Inilah Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

Berbagai Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

Berbagai Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

Bisa jadi kamu sudah sangat tertarik ingin sekolah di boarding school. Tapi kamu masih penasaran tentang benefit apa saja yang akan didapatkan.

Jangan khawatir, karena di tulisan kali ini kami akan menjelaskan tentang keuntungan menjadi siswa boarding school.

Boarding school adalah sebuah sekolah dimana juga terdapat program asrama di dalamnya. Ini membuat setiap siswa yang ada di sekolah tersebut juga tinggal di sana.

Popularitas boarding school memang semakin meningkat lantaran banyak orang tua yang tidak hanya ingin memberikan pendidikan berkualitas kepada anaknya.

Namun, mereka juga ingin melatih kemandiriannya. Selain itu, ada banyak sekali keuntungan menjadi siswa boarding school.

Berbagai Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

Berbagai keuntungan tersebut lebih kepada proses pengembangan dan pembentukan diri dari siswa boarding school, yang memang cenderung lebih matang dibandingkan siswa sekolah biasa.

Menurut hasil sebuah studi yang dipublikasikan di The Global Scholars, siswa lulusan boarding school cenderung memiliki peluang yang lebih besar untuk sukses di kehidupan kampus dan di kehidupan dewasa mereka.

Berikut ini adalah berbagai keuntungan yang akan didapatkan:  

Inilah Keuntungan Menjadi Siswa Boarding School

1 – Melatih Siswa untuk Mandiri 

Seperti yang sedikit diulas diatas, bahwasanya orang tua memilih menyekolahkan anaknya di boarding school supaya anaknya bisa belajar hidup mandiri.

Sekolah berasrama ini mengharuskan siswa untuk terpisah dari kedua orang tua, saudara, dan juga orang terdekat lainnya.

Orang tua akan memberikan sejumlah uang yang dibutuhkan oleh anaknya. Uang yang diberikan nantinya akan membuat anaknya belajar untuk mengelola keuangannya dengan baik.

Selain itu, siswa juga akan belajar mengatur barang-barang miliknya. Secara tidak langsung siswa akan belajar tanggung jawab kepada dirinya sehingga lebih mandiri.

2 – Bisa Mengembangkan Potensi Diri Secara Maksimal

Sekolah berasrama atau boarding school memang memisahkan siswa dari orang tuanya.

Terpisah jauh dari orang tua akan membuat siswa belajar mengambil keputusan sendiri dengan cepat. Terutama dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

Sekolah berasrama menyediakan fasilitas penunjang yang lengkap sehingga bisa digunakan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Bahkan sumber belajar boarding school cukup beragam.

Ada beberapa mata pelajaran dan olahraga yang tidak dimiliki oleh sekolah umum lainnya, pastinya didukung dengan tenaga pendidik kompeten di bidangnya.

3 – Hidup Lebih Teratur

Keuntungan menjadi siswa boarding school selanjutnya yaitu hidup menjadi lebih teratur.

Hal ini dikarenakan segalanya mempunyai aturan dan semua kegiatan terjadwal dengan baik. Misal waktu untuk tidur, bangun tidur, mandi, makan, belajar di kelas, sholat dan sebagainya.

Penjadwalan yang dibuat akan mendidik siswa untuk hidup lebih teratur.

Selain itu, juga menjadi lebih selektif dalam menggunakan waktu yang dimiliki. Pastinya dalam satu hari penuh dengan kegiatan yang positif.

4 – Lingkungan yang Kondusif

Boarding school atau sekolah berasrama mengharuskan semua elemen yang ada di dalamnya untuk terlibat dalam proses pendidikan.

Artinya tidak hanya tenaga pendidik dan siswa saja yang terlibat, melainkan juga staf yang bekerja di sekolah tersebut.

Siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran di kelas saja, tetapi juga melihat langsung praktek kehidupan di berbagai aspek.

Guru tidak hanya dilihat di dalam kelas, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya di samping belajar teoritis tetapi juga mengimplementasikan teori yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

5 – Hemat Biaya Transportasi

Disadari atau tidak, butuh biaya cukup banyak untuk transportasi jika setiap hari harus pulang pergi dari rumah ke sekolah, begitupun sebaliknya.

Tidak hanya membutuhkan biaya, tetapi juga menghabiskan banyak waktu di perjalanan. Jika memilih sekolah berasrama, waktu tersebut bisa digunakan untuk aktivitas lainnya.

Misalnya olahraga, mendengarkan musik, ngobrol dengan siswa lainnya, makan, mengaji dan masih banyak aktivitas lainnya.

Biaya transportasi untuk pulang pergi bisa digunakan untuk biaya kebutuhan lainnya.

Sekedar informasi, salah satu boarding school terbaik di Indonesia adalah SMA Dwiwarna Boarding School.

Sekolah ini berlokasi di Bogor dan memiliki visi dan misi menjadi sekolah pendidikan yang terbaik dalam membangun manusia yang cerdas, berakhlak mulia dan berjiwa kebangsaan.

Didirikan sejak tahun 1998, SMA Dwiwarna juga sudah berhasil meluluskan alumni yang memiliki kompetensi dan kematangan yang baik.

Hal ini dibuktikan dengan para alumni yang ada di SMA Dwiwarna yang banyak berhasil memasuki jenjang perguruan tinggi di Indonesia.

Dengan catatan baik inilah mengapa bersekolah di boarding school menjadi alternatif yang sangat baik untuk pendidikanmu.

Yuk, segera daftar di SMA Dwiwarna sekarang juga!

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *