Cara Meningkatkan Wawasan Kebangsaan Pada Anak

Orang tua harus memahami apa saja cara meningkatkan wawasan kebangsaan pada anak. Sebab, tidak dapat dipungkiri saat ini, generasi muda memiliki wawasan kebangsaan yang terbilang kurang.

Jika terus dibiarkan maka rasa cinta kepada negara dan jiwa nasionalisme anak muda akan semakin luntur. Supaya hal ini tidak terjadi maka Anda sebagai orang tua harus meningkatkan wawasan kebangsaan pada anak.

5 Cara Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

Beberapa Cara Cara Meningkatkan Wawasan Kebangsaan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pada anak. Beberapa cara tersebut, antara lain:

1) Memberikan Pemahaman Tentang Wawasan Kebangsaan dengan Baik

Seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin rasa cinta generasi muda kepada negaranya akan semakin luntur. Hal ini bukan tanpa alasan karena banyaknya informasi-informasi negatif yang sangat mudah untuk diakses.

Kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa membuat rasa nasionalisme generasi muda menjadi hilang.

Supaya ketakutan tersebut tidak terjadi sebaiknya Anda memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dengan baik kepada generasi muda.

Ajarkan juga betapa pentingnya memiliki rasa cinta kepada negara yang ditinggali. Selain itu, generasi-generasi muda yang memiliki jiwa nasionalis bisa membuat negara ini semakin maju.

2) Membangun Karakter Anak Sejak Dini

Wawasan kebangsaan sangat penting untuk ditanamkan kepada anak-anak sejak dini.

Alasannya karena memahami wawasan kebangsaan bisa dijadikan proses untuk membentuk moral anak supaya memiliki rasa cinta kepada tanah airnya.

Memiliki rasa cinta kepada tanah air berarti berperan dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa. Selain itu, juga berperan dalam memelihara NKRI.

Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan pada anak dilakukan dengan membangun karakter.

Membangun karakter sangat penting untuk dilakukan sejak dini supaya anak bisa lebih memiliki wawasan dan juga motivasi yang kuat.

Tidak hanya itu saja, anak juga akan menjadi lebih peka dan peduli terhadap masa depan bangsa dan negara.

3) Memperbanyak Membaca Buku Sejarah

Tips meningkatkan wawasan kebangsaan selanjutnya yaitu dengan memperbanyak membaca buku sejarah.

Jika Anda ingin memberitahu anak mengenai sejarah perjuangan Indonesia dalam mendapatkan kemerdekaan maka mintalah mereka untuk membaca sejarah.

Bangsa ini tidak mendapatkan kemerdekaan dengan mudah, butuh perjuangan tanpa henti untuk mendapatkannya. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang meregang nyawa untuk melawan kolonial Belanda. 

Setelah membaca buku sejarah, diharapkan anak-anak menjadi tahu betapa menderitanya bangsa ini dalam mendapatkan kemerdekaan sehingga menjadi lebih mencintai tanah air dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.

4) Memperkenalkan Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Tidak ada salahnya sejak dini Anda mulai memperkenalkan pancasila sebagai ideologi negara ini.

Anda bisa mulai mengenalkannya dengan memberitahukan bunyi kelima sila. Beri tahu buah hati Anda bahwasanya kelima sila tersebut harus dihafal dan dipahami. 

Jika sudah dilakukan, bukan tidak mungkin kecintaan anak kepada negara akan semakin bertambah.

Selain itu, Ini penting untuk dilakukan karena setiap nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

5) Menyekolahkan Buah Hati di Sekolah yang tepat

Cara meningkatkan wawasan kebangsaan pada anak yang terakhir yaitu menyekolahkan buah hati di sekolah yang tepat.

Maksudnya Anda harus memilih sekolah yang memiliki program pembelajaran yang bisa membuat anak semakin memahami tentang wawasan kebangsaan.

Biasanya sekolah akan mengenalkan wawasan kebangsaan melalui mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Sejarah. 

Salah satu sekolah yang memiliki program pendidikan wawasan kebangsaan adalah SMA Dwiwarna (Boarding School).

Sebagai salah satu sekolah islam terbaik di Indonesia, SMA ini akan memberikan pembelajaran kepada anak-anak supaya semakin cinta dengan tanah airnya.

Dengan begitu, anak bisa memiliki pemahaman mengenai wawasan kebangsaan dengan baik.

 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *