Macam-Macam Hobi yang Bermanfaat untuk Pelajar

Setiap orang pastinya mempunyai hobi tertentu termasuk kamu. Ada macam-macam hobi yang jika kamu tekuni dengan serius bisa menjadi pekerjaan di masa depan. Contohnya hobi olahraga yang selalu dilatih dengan baik bisa saja mengantarkan seseorang menjadi atlet profesional suatu hari nanti. Oleh sebab itu, pastikan bahwa hobi kamu adalah sesuatu yang bagus dan bermanfaat.

Apa itu hobi? Hobi memiliki pengertian sebagai suatu kegiatan yang dikerjakan di waktu luang dan menjadi sebuah kegemaran ataupun kegemaran. Biasanya orang sangat bersemangat saat melakukan apa yang menjadi hobinya tersebut karena bisa mendatangkan rasa senang, bahagia, dan puas.

Hobi yang Bermanfaat untuk Pelajar

Apakah kamu mempunyai kesenangan dan kegemaran terhadap sesuatu dan merasa senang saat melakukannya? Jika iya mungkin saja itu adalah hobi kamu. Nah, sebaiknya kamu mempunyai hobi yang bagus agar bisa mendatangkan manfaat untuk sekarang dan masa depan. Inilah contoh-contoh hobi yang dapat membawa manfaat bagi kehidupan kamu sebagai pelajar saat ini serta masa depan nantinya:

1. Membaca

Buku adalah jendela ilmu begitu sebuah kalimat bijak mengatakannya. Selain itu membaca menjadi perintah pertama dari Allah SWT melalui Rasulullah Nabi Muhammad SAW kepada umatnya. Artinya, membaca adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan karena akan membuat kita jadi belajar dan mengerti banyak hal.

Sebagai pelajar kamu bisa mengembangkan hobi membaca selain buku-buku pelajaran. Baca semua buku yang kamu sukai agar bisa menambah wawasan dan pengetahuan. Bagaimana kalau tidak mempunyai buku? Kamu bisa membaca berbagai jenis buku di perpustakaan sekolah, toko buku dan lain-lain.

2. Menulis

Hobi yang menambah wawasan selain membaca adalah menulis. Mengapa? Karena saat menulis kamu pastinya membutuhkan referensi dari buku, jurnal, artikel dan sumber-sumber lainnya. Secara tidak langsung kegiatan tersebut juga akan menambah pengetahuan tentang hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya.

3. Menggambar

Kamu suka menggambar? Mengapa tidak dikembangkan saja sebagai hobi yang serius siapa tahu nantinya bisa menjadi pelukis terkenal. Hobi menggambar bisa juga mengantarkan kamu menjadi seorang arsitektur, desainer baju, desainer grafis, copywriter dan lain sebagainya.  Tahukah kamu bahwa profesi-profesi yang disebutkan di atas sangat dibutuhkan di masa depan.

4. Olahraga 

Hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan di waktu senggang. Jadi kalau kamu main sepak bola, futsal, berenang, jogging dan olahraga lainnya di kala senggang besar kemungkinan itu adalah hobi. Mulai sekarang kenali jenis olahraga apa yang paling kamu sukai dan membuat kamu merasa senang lalu latih dengan serius. Kamu bisa ikut ekstrakurikuler di sekolah ataupun menggunakan pelatih profesional. Siapa tahu nantinya kamu menjadi atlet kebanggaan Indonesia yang menjadi juara di pertandingan level dunia.

5. Main Game

Hobi main game sebenarnya tidak selalu berdampak negatif selama kamu tahu kapan waktunya untuk bermain dan tidak mengganggu jam belajar. Apalagi sekarang ini di dunia telah ada pertandingan esport yaitu pertandingan game yang bisa diikuti secara profesional layaknya atlet.

Jadi kalau kamu merasa senang main game online jangan takut untuk selalu melatihnya dengan catatan tidak boleh mengganggu jadwal belajar. Pemain game profesional juga bisa mendapatkan penghasilan dari pertandingan jika mampu mengalahkan lawannya. Contoh manfaat main e-sport adalah melatih konsentrasi serta meningkatkan koordinasi motorik terutama mata dan tangan. 

Nah, diantara macam-macam hobi di atas mana yang merupakan kegemaran kamu? Salah satu tempat yang tepat untuk melatih hobi kamu adalah sekolah yang memiliki berbagai fasilitas lengkap seperti SMA Dwiwarna (Boarding School). Contohnya seperti perpustakaan dengan koleksi buku yang lengkap supaya kamu bisa mengasah hobi membaca dan menulis.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.