Pentingnya Memiliki Wawasan Kebangsaan dan Bernegara

Pentingnya memiliki wawasan kebangsaan memang harus disadari bagi setiap orang, termasuk para orang tua. Sebagai orang tua kita harus mengenalkan wawasan kebangsaan kepada anak sejak kecil.

Alasannya karena hal ini merupakan salah satu bentuk rasa cinta terhadap Indonesia.

Wawasan kebangsaan merupakan sudut pandang atau cara pandang masyarakat sebagai bagian dari bangsa terhadap diri dan juga lingkungannya dalam penyelenggaraan kehidupan bernegara.

Wawasan kebangsaan menjadi salah satu pilar penting keberhasilan masyarakat sebagai bangsa dalam mencapai tujuan bersama.

Sebagai masyarakat sebaiknya memang jangan hanya numpang hidup di negara ini saja melainkan juga harus ikut serta dalam merawat dan menjaga keutuhan bangsa.

5 Manfaat Memiliki Wawasan Kebangsaan

Ketahui Pentingnya Memiliki Wawasan Kebangsaan

Dari sedikit penjelasan diatas sudah bis diketahui jika wawasan kebangsan harus dimiliki setiap orang yang tinggal di negara ini. Berarti tidak hanya dimiliki orang dewasa melainkan juga anak-anak.

Mengenalkan wawasan kebangsaan sebaiknya memang dimulai sejak usia dini supaya dari kecil sudah ditanamkan rasa cintanya kepada negara dan selalu ikut serta menjaga keutuhan bangsanya.

Inilah beberapa manfaat memiliki wawasan kebangsaan:

1) Mengetahui Kondisi Wilayah Negara Indonesia

Di era saat ini banyak generasi muda yang sudah tidak mengetahui bagaimana kondisi wilayah negara Indonesia.

Perlu Anda kenalkan kepada buah hati bahwasanya secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua (benua Asia dan Australia) serta dua samudera (pasifik dan hindia).

Dari kondisi wilayah ini berarti Indonesia letaknya sangat strategis.

Dari letak geografis tersebut memberikan banyak pengaruh bagi keadaan penduduk Indonesia, seperti pekerjaan, ekonomi, perdagangan dan juga pola pemukiman.

Selain itu, Indonesia memiliki masyarakat yang beragam karena terdiri dari banyak suku, agama, budaya, bahasa, dan etnis. 

2) Untuk Mengetahui Kondisi Demografi Indonesia

Pentingnya memiliki wawasan kebangsaan pada anak selanjutnya yaitu anak menjadi tahu bagaimana kondisi demografi Indonesia.

Dalam hal ini Anda sedang mengenalkan kepada anak tentang kondisi kependudukan Indonesia.

Tidak hanya persoalan jumlah penduduknya tren pertumbuhannya, tetapi juga tentang bagaimana komposisi kelas sosialnya, ekonominya dan juga politiknya.

3) Mengetahui Sistem Politik yang Digunakan

Manfaat memiliki wawasan kebangsaan selanjutnya yaitu anak menjadi tahu sistem politik seperti apa yang sedang dianut oleh negara ini.

Sebelum tahun 1998 Indonesia sudah beberapa kali berganti sistem politiknya, namun sejak reformasi sistem politik yang dianut adalah demokrasi. 

Demokrasi ini berarti pemerintahan yang berasal dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat.

Artinya dalam pemerintahan rakyat turut serta memerintah melalui perantara wakilnya yang terpilih.

Wakil rakyat (DPR) tersebut dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilu. Sistem demokrasi ini menjadi landasan dalam pengambilan kebijakan politik.

4) Paham dan Mengerti tentang Sistem Hukum di Indonesia

Anda sebagai orang tua juga diharuskan untuk memberitahukan kepada anaknya mengenai sistem hukum yang diterapkan di Indonesia.

Dimana sistem hukum yang diterapkan merupakan perpaduan antara hukum agama, hukum adat dan juga hukum eropa.

Pengaruh hukum eropa pada sistem hukum Indonesia bukan tanpa alasan karena ratusan tahun Indonesia dijajah oleh Belanda.

Hukum yang ada di Indonesia ini bentuknya tertulis dan dirancang untuk mengatur hubungan antara satu individu dengan individu lainnya.

Sistem hukum bersifat mengikat dan juga menjadi dasar untuk melakukan segala sesuatunya sesuai dengan kaidah.

Berarti jika dilanggar harus siap mendapatkan sanksi hukuman.

5) Mengetahui Ideologi Negaranya 

ada buah hati. Dimana ideologi yang digunakan di Indonesia adalah Pancasila.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memperkenalkan nilai-nilai dari Pancasila tersebut. Seperti yang diketahui bahwasanya nilai-nilai dalam pancasila tersebut menjadi nyawa dari ideologi yang dianut oleh masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Memiliki wawasan kebangsaan berarti akan semakin mencintai negaranya.

Sekolah yang Anda pilih untuk buah hati juga akan berperan sangat penting dalam proses memupuk wawasan kebangsaan pada anak.

Maka dari itu, pilihlah SMA swasta terbaik seperti SMA Dwiwarna (Boarding School) yang juga membekali anak dengan wawasan kebangsaan yang baik. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *