5 Cara Menabung Anak Sekolah yang Unik dan Bikin Semangat

Penting bagi orang tua untuk mengajarkan cara menabung anak sekolah sejak dini. Apabila sudah diajarkan sejak dini maka anak menjadi terbiasa untuk tidak menghambur-hamburkan uang yang dimiliki. Karena masih belum bekerja, keuangan anak masih bergantung dengan orang tua. Meski begitu, bukan berarti anak tidak bisa menyisihkan uang pemberian orang tuanya untuk ditabung.

Anak sekolah biasanya akan mendapatkan uang saku setiap harinya. Tentu ini kesempatan yang besar untuk menyisihkan sebagian dari uang tersebut untuk menabung. Namun, tidak jarang ada yang masih belum bisa menabung dari uang saku tersebut. Supaya bisa menabung sebaiknya simak beberapa cara menabung untuk anak sekolah yang unik dan bikin semangat dibawah ini.

Cara Menabung bagi Pelajar

1. Gunakan Celengan yang Unik dan Menarik

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah menggunakan celengan yang unik dan menarik. Cara ini cukup efektif untuk membuat anak sekolah menjadi lebih semangat menabung. Bagaimana tidak, menggunakan celengan unik dan menarik akan membuat anak menjadi lebih tertarik untuk terus mengisinya.

Tidak hanya itu saja, menggunakan celengan seperti ini juga berguna untuk mengasah kreativitas anak. Salah satu contohnya yaitu dengan membuat celengan sendiri dari bahan-bahan bekas dan membentuknya seunik mungkin.

2. Setiap Hari Menabung dengan Nominal Kecil

Menabung tidak harus dengan nominal yang besar. Tidak masalah jika menabung dengan nominal kecil asalkan dilakukan setiap hari. Apabila kebiasaan ini rutin dilakukan maka nominal kecil tersebut akan menjadi nominal yang besar. Tentu ini akan lebih baik dibandingkan menabung dengan nominal besar tetapi hanya dilakukan beberapa bulan sekali saja.

3. Jangan Membuat Uang Receh

Selama ini banyak orang dewasa maupun anak-anak yang meremehkan keberadaan uang receh atau uang koin. Meski uang receh pecahan 100 atau 200 rupiah tidak bisa digunakan untuk membeli barang, bukan berarti bisa meremehkannya. Mulai sekarang ubah pemikiran seperti itu karena uang receh itu tidak kalah berharga dengan uang lainnya.

Uang receh tersebut bisa ditabung yang lama kelamaan akan menjadi nominal yang besar. Jika memiliki uang receh sebaiknya masukkan ke celengan lalu saat sudah penuh bisa ditukarkan ke warung ataupun supermarket. Uang yang ditukar tersebut kemudian bisa digunakan untuk membeli barang yang dibutuhkan atau keperluan lainnya.

4. Menabung dalam Toples Transparan

Cara menabung anak sekolah yang unik dan bikin semangat berikutnya adalah menabung di dalam toples transparan. Cara ini ternyata cukup efektif untuk mendorong anak-anak menjadi lebih semangat dalam menabung.

Hal ini dikarenakan uang yang ditabung di toples tersebut bisa terlihat sehingga bisa mensugesti anak-anak untuk melihat jumlah uang yang ditabungkan setiap hari. Supaya lebih semangat lagi, sebaiknya tempelkan tulisan dan foto tujuan menabung. Untuk nominalnya tidak ada batas minimal atau maksimal. Yang terpenting bisa menabung setiap hari.

5. Menabung ala Orang Korea 

Orang korea memiliki cara unik dalam menabung dan bisa diikuti. Caranya yaitu dengan menggunakan tempat menabung khusus, contohnya kalender saku. Dimana setiap tanggal pada kalender tersebut memiliki saku atau tempat penyimpanan. Nantinya anak-anak bisa menabung dengan memasukkan uang di saku setiap tanggal kalender tersebut. Mau tidak mau anak-anak harus menyisihkan uang untuk menabung setiap hari sesuai tanggal tersebut.

Itulah 5 cara menabung anak sekolah yang unik dan bikin semangat. Jika Anda sedang mencari SMA swasta terbaik dan unggulan untuk anak Anda, silahkan daftar di SMA Dwiwarna (Boarding School) yang sudah Terakreditasi A.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *