5 Cara Meningkatkan Rasa Nasionalisme Siswa di Sekolah

Rasa nasionalisme harus dipupuk dan ditanamkan pada generasi penerus bangsa mulai dari anak-anak hingga kalangan generasi muda. Nasionalisme adalah sebuah perasaan cinta dan kebanggaan yang tinggi kepada tanah air sehingga terbentuk kesetiaan kepada negara. Cara meningkatkan rasa nasionalisme bisa dilakukan melalui beberapa hal bahkan dari sesuatu yang terlihat sepele.

Rasa nasionalisme bisa dipupuk sejak dini dan diajarkan langsung oleh orang tua maupun dari kegiatan sekolah. Semua orang memiliki tanggung jawab agar rasa nasionalisme tidak luntur oleh modernisasi dan teknologi. Pada usia dini pengenalan nasionalisme bisa dilakukan oleh orang tua di rumah. Sementara itu untuk memupuk rasa nasionalisme bagi kalangan remaja bisa dilanjutkan dan ditingkatkan di sekolah.

Cara dan Tips untuk Memupuk Rasa Nasionalisme

Mengapa bagi anak-anak remaja pemupukan rasa nasionalisme dikatakan lebih efektif jika dilakukan di sekolah? Jika dilihat fenomena yang ada anak-anak usia remaja lebih mendengarkan dan mematuhi apa yang dikatakan oleh gurunya daripada orang tuanya. Lantas bagaimana cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme tersebut? Berikut ini adalah tips dan caranya.

1. Upacara Bendera

Setiap hari Senin di sekolah selalu dilakukan upacara bendera begitu juga dengan hari-hari nasional seperti 17 Agustus dan Sumpah Pemuda. Melaksanakan upacara bendera merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan dan memupuk rasa nasionalisme di kalangan para siswa.  Di masa pandemi ini saat sekolah dilakukan secara online maka upacara juga dilaksanakan dengan daring dari rumah. Tujuannya agar siswa tetap memiliki rasa nasionalisme melalui upacara.

2. Belajar Lagu-Lagu Nasional

Di sekolah juga diajarkan tentang lagu-lagu nasional. Selain lagu kebangsaan di negara kita ini juga terdapat banyak lagu-lagu nasional yang hendaknya selalu diingat dan dihafalkan oleh para siswa. Di tengah globalisasi dan teknologi internet seperti ini keberadaan lagu-lagu dari luar negeri menjadi konsumsi anak-anak remaja tiap hari. Agar mereka tidak melupakan lagu-lagu nasional yang merupakan bagian dari identitas bangsa maka sekolah perlu memberikan pelajaran mengenai lagu-lagu tersebut.

3. Mempelajari Bahasa dan Kebudayaan Daerah

Indonesia terdiri dari berbagai daerah, suku dan budaya. Siswa sekolah hendaknya selalu diberikan pengajaran tentang bahasa dan kebudayaan daerah sehingga bisa menumbuhkan rasa nasionalisme. 

Kalau siswa mengenal dan mempelajari bahasa serta kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia bukan hanya sebatas daerah dan sukunya saja maka rasa nasionalisme dan rasa cinta tanah air akan tertanam. Belajar dan mengenal bahasa dan kebudayaan daerah lain di Indonesia menjadi bagian dari cara meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa.

4. Pendidikan Kewarganegaraan

Rasa nasionalisme di kalangan siswa juga ditanamkan melalui pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pelaksanaan pendidikan kewarganegaraan akan membentuk siswa menjadi generasi yang taat aturan, menjadi warga negara yang baik dan mencintai tanah airnya. Tantangannya adalah bagaimana cara untuk membuat agar pendidikan kewarganegaraan menjadi pelajaran yang menyenangkan sehingga siswa senang mempelajarinya.

5. Melaksanakan Peringatan Hari Besar Nasional

Rasa nasionalisme akan tertanam di hati dan pikiran para siswa jika sekolah rutin menyelenggarakan dan melaksanakan peringatan hari-hari besar nasional. Biasanya peringatan hari besar nasional dilakukan dengan melaksanakan upacara bendera ataupun perlombaan-perlombaan seperti menyanyikan lagu wajib nasional, menulis cerita tentang tokoh pahlawan nasional dan sebagainya.

Beberapa hari besar nasional yang biasanya diperingati dengan upacara bendera adalah Hari Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus, Hari Kesaktian Pancasila yaitu tanggal 1 Oktober, Hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober dan sebagainya.

Penutup

Itulah beberapa cara meningkatkan rasa nasionalisme yang bisa dilakukan di sekolah agar para siswa memiliki rasa cinta dan bangga terhadap tanah airnya. Diperlukan peran aktif guru dan juga siswa itu sendiri agar rasa nasionalisme tetap terjaga dengan baik di tengah globalisasi saat ini.

Cara lain untuk menunjukkan rasa nasionalisme adalah dengan berprestasi sebaik mungkin di berbagai perlombaan skala nasional dan internasional. Mulailah langkah berprestasi dengan sekolah di SMA Dwiwarna, Islamic Boarding School terbaik yang ada di Parung, Bogor, Jawa Barat.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *