Cara Membuat Ruang Belajar Yang Nyaman di Rumah

Selama pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung selama hampir setahun ini para siswa terpaksa melakukan kegiatan belajar mengajar di rumah secara daring.

Sayangnya, seringkali di rumah tidak tersedia ruangan khusus yang nyaman dan ideal untuk melakukan pembelajaran jarak jauh.

Padahal, ruangan atau tempat belajar juga memiliki peran yang besar terhadap kesuksesan belajar jarak jauh anak. Untuk itu, orang tua harus berpikir bagaimana cara membuat ruang belajar yang nyaman di rumah. 

Berikut ini adalah tips untuk membuat ruang belajar sederhana dan nyaman di rumah.

Berbagai Cara Membuat Ruang Belajar Yang Nyaman di Rumah

Kiat Jitu Membuat Ruang Belajar Yang Nyaman di Rumah

1 – Penataan Ruang Sesuai Kebutuhan Anak

Hal pertama yang harus Anda pikirkan sebagai orang tua adalah bagaimana membuat anak menjadi betah belajar di ruangan tersebut.

Oleh sebab itu sebisa mungkin penataan ruang belajar tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Agar bisa sesuai dengan kebutuhannya dan membuatnya merasa nyaman Anda harus tahu dulu bagaimana karakter anak. 

Perhatikan apakah dia termasuk anak yang nyaman berada di tempat sepi atau sebaliknya, si anak akan lebih fokus ketika dia mendengar suara-suara lainnya.

Kalau anak cenderung suka ruangan yang sepi dan tenang maka usahakan memilih tempat yang memang jarang dilewati anggota keluarga lainnya.

Sebaliknya kalau dia lebih nyaman belajar sambil mendengarkan suara lainnya makan Anda bisa membuatkan ruang belajar dekat dengan ruang keluarga.

2 – Terapkan Standar Ruang Belajar

Hal kedua yang harus diperhatikan dalam cara menata ruang belajar di rumah yaitu terapkan standar yang sudah pada umumnya.

Maksudnya adalah Anda bisa mendesainnya sesuai dengan lazimnya ruang untuk belajar dimana tidak ada perangkat elektronik seperti TV, PS dan sejenisnya.

Kalaupun memang dibutuhkan Anda bisa meletakkan laptop atau komputer di dalam ruangan tersebut sebagai fasilitas pendukung pembelajaran daring.

Berikan rak khusus untuk menyimpan buku-buku mereka agar tidak berceceran dimana-mana.

Anda juga bisa melibatkan anak untuk turut menata buku-buku belajarnya sekaligus mengajarkan kerapian.

3 – Pengaturan Ruangan yang Ergonomis

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sisi ergonomis dari penataan ruangan serta peletakan perabotan seperti meja, kursi, komputer dan sebagainya.

Pilih meja belajar yang tingginya setara dengan pinggang anak agar mereka lebih nyaman. Perhatikan posisi siku anak ketika sedang duduk apakah ada di atas meja atau posisinya sedikit terangkat. 

Meja yang tepat adalah ketika siku anak menempel sempurna di atas meja saat dia duduk.

Perhatikan juga kenyaman kursi yang digunakan yaitu seharusnya kaki anak bisa menyentuh lantai dengan rata. Kaki tidak berjinjit ataupun sebaliknya lutut ditekuk. 

Kalau ukuran kursinya tidak sesuai dengan tinggi si anak dan membuat kakinya tidak bisa nyaman maka anak akan cepat lelah.

Faktor ergonomi menjadi hal yang penting dalam cara membuat ruang belajar yang nyaman di rumah karena akan mempengaruhi kenyamanan.

4 – Perhatikan Pencahayaan di Dalam Ruangan

Pencahayaan adalah hal yang wajib di dalam ruang belajar sehingga Anda tidak boleh melewatkannya.

Jika di dalam ruangan tersebut memang cahaya matahari tidak bisa masuk maka tentu saja Anda harus menambahkan lampu yang cukup terang kalau perlu letakkan lampu baca di atas meja.

Sebaiknya pilih jenis lampu baca yang bisa diatur ketinggian dan posisinya sehingga kalau diperlukan bisa didekatkan pada buku ataupun komputer.

5 – Cat Tembok dengan Warna yang Menenangkan

Tanpa Anda sadari bahwa warna cat pada tembok akan mempengaruhi mood anak ketika belajar di ruangan tersebut.

Disarankan Anda memilih cat tembok dengan warna yang cenderung menenangkan seperti biru, kuning muda abu-abu dan lainnya.

Untuk menambah suasana menyenangkan tambahkan aksen-aksen minimalis pada tembok seperti gambar orang membaca, foto tumbuhan dan sejenisnya.

Penutup

Nah, itulah beberapa tips dan cara membuat ruang belajar yang nyaman di rumah agar anak bisa lebih konsentrasi.

Jika konsentrasi belajar anak tetap terjaga maka prestasinya akan tetap bagus meskipun harus belajar dari rumah. Selamat mencoba tips ini dan semoga bermanfaat!

Artikel ini dipersembahkan oleh SMA Dwiwarna Boarding School.

Sekedar informasi, SMA Dwiwarna telah membuka Tes Online Penerimaan Siswa Baru (PSB), dan akan dilaksanakan pada tanggal 6 & 20 Februari 2021.

Anda bisa mendaftarkan putra – putri Anda di halaman ini.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *