5 Cara Menyampaikan Materi Agar Mudah Dipahami

Semua guru pasti ingin materi pelajaran yang disampaikan dipahami oleh semua siswa. Akan tetapi realitanya tidak seperti itu. Ini dikarenakan setiap siswa pasti memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memahami materi pelajaran. Ada yang mudah menerima, namun ada juga yang sulit. Untuk itu, guru harus tahu bagaimana cara menyampaikan materi agar mudah dipahami. 

5 Cara Menyampaikan Materi Agar Mudah Dipahami

Sebagai referensi, inilah beberapa cara yang bisa guru praktekkan agar materi bisa lebih mudah dipahami siswa: 

1. Menggunakan Teknik Mengajar yang Bervariasi 

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah menggunakan teknik mengajar yang bervariasi. Penggunaan teknik mengajar yang sama dan dilakukan berulang-ulang akan membuat siswa menjadi mudah bosan, sehingga menjadi malas mendengarkan materi yang disampaikan guru. Penggunaan teknik mengajar yang bervariasi menjadi cara paling efektif supaya materi yang disampaikan mudah dipahami.

Pilihlah teknik mengajar yang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan juga kondisi siswa. Contoh teknik mengajar yang bisa digunakan adalah membuat mind map, mengajak siswa membuat proyek, membuat games-games menarik dan sebagainya. 

2. Menggunakan Teknologi yang Bisa Menunjang Pembelajaran 

Anak millenial zaman sekarang pasti sudah sangat akrab dengan keberadaan teknologi. Keberadaan teknologi bisa dimanfaatkan oleh guru untuk menunjang pembelajaran. Cara seperti ini juga sangat efektif terlebih sudah ada banyak aplikasi penunjang pendidikan yang bisa digunakan. 

Dalam menggunakan cara ini berarti guru harus melek teknologi dan sudah mahir menggunakannya. Jika sudah begini maka bisa langsung memilih bentuk aplikasi apa yang cocok untuk digunakan dalam proses belajar. Bisa memilih aplikasi di games,  kuis interaktif, LMS (learning management system) dan sebagainya.

3. Belajar di Luar Kelas

Cara menyampaikan materi agar mudah dipahami selanjutnya adalah dengan mengajak siswa untuk belajar di luar kelas. Cara satu ini bisa dilakukan sesekali saja dan jangan terlalu sering, Ajak siswa mengamati lingkungan yang ada di sekitarnya atau bisa juga dengan cara belajar langsung dengan ahlinya. Contoh mengajak siswa ke kebun binatang, mengunjungi narasumber dan masih banyak lagi.

Kegiatan belajar di luar kelas harus direncanakan dengan baik. Pertimbangkan juga efektifitas pembelajaran, tujuan pembelajaran, tingkat ketercapaian dan keamanan siswa. Sebelumnya guru harus melakukan survei agar sesuatu yang tidak diinginkan bisa diantisipasi.

4. Menggunakan Metode Interaktif

Menjadi seorang guru tidak hanya fokus pada materi pelajaran yang diberikan tetapi juga harus memikirkan perkembangan siswa. Dimana dari banyak siswa pasti ada siswa yang memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap isu-isu yang sedang dibahas dalam mata pelajaran. Oleh karena itu, penting untuk memberikan kesempatan kepadanya untuk bertanya mengenai pelajaran yang dibahas. 

Supaya proses pembelajaran lebih menarik, guru bisa membuat focus group atau memulai diskusi secara bergantian dengan kelompok. Cara ini cukup efektif untuk membuat siswa menjadi lebih aktif serta berpikir kritis dalam memahami sebuah topik yang sedang dibahas.

5. Menyiapkan Materi dengan Format Lainnya

Ketika sedang menyampaikan pelajaran sebisa mungkin untuk tidak membahas hal-hal yang kurang penting karena bisa menghabiskan banyak waktu. Maka dari itu, siapkan poin-poin yang akan disampaikan dalam bentuk animasi. Selain itu, juga bisa menggunakan cara lainnya seperti menggunakan PowerPoint yang diselipkan animasi lucu dan bergerak. Cara ini bisa membuat siswa lebih semangat sehingga materi yang disampaikan mudah dipahami.

Nah itulah informasi tentang 5 cara menyampaikan materi agar mudah dipahami siswa. Guru harus memastikan materi pelajaran yang disampaikan bisa dipahami dengan baik oleh semua siswa. Jika tidak bisa dievaluasi dan menggunakan cara lain agar hasilnya lebih efektif. 

SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan salah satu sekolah asrama berkualitas yang berdiri sejak tahun 1998 dan terbilang senior. Dengan tenaga pengajar yang kompeten, serta ditunjang dengan berbagai fasilitas pengajaran yang lengkap, membuat materi lebih mudah siswa pahami. Untuk itu, jangan ragu untuk mendaftarkan putra putri Anda ke SMA Dwiwarna (Boarding School) sekarang juga. 

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.