Ketahui Dampak Positif dan Negatif Handphone bagi Pelajar

Banyak orang yang beranggapan bahwa pelajar yang menggunakan HP merupakan suatu hal yang tidak baik. Padahal menggunakan HP tidak hanya memberikan dampak negatif saja, tetapi juga akan merasakan dampak positifnya. Jika kamu ingin merasakan dampak positifnya maka harus menggunakannya dengan bijak. Lantas, apa saja dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar? Simak jawabannya dibawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Handphone Bagi Pelajar 

1. Meningkatkan Pengetahuan

Dampak positif handphone bagi pelajar yang pertama adalah bisa meningkatkan pengetahuan. Kamu bisa memanfaatkan HP untuk mencari informasi tentang mata pelajaran dengan mudah. Informasi mengenai suatu mata pelajaran bisa didapatkan melalui mesin pencari Google. Dimana informasi yang ada di Google bisa diakses dengan mudah dan pastinya gratis. 

Meski informasi mengenai materi mata pelajaran bisa diperoleh melalui Google tetapi kamu harus lebih selektif. Hal ini dikarenakan informasi yang ada di Google sebagian tidak akurat sehingga perlu untuk mengecek keakuratannya terlebih dahulu. Kamu juga bisa mendapatkan informasi berbagai materi mata pelajaran melalui aplikasi pendidikan. Dengan begini banyak pengetahuan baru yang akan kamu dapatkan serta tugas yang diberikan guru bisa dikerjakan dengan baik. 

2. Mempermudah Komunikasi 

Dampak positif HP yang satu ini tidak hanya dirasakan oleh pelajar saja melainkan juga semua pengguna HP. Saat ini komunikasi antara guru, pelajar dan orang tua dilakukan melalui grup yang tersedia di aplikasi komunikasi, seperti telegram, WhatsApp atau Line. Komunikasi seperti ini sangat membantu ketiga pihak terutama saat pembelajaran online.

Komunikasi melalui grup bisa mencegah terputusnya informasi serta informasi yang diberikan guru bisa diketahui semua anggota grup tanpa harus mengirim pesan berantai. Keberadaan HP juga mempermudah proses pembelajaran online yang diberlakukan saat pandemi. Kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas bisa dikerjakan dimana saja. 

3. Mempertajam Kemampuan Mengingat

Dampak positif HP bagi pelajar berikutnya yaitu bisa mempertajam kemampuan mengingat. Dampak positif ini bisa dirasakan karena HP bisa digunakan untuk mengambil gambar, merekam dan mencatat semua mata pelajaran yang diberikan. Catatan mata pelajaran tersebut bisa mempermudah kamu saat kembali mempelajarinya di rumah.

Dengan begini maka penggunaan HP bisa mempermudah proses belajar sebelum ujian. Bahkan saat mengerjakan tugas bisa mendengarkan kembali materi pelajaran yang sedang dijelaskan. Selain itu, pemahaman materi bisa lebih mudah karena semua penjelasannya sudah disimpan di HP sehingga bisa dipelajari dimana saja.

4. Tidak Fokus Belajar

Tidak fokus belajar menjadi salah satu dampak negatif handphone bagi pelajar. Hal ini dikarenakan saat proses belajar berlangsung kamu bisa melakukan aktivitas lain dengan HP tersebut. Misalnya bermain games, membuka pesan masuk, atau membuka media sosial. Awalnya berniat hanya melakukan aktivitas tersebut sebentar tetapi kenyataannya tidak demikian sehingga penjelasan guru banyak yang terlewatkan.

5. Prestasi Akademik Menurun

Handphone yang tidak digunakan dengan bijak akan memberikan banyak dampak negatif, terutama bagi pelajar. Menggunakan HP secara berlebihan akan membuat penggunanya menjadi kecanduan sehingga waktu yang dimiliki habis untuk memainkannya. Jika sudah kecanduan kamu menjadi malas belajar. Akibatnya prestasi akademiknya menjadi menurun. Terlalu  sering menggunakan HP juga menyebabkan kesulitan dalam mengingat ataupun menangkap informasi. 

Itulah 5 dampak positif dan negatif handphone bagi pelajar. Sebenarnya ada banyak dampak positif yang bisa didapatkan jika menggunakan HP dengan bijak. Akan tetapi, jika berlebihan menggunakannya maka akan merasakan banyak kerugian. Oleh karena itu, gunakan HP dengan bijak dan tahu batasannya.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *