Kompetensi Guru Abad 21 Ini Harus Dimiliki di Era Digital

Guru di era digital abad 21 sekarang ini memiliki tanggung jawab dan tantangan yang berat. Guru dituntut untuk memiliki kompetensi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Kompetensi guru abad 21 sudah sangat jauh berbeda daripada guru pada tahun 1990-an. Guru-guru di abad 21 ini bukan hanya wajib menguasai materi pembelajaran tetapi juga harus melek teknologi.

Materi pembelajaran kelas di era digital ini tidak hanya guru sampaikan melalui buku, catatan ataupun penjelasan lisan saja. Guru seringkali harus menggunakan media ajar dengan teknologi modern dalam menyampaikan materi pelajaran. Suasana pembelajaran kelas yang interaktif lebih mudah siswa terima dan tidak membosankan bagi anak-anak generasi Alpha.

Jenis Kompetensi Guru di Abad 21

Agar bisa sesuai dengan perkembangan zaman dan kondisi anak-anak generasi Alpha, maka guru di abad 21 ini harus memiliki kompetensi khusus. Inilah beberapa jenis kompetensi yang harus guru kuasai pada abad 21: 

1. Menguasai Bahan Pengajaran

Tidak ada alasan bagi para guru untuk tidak menguasai bahan pengajaran yang akan mereka berikan kepada siswa. Guru harus benar-benar memahami semua materi yang nantinya akan mereka berikan kepada anak didik di kelas.

2. Mengelola Program dalam Kegiatan Belajar Mengajar

Guru juga harus mampu menetapkan apa tujuan dari pembelajaran yang ada serta mengembangkan materi pembelajaran. Selain itu, guru juga harus mampu memilih dan mengembangkan strategi yang mereka gunakan dalam memberikan pelajaran kepada anak didik.

3. Mengelola Kelas

Bukan hanya sekedar memberikan materi pelajaran saja kepada siswanya, guru hendaknya mampu mengelola kelas. Guru yang kompeten mampu menjaga suasana kelas tetap kondusif selama berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.

4. Menggunakan Media dan Sumber Pengajaran

Kompetensi guru abad 21 lainnya adalah bisa menggunakan media dan sumber pengajaran yang nantinya akan siswa dapatkan. Sumber pengajaran tidak lagi hanya berasal dari buku manual tetapi juga bisa dari internet dan lainnya.

Begitu juga dengan media ajar yang digunakan, tidak hanya menjelaskan materi di papan tulis tapi juga memakai berbagai alat modern. Media ajar yang dipakai bisa berupa audio, visual maupun gabungan keduanya. Guru dapat menyampaikan materi melalui slide power point, video dan sebagainya supaya siswa lebih mudah memahami pelajaran.

5. Menguasai Dasar Kependidikan

Guru hendaknya memahami apa yang menjadi tujuan pendidikan nasional, fungsi sekolah didalam masyarakat, mengerti psikologi pendidikan dan sebagainya. Semua itu kemudian digunakan dan diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

6. Mengelola Interaksi dalam Pembelajaran

Dalam hal ini guru harus bisa menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas selama jam pelajaran dan mengajak siswa untuk aktif agar lebih semangat dalam belajar. Guru sebaiknya mampu memancing semangat belajar siswa agar pengetahuannya bertambah dan mengeksplorasi apa yang mereka ketahui.

7. Memberikan Penilaian Prestasi Belajar Siswa

Selain dapat menciptakan suasana kondusif dalam pembelajaran, guru juga wajib memberikan penilaian terhadap hasil belajar siswa. Hasil belajar akan teruji melalui ulangan harian ataupun UTS dan UAS. Penilaian terhadap prestasi siswa tersebut bertujuan agar mengetahui seberapa efektif metode pengajaran yang telah diberikan selama ini.

Memberikan penilaian kepada siswa berguna juga untuk menyusun strategi pembelajaran yang akan guru berikan selanjutnya. Apakah ada yang harus diganti atau semuanya sudah sesuai dengan tujuan pendidikan.

Kompetensi guru abad 21 sangat penting agar dapat membentuk siswa menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan di era digital ini. Guru harus bisa mempersiapkan anak didik untuk menjadi generasi yang mampu mengikuti perkembangan teknologi dan menerapkannya sebagai penunjang pembelajaran. Guru abad 21 mampu menciptakan situasi pembelajaran yang kondusif dan interaktif di kelas.

SMA Dwiwarna (boarding school) adalah salah satu sekolah berkualitas yang ada di Parung, Bogor. Sekolah ini tidak hanya memiliki fasilitas pendidikan yang lengkap, tetapi juga guru yang berkompetensi tinggi. Hal ini terbukti dengan banyaknya prestasi yang berhasil guru SMA Dwiwarna (boarding school) dapatkan. Dengan kompetensi tersebut, proses pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal dan efektif.

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp