Ini 5 Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Daring (Online)

Sejak terjadinya pandemi virus Covid-19 para siswa melakukan pembelajaran daring atau online dari rumah. Hanya saja, karena dilakukan dari rumah motivasi belajar daring pada diri siswa bisa menjadi sangat rendah. Siswa yang kurang motivasi akan cenderung bermalas-malasan dan lebih memilih bermain daripada melakukan belajar.

Jika hal seperti itu dibiarkan secara terus menerus tanpa adanya upaya untuk memperbaiki, bukan tidak mungkin prestasi siswa juga akan ikut menurun drastis. Meskipun saat ini sudah banyak sekolah yang mengadakan PTM namun masih ada siswa yang karena alasan tertentu tetap menjalani pembelajaran jarak jauh secara daring.

Cara untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Daring

Menurunnya motivasi belajar pada siswa akibat pelaksanaan belajar daring memang harus ditangani dengan tepat, supaya tidak menyebabkan menurunnya prestasi akademik. Guru sebaiknya mengetahui dan menguasai bagaimana cara untuk meningkatkan motivasi belajar online pada diri para siswa. Upaya menumbuhkan dan meningkatkan motivasi untuk belajar daring atau online pada siswa dapat dilakukan melalui beberapa cara berikut ini:

1. Gunakan Metode yang Beragam

Tidak jauh berbeda ketika memberikan pelajaran di dalam kelas jika guru menerangkan dengan metode yang begitu-begitu saja maka siswa akan mudah bosan. Rasa bosan mempengaruhi motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran tersebut. Siswa biasanya cenderung merasa malas jika harus mengikuti pelajaran yang membosankan.

Agar kondisi seperti ini tidak terjadi saat belajar daring maka guru dituntut untuk bisa menggunakan metode yang beragam. Gunakan komunikasi dua arah dimana guru bukan hanya menerangkan saja, tetapi juga melibatkan siswa dalam pembahasan sebuah materi.  Beri kesempatan siswa untuk bertanya ataupun melakukan diskusi agar lebih semangat mengikuti pelajaran.

2. Maksimalkan Penggunaan Media Belajar

Meningkatkan motivasi belajar daring pada diri siswa dapat juga dilakukan melalui penggunaan media belajar. Saat ini sudah cukup beragam media yang bisa dijadikan sarana pembelajaran seperti video, animasi, poster, powerpoint dan lain sebagainya. Penggunaan media belajar akan menambah semangat siswa untuk belajar sehingga mereka tidak mudah merasa bosan. 

3. Ciptakan Suasana Menyenangkan

Meskipun tidak dilakukan di kelas namun suasana belajar yang menyenangkan juga harus diciptakan supaya motivasi siswa bisa meningkat. Sebaiknya guru bukan hanya menerangkan materi saja, lalu memberikan tugas yang banyak kepada siswa. Ajak siswa untuk berperan aktif saat belajar dan bangun komunikasi yang menyenangkan dengan mereka.

Sesekali guru bisa memberikan contoh dalam kehidupan nyata sesuai materi yang disampaikan melalui cerita. Hal-hal seperti ini akan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan lebih enjoy dalam mengikuti pembelajaran. 

4. Apresiasi Pencapaian Siswa

Siswa akan merasa lebih bersemangat ketika dia merasa gurunya menghargai usaha belajarnya. Jangan segan-segan untuk menyampaikan pujian kepada para siswa yang mampu mendapatkan nilai bagus ataupun selalu menyelesaikan tugas tepat waktu.

Bukan hanya kepada siswa yang berprestasi saja guru memberikan perhatiannya. Guru yang baik adalah yang bisa memperlakukan siswanya dengan adil sesuai kapasitasnya. Berikan dorongan kepada siswa yang belum mampu meraih nilai bagus untuk terus belajar dan berusaha bukan menghukum ataupun memarahinya. 

5. Gunakan Fasilitas yang Ada

Supaya pembelajaran daring dapat dilaksanakan dengan lancar, memaksimalkan fasilitas yang tersedia seperti koneksi internet, Wifi dan komputer atau laptop. Motivasi belajar siswa bisa saja menurun karena proses belajar daring selalu terkendala dan tidak bisa berjalan dengan lancar sehingga mereka merasa terganggu.

Menumbuhkan serta meningkatkan motivasi belajar daring pada siswa secara tidak langsung juga berfungsi untuk mempertahankan prestasi akademis peserta didik meskipun harus belajar dari rumah. Oleh sebab itu, kemampuan guru juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan motivasi siswa tersebut. Guru yang kompeten mampu membantu siswanya untuk berprestasi maksimal sebagaimana di SMA Dwiwarna (Boarding School). 

Berbekal pengalaman sejak 1998 sekolah asrama di Bogor ini telah diakui SMA swasta unggulan. Terdapat fasilitas yang lengkap serta pengajar yang berkualitas. Keduanya bisa membuat siswa siswi bisa meraih prestasi dengan maksimal di sekolah. 

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.