Cara SMA Dwiwarna (Boarding School) Membentuk Karakter dan Akhlak Siswa Siswi

Sebagai orang tua, tantangan terbesar saat membesarkan adalah membentuk karakter putra-putri kita. Tantangan ini makin jadi kompleks dengan mudahnya informasi yang membuat kita sebagai orang tua menjadi semakin sulit untuk mengawasi setiap informasi yang mereka terima, terutama lewat media sosial.

Untuk menghadapi tantangan ini, memilih sekolah yang memiliki sistem dan program yang baik guna membantu para orang tua untuk membentuk karakter adalah langkah yang sangat bijak.

Seiring dengan kebutuhan itu pula, SMA Dwiwarna (Boarding School) bertekad untuk dapat menjawab tantangan zaman dengan terus melakukan inovasi dan perbaikan agar proses membentuk karakter siswa-siswi bisa efektif dan menyenangkan bagi orang tua dan juga siswa-siswi itu sendiri.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan berbagai informasi tentang bagaimana cara untuk membentuk karakter anak kita dengan cara yang benar menurut SMA Dwiwarna (Boarding School).

Cara SMA Dwiwarna (Boarding School) Membentuk Karakter Peserta Didik

Sebagai sebuah sekolah asrama yang berkualitas, SMA Dwiwarna (Boarding School) telah menyusun berbagai program dan aktivitas yang bertujuan untuk membentuk karakter siswa-siswinya.

Dengan segala upaya tersebut, harapannya adalah orang tua dapat lebih percaya dan tenang ketika memilih SMA Dwiwarna (Boarding School). Berikut ini adalah cara-cara yang kami lakukan untuk membentuk karakter siswa dan siswi:

1. Program Pendidikan Karakter

SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki program pendidikan karakter yang terintegrasi ke dalam kurikulum. Tujuannya untuk membantu siswa memahami nilai-nilai karakter yang penting. Program ini mencakup pembelajaran etika, moral, dan spiritual, pengembangan kepribadian, pembinaan akademik, dan pembinaan keterampilan sosial. 

Melalui program ini, siswa belajar untuk menjadi pribadi yang jujur, beretika, mandiri, kreatif, dan inovatif. Salah satu bentuk nyatanya tertuang dalam program keputrian. Program ini dapat membantu siswa perempuan membangun kepemimpinan, keterampilan sosial, dan pengembangan karakter dan moral.

Selain itu, program keputrian juga memberikan pendidikan tentang kesehatan dan kecantikan, serta pembinaan akademik untuk membantu siswi meningkatkan kemampuan akademik mereka dan membangun kebiasaan belajar yang baik.

SMA Dwiwarna (Boarding School) juga memiliki program pengembangan keagamaan. Program ini terwujud dalam beberapa kegiatan seperti shalat berjamaah, duha bersama, peringatan Hari Besar Islam, dan Tahfiz atau Tahsin dan belajar membaca Al-Qur’an. 

2. Kegiatan Ekstrakurikuler

SMA Dwiwarna (Boarding School) menyediakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang dirancang untuk membantu siswa mengembangkan karakter dan keterampilan sosial. Beberapa kegiatan tersebut adalah english club, Karya Tulis Ilmiah Remaja, PMR, Pramuka, musik, teater, Jerman club, Japan Club, robotika, dan lain sebagainya. 

Kegiatan-kegiatan ini membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kerjasama, kreativitas, dan inisiatif. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler juga dapat membantu siswa untuk memperluas jaringan sosial dan meningkatkan keterampilan interpersonal mereka.

3. Pembinaan oleh Guru Pembimbing

Setiap siswa di SMA Dwiwarna (Boarding School) memiliki seorang guru pembimbing. Mereka akan bertanggung jawab untuk membimbing siswa dalam mengembangkan karakter yang positif. Guru pembimbing memonitor kemajuan akademik dan non-akademik siswa.

Selain itu, mereka juga memberikan saran serta dukungan untuk membantu siswa mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Para guru pembimbing juga dapat memberikan perhatian pribadi dan membantu siswa dalam mengembangkan sikap dan perilaku yang positif.

4. Lingkungan Belajar yang Positif

SMA Dwiwarna (Boarding School) menciptakan lingkungan belajar yang positif dan mendukung. Hal ini dilakukan dengan cara menciptakan aturan-aturan yang jelas, disiplin yang konsisten, dan menghargai perbedaan individu.

Lingkungan belajar yang positif ini membantu siswa untuk merasa aman dan nyaman. Alhasil, mereka bisa fokus pada pembelajaran dan perkembangan karakter dan meraih prestasi terbaik.

Itulah berbagai cara SMA Dwiwarna (Boarding School) untuk membentuk karakter siswa siswi. Perpaduan antara pembelajaran yang berkualitas, pengajar kompeten, pendidikan agama, dan pendidikan karakter yang maksimal membuat siswa siswi lulusannya menjadi manusia yang tidak hanya pandai, tapi juga berakhlak dan berkarakter.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp