Cara Berpikir Kritis untuk Pelajar dan Contohnya

Pelajar harus memiliki hard skill dan soft skill yang sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja. Salah satu soft skill yang harus dimiliki adalah kemampuan berpikir kritis.  Kemampuan berpikir kritis tidak bisa datang begitu saja, tetapi harus kamu kembangkan sendiri. Lalu, bagaimana cara berpikir kritis itu?

Cara Berpikir Kritis untuk Pelajar

Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar memiliki kemampuan berpikir kritis:

1. Mengidentifikasi Permasalahan atau Pertanyaan

Cara pertama yang bisa diterapkan adalah dengan mengidentifikasi suatu permasalahan yang sedang dihadapi dengan baik dan tepat. Semakin kamu menganalisis suatu permasalahan dengan baik dan tepat, maka akan semakin mudah dalam menemukan solusi atas masalah yang dihadapi tersebut.

2. Mengumpulkan Data, Pendapat dan Argumen

Sebelum mendapatkan solusi yang tepat atas masalah yang dihadapi, kamu bisa mengumpulkan data sebanyak mungkin. Data-data tersebut bisa didapatkan dari beberapa sumber, misalnya dari pendapat atau argumen orang lain dengan sudut pandang yang berbeda. 

Supaya bisa menjadi orang yang berpikir kritis, kamu harus bisa menerima informasi-informasi baru dari pendapat orang lain meskipun pendapat yang disampaikan berbeda. Apapun yang terjadi kamu harus tetap melihat suatu masalah secara objektif.

3. Menganalisis dan Evaluasi Data yang Terkumpul

Cara untuk berpikir kritis selanjutnya adalah harus bisa memastikan jika sumber-sumber yang digunakan itu adalah sumber valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, kamu bisa mencari tahu apakah kesimpulan yang akan diambil memiliki atau mempunyai data pendukung atau hanya bersifat argumentatif saja.

4. Mengidentifikasi Data yang Ditemukan dengan Asumsi

Lanjutkan dengan memulai untuk mengasumsikan jika sumber yang digunakan itu bias atau jika kamu yang bias dalam mencari jawaban yang tepat. Cara ini akan menyebabkan kamu untuk berpikir dua kali.

5. Menentukan Hal-hal yang Signifikan

Misalnya, hal apa yang paling penting atau apakah jawaban yang kamu temukan sudah memadai serta yang pasti apakah jawaban yang ditemukan relevan dengan masalah yang sedang dihadapi.

6. Buat Keputusan untuk Mencapai Kesimpulan

Lakukan identifikasi beberapa kesimpulan yang sudah kamu temukan. Jangan lupa juga untuk menentukan mana kesimpulan yang cukup memiliki banyak pendukung. Timbang pro dan kontra dari semua kemungkinan.

7. Gunakan Buah Pikiranmu

Setelah mendapatkan kesimpulan, kamu bisa menggunakan hasil dari pikiranmu untuk memecahkan suatu masalah yang sedang dihadapi. Dengan begini maka masalah tersbeut bisa diatasi dengan mudah, 

Contoh Berpikir Kritis 

Tingkatan atau Jenis Keterampilan Berpikir Kritis Contoh Keterampilan Berpikir Kritis
Mengidentifikasi dan Mengklarifikasi Masalah1. Mengidentifikasi isu sentral ataupun masalah2. Mengkomparasi persamaan-persamaan dan juga perbedaan-perbedaan3. Menentukan mana informasi yang relevan4. Memformulasikan pertanyaan-pertanyaan dengan tepat
Menentukan Informasi-informasi yang relevan dengan masalah1. Membedakan antara fakta, opini dan juga keputusan logis2. Mengecek konsistensi3. Mengenali stereotip dan klise4. Mengenali baisa, faktor-faktor emosional, propaganda serta istilah semantik5. Mengenali nilai dan ideologi yang berbeda 
Menyelesaikan masalah atau menggambarkan konklusi1. Mengenali ketepatan data2. Memprediksi kemungkinan-kemungkinan konsekuensi

Nah itulah cara berpikir kritis sekaligus contohnya yang bisa kamu pahami. Bagi kamu yang ingin memiliki kemampuan berpikir kritis bisa melakukan cara-cara yang disebutkan diatas. Perlu diingat bahwa untuk memiliki kemampuan ini membutuhkan waktu dan juga kesabaran. Langkah awal agar kamu bisa memiliki kemampuan ini adalah dengan bersekolah di SMA terbaik seperti SMA Dwiwarna (boarding school). 

Sekolah ini memiliki akreditasi A sehingga kualitas pengajarannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, fasilitas sekolah juga lengkap dan didukung dengan tenaga pendidik yang kompeten. Dengan bersekolah disini kamu bisa mengembangkan soft skill dengan baik sekaligus meraih prestasi dengan maksimal. 

Bagikan Post Ini
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *