6 Cara Mudah Mengingat Pelajaran, Simak Rahasianya!

Selain pelajaran yang merupakan ilmu pasti dimana banyak terdapat rumus-rumus, di sekolah juga terdapat materi berupa hafalan seperti sejarah, IPS dan sebagainya. Kamu merasa sangat kesulitan ketika harus menghapal pelajaran? Kalau iya mungkin saatnya kamu menerapkan trik dan cara mudah mengingat pelajaran supaya saat ulangan atau ujian bisa mengerjakannya dengan baik.

Menghapal sesuatu erat kaitannya dengan kemampuan seseorang dalam mengingat. Sementara itu daya ingat antara satu orang dengan lainnya bisa sangat berbeda sehingga perlu dilakukan trik khusus. Ada orang yang sudah bisa mengingat dan menghafal hanya dengan sekali saja mendengarkan namun tidak sedikit juga yang harus menuliskannya supaya tidak lupa.

Trik dan Cara Mudah untuk Mengingat Pelajaran

Terdapat beberapa cara dan metode yang bisa kamu coba lakukan supaya bisa mengingat pelajaran yang disampaikan guru. Inilah cara dan metode yang dimaksud tersebut.

1. Menulis Tangan

Kamu akan lebih mudah mengingat dan menghafal sesuatu ketika menuliskannya. Tidak ada salahnya kamu menulis ulang apa saja materi yang disampaikan guru agar seluruh materi terserap dengan baik.  Menurut Kenneth Kiewra, seorang psikolog dari Universitas Nebraska, menulis dengan tangan menstimulasi kinerja otak yang berkaitan erat dengan kemampuan mengingat. Otak lebih mudah merekam apa yang ditulis oleh tangan dibandingkan yang tidak. Jadi rajin-rajinlah untuk membuat catatan dan rangkuman pelajaran ya.

2. Menandai Poin Penting

Saat mencatat dan menulis sesuatu jangan lupa untuk memberikan tanda pada apa yang menjadi poin pentingnya. Buat tanda dengan menggunakan stabilo atau spidol supaya lebih mudah ditemukan. Lakukan hal yang sama pada buku pelajaran sehingga dengan begitu materi tersebut lebih mudah untuk diingat. Kata-kata kunci ataupun poin penting dalam catatan akan lebih mudah masuk dan tersimpan pada memori otak kita.

3. Mengulang-ulang Informasi

Cara mudah mengingat pelajaran juga bisa dilakukan dengan mengulang-ulang informasi. Mungkin kamu pernah melihat orang yang saat berjalan mulutnya sambil bergumam bisa jadi dia memang sedang menghafalkan sesuatu. Kamu bisa melakukan hal yang sama yaitu dengan selalu mengulang-ulang hafalan dimanapun dan kapanpun sehingga informasi yang diterima otak menjadi lebih mudah diingat.

4. Membaca dengan Suara Keras

Kamu juga pasti pernah mendengar orang membaca sesuatu dengan suara yang keras. Tahukah kamu bahwa hal tersebut efektif untuk mengingat apa yang dibacanya tersebut.  Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan pada tahun 2017 ditemukan fakta bahwa membaca dengan suara keras dan lantang membantu seseorang lebih mudah mengingat sebuah informasi. Penasaran? Silahkan kamu coba dan buktikan sendiri.

5. Membuat Rekaman

Tidak ada salahnya kamu membuat rekaman setiap guru memberikan materi pelajaran di kelas terutama kalau kamu adalah tipe audio. Cara lainnya yaitu baca catatan pelajaran sambil kamu merekamnya. Nah, nanti ketika akan ujian atau ulangan kamu tinggal memutar rekaman tersebut sebagai cara untuk belajar.

6. Tidur yang Cukup

Meskipun tampak seperti tidak ada hubungannya namun nyatanya jam tidur yang cukup membantu otak untuk lebih mudah mengingat. Tidur di waktu yang tepat mempengaruhi kelincahan otak serta membantu mengatasi stres dan kelelahan. Waktu tidur yang cukup untuk kelompok umur yang berbeda tentunya juga tidak sama. Secara umum perhitungan durasi tidur yang bagus berdasarkan kelompok usia dibagi menjadi :

  • Anak-anak, usia 6 hingga 13 tahun membutuhkan tidur 9 – 11 jam
  • Remaja, usia 14 hingga 17 tahun membutuhkan tidur 8 -10 jam
  • Orang dewasa, usia 18 hingga 64 tahun membutuhkan tidur 7 – 9 jam
  • Kalau kamu duduk di bangku SMP atau SMA berarti butuh waktu tidur selama 8 – 10 jam.

Itulah beberapa trik dan cara mudah mengingat pelajaran yang bisa kamu coba praktikan. Jika pelajaran bisa kamu ingat dengan baik maka nilai akademis juga akan meningkat. Nilai akademis yang bagus dan prestasi yang tinggi bisa kamu dapatkan dengan sekolah di SMA Dwiwarna (Boarding School) Bogor.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *