Inilah Perbedaan TOEFL dan IELTS: Mana yang Lebih Penting?

Beberapa Perbedaan TOEFL dan IELTS

Beberapa Perbedaan TOEFL dan IELTS

Hidup di  era globalisasi ini menuntut kita untuk bisa memiliki potensi dan kemampuan mumpuni agar bisa bersaing dengan orang lain. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa asing terutama bahasa inggris.

TOEFL dan IELTS merupakan 2 macam tes untuk menguji kemampuan bahasa inggris kamu. Lalu dimana letak perbedaan TOEFL dan IELTS itu?

Meskipun sama-sama merupakan sistem pengujian terhadap kemampuan bahasa inggris namun  TOEFL dan IELTS memiliki perbedaan yang mendasar. Apa saja dan bagaimana perbedaan keduanya?

4 Perbedaan TOEFL dan IELTS

Ini Perbedaan TOEFL dan IELTS

TOEFL merupakan singkatan dari  Test of  English as Foreign Language sedangkan IELTS adalah International English Language Testing System.

Nah, simak perbedaan TOEFL dan IELTS secara komprehensif berikut ini.

1. Materi yang Diujikan

Perbedaan yang mencolok dari TOEFL dan IELTS adalah jenis bahasa yang digunakan. Kamu pasti sudah sering mendengar orang mengatakan bahasa inggris amerika dan inggris british. Nah, begitu juga dengan TOEFL dan IELTS tersebut.

TOEFL menggunakan bahasa inggris amerika atau bahasa inggris yang digunakan oleh orang Amerika dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan IELTS merupakan jenis bahasa inggris british atau Britania Raya, kamu mungkin mengenalnya dengan negara Inggris di Eropa.

2. Lingkup Penggunaan Hasil Tes

Perbedaan dari TOEFL dan IELTS selanjutnya dilihat dari seberapa besar skala dan lingkup penggunaannya. TOEFL dibagi menjadi 2 jenis yaitu Institutional Testing Program atau ITP dan internet Based Test atau iBT.

Jenis TOEFL ITP umumnya dipakai di Asia yang bisa diartikan juga bahwa hasilnya tidak bisa digunakan secara internasional.

Sementara TOEFL iBT lebih luas lagi karena berbasis internet jadi seluruh jawaban dari peserta tes akan langsung dikirimkan ke Educational Testing System (ETS) yang ada di Amerika sebagai penyelenggara TOEFL.

Sehingga hasilnya bisa digunakan secara internasional.

Lalu bagaimana dengan IELTS? Peserta ujian IELTS akan diberikan 2 pilihan modul yaitu modul akademik yang bisa digunakan untuk bersekolah di universitas luar negeri.

Modul yang kedua adalah pelatihan umum dimana peserta bisa sebatas menambah kemampuan non akademik saja ataupun untuk kebutuhan urusan imigrasi.

3. Cara Mengerjakan Tes

Tes pada ujian TOEFL ITP, kamu harus mengerjakan 3 jenis tes yaitu Listening, Structure and Written Expression serta Reading Comprehension.

Sedangkan pada ujian TOEFL iBS terdapat 4 sesi yaitu Reading, Listening, Speaking, serta Writing. Waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan tes sekitar 4 jam dan seluruh soal berupa pilihan ganda.

Berbeda dengan IELTS yang memiliki 4 sesi yaitu Speaking, Writing,Listening serta Reading menggunakan soal yang jawabannya harus ditulis tangan.

Pada sesi Speaking seluruh peserta ujian akan melakukan percakapan langsung selama 12 hingga 14 menit dengan topik tertentu dan menceritakan diri sendiri. Tes IELTS biasanya butuh waktu 2 jam lebih 45 menit.

Lebih susah mana antara TOEFL dan IELTS? Kamu tidak akan tahu jawabannya kalau belum pernah menjalani kedua tes tersebut.

4. Sistem Penilaian atau Skoring Tes

Penilaian hasil tes TOEFL diberikan dalam bentuk angka antara 0 sampai 677 untuk ITP, sedangkan skor TOEFL iBT adalah 0 hingga 120.

Sementara itu sistem penilaian dalam tes IELTS menggunakan skor pada masing-masing sesi. Setiap sesi akan diberikan skor 0 sampai 9.

Setelah itu nantinya jumlah skor total akan dibagi 4 untuk mendapatkan hasil rata-rata yang kisarannya tetap 0 hingga 9.

Itulah perbedaan TOEFL dan IELTS yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan tes tersebut secara langsung. Beberapa sekolah unggulan juga menyelenggarakan tes tersebut.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi siswanya dalam berbahasa asing. 

Kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk menjalani tes kemampuan bahasa inggris baik TOEFL atau IELTS kalau memilih sekolah unggulan seperti SMA Dwiwarna (Boarding School).

Di SMA Dwiwarna ada tes TOEFL dan IELTS yang nantinya akan sangat membantu siswanya untuk menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *