Pernahkah Anda mendengar istilah kalimat persuasif? Jika Anda belajar mata pelajaran bahasa Indonesia tentu pernah mempelajari kalimat persuasif. Selain mempelajari pengertiannya, Anda tentu pernah tahu contoh kalimat persuasif.
Biasanya kalimat persuasif dibuat atau disusun semenarik mungkin sehingga bisa mempengaruhi pembaca. Kalimat ini biasanya digunakan dalam pembuatan iklan suatu produk. Buat Anda yang pengen lebih dalam mempelajari kalimat persuasive bisa menyimak ulasannya berikut ini.
Pengertian Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah suatu kalimat yang berfungsi untuk mengajak, meyakinkan, merayu ataupun membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu. Kalimat persuasif sendiri bisa Anda temukan dalam berbagai teks.
Contohnya adalah kalimat yang ditemukan pada iklan media sosial atau televisi. Untuk bisa menarik minat banyak pembaca, biasanya kalimat persuasif ini disusun semenarik mungkin.
Biasanya kata-kata yang digunakan pada kalimat persuasif ini menggunakan kata-kata bermakna perintah tetapi kata-kata tersebut digunakan secara tersirat sehingga terkesan tidak ada unsur memaksa.
Adapun tujuan utama kalimat persuasif adalah untuk membujuk pembaca agar mau mengikuti suatu ajakan. Kalimat persuasif memang sering digunakan untuk bahan promosi atau kampanye suatu barang atau hal.
Ciri-Ciri Kalimat Persuasif
Setelah mengetahui pengertian kalimat persuasif, selanjutnya Anda juga harus tahu ciri-ciri kalimat ini. Tujuannya agar Anda tidak salah dalam menyebutnya. Berikut beberapa ciri-cirinya:
1. Bermakna Ajakan
Seperti yang dijelaskan diatas jika kalimat persuasif ini bertujuan untuk membujuk pembacanya sehingga memiliki makna ajakan kepada pembaca untuk melakukan sesuatu. Contohnya yaitu Anda membeli suatu produk melalui iklan di media sosial.
2. Menggunakan Kata-kata Ajakan
Dalam kalimat persuasif, penulis akan menggunakan kata-kata ajakan. Contoh kata-kata ajakan yang dimaksud adalah yuk, mari, ayo dan kata-kata ajakan lainnya.
3. Menambah Tanda Seru
Ciri-ciri kalimat persuasif selanjutnya adalah terdapat tanda seru. Tujuan digunakannya tanda seru dalam kalimat persuasif adalah untuk mengakhiri ungkapan ataupun pernyataan berupa perintah atau seruan.
4. Erat Kaitannya dengan Kegiatan Promosi
Di dalam kegiatan promosi, kalimat persuasif ini digunakan sebagai bahan untuk menawarkan suatu produk ataupun jasa kepada khalayak ramai. Dengan begitu, produk atau jasa yang ditawarkan diketahui banyak orang.
5. Disampaikan secara Kreatif
Kalimat persuasif dalam suatu promosi biasanya disampaikan secara kreatif. Tujuannya supaya pembaca lebih tertarik untuk melakukan sesuatu atau terbukuk untuk membeli atau menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan dalam kegiatan promosi tersebut.
Contoh Kalimat Persuasif
Berikut ini beberapa contoh kalimat persuasif yang harus Anda ketahui:
- “Yuk, dukung dan beli produk-produk buatan Indonesia”
- “Ayo, jaga kebersihan lingkungan sekitarmu”
- “Mari, gunakan hak suaramu untuk desa Gembira yang lebih baik!”
- “Ayo, dukung atlet-atlet Indonesia di Olimpiade”
- “Mumpung Promo, kita ajak teman-teman ke Kampung Coklat yuk!
- “Lebih hemat! Beli kuota 15 Gb Cuma 20 ribu rupiah!”
- “Ayo, tingkatkan gaya hidup sehat” Kurangi gula perbanyak sayur dan buah”
- “Mari beli produk-produk ramah lingkungan agar bumi terjaga!”
- “Yuk, biasakan menabung sejak kecil agar masa depanmu cerah”
- “Mari bersama-sama dukung UMKM lokal agar ekonomi Indonesia semakin kuat”
- “Cintailah produk-produk buatan Indonesia!”
- “Yuk, biasakan memakai helm saat berkendara”
Nah itulah informasi dan penjelasan lengkap tentang kalimat persuasif beserta contohnya. Kalimat persuasif merupakan salah satu materi dalam Pelajaran bahasa Indonesia. Ada banyak manfaat belajar bahasa Indonesia yang akan Anda rasakan.
Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu mata Pelajaran yang dipelajari di berbagai sekolah di Indonesia, tanpa terkecuali SMA Dwiwarna (Boarding School. Sekolah berasrama ini juga mempelajari pelajaran lainnya.