Cara Melihat Nomor Ijazah dan Letaknya, Bisa Via Online!

Ijazah merupakan dokumen resmi atau sertifikat yang diperoleh siswa, santri hingga mahasiswa dari suatu instansi. Ijazah yang diterima merupakan bukti jika sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang tertentu, mulai dari jenjang SD hingga S3. Apabila diamati setiap ijazah yang diberikan pasti memiliki nomor ijazah. Akan tetapi, tidak semua orang tahu dimana letak nomor ijazah. Lalu, bagaimana cara melihat nomor ijazah itu?

Cara Melihat Nomor Ijazah SD, SMP, dan SMA/SMK

cara melihat nomor ijazah

Perlu diketahui juga bahwa letak nomor ijazah di masing-masing jenjang pendidikan berbeda. Jika ingin melihat nomor ijazah maka caranya sangat mudah karena sekarang bisa di cek nomornya secara online. Cek nomor ijazah online ini berlaku untuk ijazah SD hingga perguruan tinggi. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihatnya:

1. Cara untuk Melihat Nomor Ijazah SD

  • Buka alamat link https://referensi.data.kemdikbud.go.id lalu akan muncul tampilan depan halaman Pencarian NISN
  • Isi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), nama ibu kandung dan juga kode captcha. Pastikan data diisi dengan benar
  • Lanjutkan dengan pilih “Cari Data”
  • Setelah itu, nomor ijazah SD yang dicari akan muncul 

2. Cara untuk Melihat Nomor Ijazah 

Sebenarnya cara untuk melihat nomor ijazah untuk jenjang ini tidak jauh berbeda dengan jenjang SD. Supaya tidak bingung inilah langkah-langkah untuk melihatnya:

  • Buka alamat link https://referensi.data.kemdikbud.go.id. Setelah itu, akan muncul tampilan depan halaman Pencarian NISN
  • kamu diminta untuk mengisi NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), nama ibu kandung dan juga kode captcha. Pastikan data diisi dengan benar
  • Lanjutkan dengan pilih “Cari Data”
  • Setelah itu, nomor ijazah SMP yang dicari akan muncul 

3. Cara Melihat Nomor Ijazah SMA/SMK

  • Buka alamat https://referensi.data.kemdikbud.go.id
  • Setelah itu, akan diarahkan ke halaman Pencarian NISN 
  • Masukkan data yang diminta dengan benar, antara lain NISN, nama ibu kandung dan kode captcha yang muncul di kotak
  • Klik pilihan “Cari Data”
  • Kemudian akan muncul halaman yang berisi data identitas, salah satunya nomor ijazah

Letak Nomor Ijazah

Supaya kamu bisa dengan mudah melihat nomor ijazah berarti harus mengetahui letaknya. Berikut ini adalah letak nomor ijazah mulai SD hingga SMA/SMK:

1. Letak Nomor Ijazah SD 

Letak nomor ijazah untuk jenjang SD berada di bagian paling bawah, tepatnya di bawah bagian tanggal ijazah dan berada di sebelah kanan pas foto. Selain itu, nomor ijazah bisa juga ditemukan di bagian paling bawah pada tengah border atau bingkai ijazah. Nomor Ijazah jenjang ini diawali dengan kode huruf DN. 

2. Letak Nomor Ijazah SMP 

Untuk nomor ijazah SMP terletak di bagian bawah sebelah kanan, lebih tepatnya setelah kolom tanggal ijazah pada lembar dokumen tersebut. Posisinya hampir sama dengan letak ijazah SD. Nomor Ijazah jenjang ini diawali dengan kode huruf DN. 

3. Letak Nomor Ijazah SMA/SMK 

Pada umumnya letak nomor ijazah jenjang SMA dan SMK itu sama, yaitu berada di bagian paling bawah tengah pada lembar dokumen ijazah. Lebih tepatnya berada di bagian dalam border ijazah dan dibingkai oleh border dengan warna yang berbeda. 

Itulah informasi tentang cara melihat nomor ijazah dan letaknya secara online. Bisa dibilang cara tersebut sangat mudah dilakukan asalkan terhubung dengan koneksi internet. Selain itu, pengecekan bisa dilakukan kapan dan dimana saja. SMA Dwiwarna (Boarding School) merupakan sekolah unggulan yang banyak diminati oleh siswa. 

Sebagai salah satu SMA unggulan di Jawa Barat, SMA ini dikenal memiliki kualitas yang sangat bagus dengan Akreditasi A (98). Selain itu, tenaga pengajarnya profesional dan menyediakan fasilitas penunjang pendidikan yang sangat lengkap. 

Bagikan post ini
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *