Apa Arti Motto Gerakan Pramuka? Ini Penjelasannya

Pramuka adalah kegiatan ekskul wajib yang diikuti oleh siswa SMP dan SMA terutama yang baru duduk di kelas 1. Pramuka merupakan kegiatan yang sangat banyak manfaatnya terutama untuk mengasah karakter baik pada diri kamu. Motto gerakan Pramuka mengandung janji atau “Satya” yang harus dipegang dan ditaati oleh seluruh anggota Pramuka.

Cara menepati satya atau janji tersebut yaitu melalui pengamalan “Darma” yang jumlahnya ada 10 (sepuluh) butir. Adapun lambang gerakan Pramuka adalah tunas kelapa dimana kelapa adalah pohon yang seluruh bagiannya bisa diambil manfaatnya. Jadi menjadi anggota Pramuka harus bisa bermanfaat bagi diri sendiri, orang lain, alam sekitar dan masyarakat sosial.

Maksud dan Pengertian Motto Gerakan Pramuka

motto gerakan pramuka

Motto berarti semboyan yang dibuat agar bisa memberikan semangat pada seluruh anggota sebuah organisasi atau lembaga sesuai dengan apa yang menjadi visi dan misinya. Lalu apakah pengertian dan maksud motto dari gerakan Pramuka tersebut?

Pengertian motto gerakan Pramuka adalah semboyan yang dibuat untuk seluruh anggota Pramuka dalam rangka memberikan semangat sesuai dengan visi dan misi Pramuka. 

Sedangkan maksud dibuatnya motto tersebut berhubungan dengan manfaat yang akan didapatkan oleh seluruh anggota Pramuka. Manfaat dari motto Pramuka tersebut yaitu :

  1. Meningkatkan rasa percaya diri kepada setiap anggota Pramuka 
  2. Meningkatkan semangat untuk memberikan pengabdian kepada lapisan masyarakat, bangsa dan juga negara.
  3. Mempersiapkan peserta didik untuk mengamalkan Tri Satya serta Dasa Dharma Pramuka.
  4. Menumbuhkan serta menambah rasa bangga sebagai anggota Pramuka.
  5. Mempunyai budaya kerja yang berguna untuk melandasi pengabdian anggota Pramuka.

Maksud adanya motto gerakan Pramuka tersebut yaitu sebagai anggota Pramuka tidak hanya menghapalkan bunyinya saja tetapi harus diamalkan pada kehidupan sehari-hari. Contoh pengamalan tersebut misalnya mengadakan kerja bakti di lingkungan masyarakat sekitar.

Arti dan Makna Tunas Kelapa

Selain motto, gerakan Pramuka memiliki lambang berupa tunas kelapa yang diciptakan oleh seorang tokoh yang bernama Soenardjo Atmodipuro pada tahun 1961. Gambar siluet dari tunas kelapa tersebut mulai digunakan sejak 14 Agustus 1961 dimana tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pramuka setiap tahunnya. Tunas kelapa artinya apa? Tunas kelapa mengandung arti kiasan yang terdiri dari :

  • Buah nyiur yang sedang tumbuh atau cikal yang memiliki arti bahwa Pramuka sebagai inti dari tunas yang berperan sebagai penerus masa depan bangsa dan negara. 
  • Buah nyiur atau kelapa yang tahan lama artinya adalah anggota Pramuka harus mempunyai jasmani dan rohani yang kuat serta ulet.
  • Pohon nyiur atau kelapa yang menjulang tinggi berarti bahwa setiap anggota dari Pramuka haruslah mempunyai cita-cita tinggi.
  • Pohon kelapa bisa tumbuh dimana saja yang mempunyai arti bahwa semua anggota Pramuka mampu beradaptasi dimanapun mereka berada.
  • Kelapa atau nyiur memiliki akar kuat yang berarti bahwa menjadi anggota Pramuka harus bisa berpegang pada prinsip hidup yang kuat.
  • Kelapa atau nyiur serbaguna dimana artinya setiap anggota Pramuka harus bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat, alam, nusa, bangsa dan juga negara.

Tunas kelapa digunakan pada seluruh bendera, panji, papan nama dari kwartir dan satuan, tanda pengenal serta semua alat administrasi yang dipakai pada gerakan Pramuka.

Itulah arti dan maksud motto Pramuka. Motto gerakan Pramuka harus kamu pahami dan amalkan dalam kehidupan keseharian. Kamu harus bisa menjadi orang yang memiliki sifat dan karakter seperti lambang tunas kelapa. 

Kamu bisa menjadi anggota Pramuka pada satuan sekolah tapi tentu saja sebelumnya harus mengikuti proses seleksi masuk misalnya PPDB Boarding School dan menjadi siswa di SMA terbaik. Salah satunya adalah di Islamic Boarding School terbaik di Indonesia yaitu SMA Dwiwarna (Boarding School).

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *