan penerapan protokol kesehatan dan PHBS dengan ketat dan juga menyeluruh. Dengan begitu, perlindungan terhadap siswa siswi dan seluruh staff sekolah bisa maksimal.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *