Cara Membentuk Kepribadian Yang Baik: 5 Langkah Praktis

Sebagai manusia yang dikarunia akal dan pikiran sudah semestinya bisa memiliki kepribadian yang semakin baik dari hari ke hari.

Akal dan pikiran yang dikaruniakan kepada seharusnya membantu kita lebih memahami sesuatu melalui prose belajar.

Sebagai remaja sebaiknya kamu juga sudah mulai belajar bagaimana cara membentuk kepribadian yang baik tersebut.

Mengapa? Karena masa remaja merupakan transisi dari kanak-kanak menuju dewasa dimana pada umumnya seseorang mulai mencari jati diri dan tujuan hidupnya.

Fakta menunjukkan mayoritas orang yang berkepribadian kurang baik karena kegagalan proses belajar dan pencarian jati dirinya di masa remaja.

Oleh sebab itu, belajar membentuk pribadi yang baik sangat tepat dimulai ketika remaja.

5 Cara Membentuk Kepribadian Yang Baik

Inilah Cara Membentuk Kepribadian Yang Baik

Lalu apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa belajar membentuk kepribadian yang baik tersebut? Caranya adalah dengan melakukan beberapa hal berikut ini.

1) Hargai Diri Sendiri

Banyak orang dewasa yang kemudian tumbuh menjadi personal yang kurang baik dari segi kepribadian dan karakternya disebabkan karena dia merasa kecewa dengan dirinya sendiri.

Kekecewaan tersebut bisa berasal dari keinginan dan cita-cita yang tidak terwujud, kurang menerima kondisi diri sendiri dan masih banyak lagi.

Sekarang saatnya kamu menghargai diri sendiri sebagai sebuah cara membentuk karakter yang baik. Terima kekurangan diri sebagai bentuk kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Sadari bahwa diri kamu memiliki keterbatasan sehingga tidak selalu harus menjadi sempurna. Hargai kegagalan sebagai sebuah jalan menuju kesuksesan di lain waktu.

2) Belajar Mempunyai Prinsip Yang Kuat

Orang yang disebut memiliki kepribadian yang baik adalah mereka yang berkarakter kuat. Itu bisa diartikan sebagai seseorang yang tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain karena memiliki prinsip yang kuat.

Prinsip yang dimaksud tentu saja adalah sesuatu yang sifatnya positif dan membangun diri pribadi kamu.

Mulailah dari sekarang untuk selalu belajar dan memahami apa saja yang boleh dilakukan dan apa yang terlarang untuk kamu.

Misalnya kamu tahu minuman keras itu tidak boleh dikonsumsi karena memabukkan dan memicu perbuatan yang dekat dengan kejahatan. 

Nah, kamu harus memegang prinsip tersebut dengan kuat agar tidak mudah terpengaruh oleh orang-orang dan lingkungan yang sering mengkonsumsi minuman keras.

Pelajari norma yang berlaku di dalam masyarakat dan bagaimana kamu harus bersikap agar kamu tahu bagaimana bagaimana cara membentuk kepribadian yang baik tersebut.

3) Kenali Dan Kendalikan Diri

Cara yang ketiga adalah kenali bagaimana diri kamu yang sebenarnya, apa yang kamu sukai, apa yang membuatmu semangat belajar dan sebagainya.

Hal tersebut berlaku juga sebaliknya yaitu hal-hal apa saja yang membuat kamu merasa tidak nyaman, malu dan tidak percaya diri terutama di depan orang lain.

Setelah mengetahui dan mengenali diri kamu sendiri dengan baik maka kamu akan lebih mudah mengendalikan perasaan-perasaan negatif seperti rasa malu, tidak pede dan sebagainya.

Kendalikan dan alihkan perasaan negatif tersebut pada kegiatan yang kamu sukai dan bermanfaat misalnya latihan karate.

4) Perbaiki Masa Lalu

Salah satu cara membentuk karakter yang baik adalah menerima dan memaafkan semua yang kurang baik pada diri kamu di masa lalu.

Semua orang pernah membuat kesalahan dan berhak mendapatkan kesempatan kedua. Lakukan yang terbaik untuk masa depan kamu dengan tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa lalu.

5) Terus Belajar

Kepribadian seseorang bisa berubah seiring berjalannya waktu ketika dia berhenti belajar tentang hal-hal baik dalam kehidupan.

Oleh sebab itu agar kamu bisa selalu menjaga kepribadian baik dalam diri teruslah belajar tentang kebaikan yang ada di dalam kehidupan ini.

Penutup

Itulah berbagai cara membentuk kepribadian yang baik. Semakin cepat kamu belajar tentang bagaimana cara membentuk kepribadian yang baik maka semakin bagus juga karakter yang kamu miliki nantinya.

Selain cara di atas kamu juga bisa memulainya dengan bersekolah di SMA Dwiwarna (Boarding School). 

Boarding School modern di Jawa Barat ini memiliki program pembentukan kepribadian yang baik.

Salah satunya adalah melalui program asrama yang bisa membantu siswa membentuk kepribadian yang baik dan berkarakter.

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *